Ketumbar – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Tanaman Ketumbar, bumbu masak yang mirip lada atau merica ini mempunyai nama latin Coriandrum sativum, artikel selengkapnya simak dibawah ini :

gambar tumbuhan ketumbar

Photo 1 : Tanaman Ketumbar

A. CIRI-CIRI KETUMBAR

BATANG
Batangnya tak berkayu, beralur, dan penampang berlubang, percabangan dikotom, batang jika memar berbau wangi.

DAUN
Daunnya hijau dengan tepian bergerigi. daunnya majemuk, menyirip, berbentuk payung bersusun dan tepi daun berwarna putih dan merah muda.

BUNGA
Bunga majemuk berbentuk payung, tangkai bunga 2-10 cm, daun pembalut kecil.
Mahkota bunga berwarna merah muda atau merah pucat, panjang bunga 3-4 mm, sebagian bunga yang telah mekar gugur.

BUAH dan BIJI
Buahnya berbentuk bulat berwarna hijau dan bila sudah tua berwarna coklat muda, Panjang buah 4-5 mm, Kalau matang, buahnya mudah dirontokkan

gambar tanaman ketumbar

Photo 2 : Tanaman Ketumbar

DESKRIPSI TANAMAN KETUMBAR
Tanaman ini termasuk jenis semak semusim yang berbentuk terna/herba, dengan tinggi bisa mencapai 100 cm. Biasanya, tumbuhan ini ditanam di kebun-kebun daerah dataran rendah dan pegunungan, tanaman ini banyak terdapat di Mediterania, sedangkan di Indonesia tumbuh di daerah pegunungan.

coriandrum sativum

Photo 3 : Tumbuhan Ketumbar

Daun ketumbar dinamai coriander leaves, fresh coriander, Chinese parsley, atau (di Amerika Utara) cilantro. Daunnya mempunyai rasa yang berbeda dengan biji, dengan adanya semacam rasa citrus. Namun, sejumlah orang merasainya seperti sabun tidak enak, berbau menyengat dan menghindari memakan daun ini.

gambar ketumbar

Photo 4 : Ketumbar


Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah tumbuhan rempah-rempah yang populer. Buahnya yang kecil dikeringkan dan diperdagangkan, baik digerus maupun tidak. Bentuk yang tidak digerus mirip dengan lada, seperti biji kecil-kecil berdiameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dinamakan fructus coriandri. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai coriander dan di Amerika Latin dikenal sebagai cilantro. Tumbuhan ini berasal dari Eropa Selatan dan sekitar Laut Kaspia.

Berbagai jenis masakan tradisional Indonesia kerap menggunakan bumbu berupa biji berbentuk butiran beraroma keras yang dinamakan ketumbar. Dengan tambahan bumbu tersebut, aroma masakan akan lebih nyata.

Tak hanya bijinya saja yang sering digunakan dalam masakan. Daunnya yang majemuk seperti seledri itu sering diiris tipis dan dijadikan taburan dalam masakan seperti sup dan salad khas Thailand. Di negara itu, ketumbar diberi nama phak chee. Sama dengan bijinya, daun ketumbar juga beraroma tajam.

Cara Budidaya Ketumbar
Perbanyakan tanaman dilakukan dengan biji.benih dipilih dari biji yang sehat dan masak.
pengolahan tanah dilakukan dengan mengcangkul 2 kali sedalam 25-30 cm, gulma dibersihkan, tanah digemburkan dan diratakan.Di sekeliling tanah yang akan ditanami dibuat saluran – saluran drainase.Benih disebar pada alur sedalam 2,5 cm dengan jarak tanam 10-15 hari.Jarak antar alur 35-100 cm.
Benih akan tumbuh setelah 10-15 hari.Setelah cukup besar, tanaman dibumbun dan disiangi beberapa kali.Tanaman mulai berbunga, masa pembentukan buah, dan panen, menghendaki cuaca cerah agar buah tidak cepat busuk.Pada musim kemarau keadaan tanah dijaga agar tetap lembab dengan mengairi tanaman.

Panen Ketumbar
Tanaman dipanen bila berwarna coklat kuning, yaitu pada umur 3-3,5 bulan dari waktu tanam.Panen dilakukan dengan cara memotong atau mencabut tanaman kemudian tanaman di ikat dan dijemur selama 1 minggu atau lebih.Biji dilepaskan dari buah dan dijemur lagi sampai kering.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN KETUMBAR

Ketumbar Mengandung beberapa komposisi zat kimia : sabinene, myrcene, a-terpinene, ocimene, linalool, geraniol, dekanal, desilaldehida, trantridecen, asam petroselinat, asam oktadasenat, d-mannite, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren.

Ketumbar mengandung energi sebesar 404 kilokalori, protein 14,1 gram, karbohidrat 54,2 gram, lemak 16,1 gram, kalsium 630 miligram, fosfor 370 miligram, dan zat besi 18 miligram.

Selain itu di dalam Ketumbar juga terkandung vitamin A sebanyak 1570 IU, vitamin B1 0,2 miligram dan vitamin C 0 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ketumbar, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Buahnya mengandung minyak atsiri, koriandrol, alfapinen, betapinen, simen, terpinen, borneol, geraniol, dan lemak.

C. KHASIAT DAN MANFAAT KETUMBAR

Disamping manfaat ketumbar sebagai bumbu masak, ketumbar juga dimanfaatkan sebagai therapy pengobata, biasanya digunakan pelancar pencernaan, peluruh kentut (carminative), peluruh ASI (lactago), dan penambah nafsu makan (stomachica).
Khasiatnya tak sebatas pelancar pencernaan saja. Ketumbar juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, radang lambung dan radang payudara, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan lemah syahwat.

download lagu dangdut

Berikut ini adalah uraian lengkap terkait dengan khasiat ketumbar
Ketumbar untuk turunkan kolesterol
Ketumbar mengandung sejumlah senyawa asam, yaitu asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat, dan asam askorbat. Senyawa-senyawa itu diketahui efektif dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam darah dan dapat mampu mengurangi deposit kolesterol dalam dinding pembuluh darah arteri dan vena.

Ketumbar atasi anemia
Kandungan zat besi dalam ketumbar dapat membantu mengatasi anemia.

Membantu sistem pencernaan
Kandungan minyak esensial ketumbar dapat membantu proses sekresi enzim dan cairan pencernaan di dalam perut, merangsang proses pencernaan dengan meningkatkan gerakan peristaltik di saluran pencernaan, dan mengatasi anoreksia.

Atasi bengkak
Cineole, salah satu dari 11 komponen minyak esensial dan asam linoleat yang terdapat dalam ketumbar, memiliki khasiat antirematik dan anti-artriti. Dengan demikian, ketumbar dapat digunakan untuk mengatasi bengkak akibat rematik dan arthritis.

Atasi diare
Komponen borneol dan linalool dalam ketumbar membantu proses pencernaan, meningkatkan fungsi hati, dan membantu proses pengikatan massa feses pada usus. Komponen lain seperti cineol, limonene, alpha-pinene dan beta-phelandrene memiliki aktivitas antibakteri sehingga berkhasiat dalam mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri.

Lindungi hati
Ketumbar dapat mengatasi inflamasi atau peradangan, kejang, ekspektoran, melindungi hati, anti-karsinogenik, anti-konvulsan, antihistamin, dan hipnotik. Selain itu, ketumbar juga dapat bertindak sebagai afrodisiak alami jika dikombinasikan dengan tanaman herbal lainnya

Menurunkan kadar gula pada penderita Diabetes
Didalam ketumbar terdapat zat yang disebut cumin, dimana stimulasi dari zat cumin akan meningkatkan seksresi insulin dari dalam pankreas.proses ini akan merubah gula menjadi glikogen yang akan dimanfaatkan oleh tubuh, hal ini akan memberikan efek positif terhadap penurunan kadar gula darah agar kembali normal.

Mengatasi berbagai gangguan kulit
Ketumbar dapa mengobati berbagai masalah kulit yang timbul seperti pada penyakit eksim, kulit kering dan infeksi kulit yang diakibatkan oleh jamur.

Menjaga siklus dan kelainan menstruasi
ketumbar dapat merangsang dari sekresi hormon estrogen dari kelenjar endokrin sehingga dapat menjaga keteraturan ( siklus ) menstruasi dan kelainan-kelainan lain yang mungkin timbula pada saat menstruasi seperti rasa sakit yang berlebihan.

Menjaga Kesehatan mata
kandungan vitamin A, C, Mineral serta fosfor yang terkandung dalam minyak esensial ketumbar dapat membantu meningkatkan kesehatan mata, mencegah degenerasi makula, kelelahan mata, dan ketumbar memliki anti infeksi pada keadaan konjungtivitis.

Anti Inflamasi ( anti radang )
Kandungan cineole dan asam linoleat memiliki khasiat anti inflamasi, anti reumatik dan mengurangi pembengkakan yang timbul pada sendi akibat artritis reumatik.

Ketumbar Sebagai Obat Luar :
Sobat siapkan saja sekitar satu genggam ketumbar kemudian haluskan, Sebelum digunakan dicampur dengan sikit air. Kemudian usapkan pada area yang sakit. Untuk penggunaan pada wajah, sobat bisa menambahkan madu atau kunyit, pergunakan sebagai masker. Hal ini guna membersihkan wajah dari jerawat dan komedo.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KETUMBAR

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi KETUMBAR

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Apiales
Familia (Suku): Apiaceae
Genus (Marga): Coriandrum
Species (Jenis): Coriandrum sativum L.

NAMA-NAMA LAIN KETUMBAR
Nama Latin Ketumbar : Coriandrum sativum L
Indonesia: Ketumbar, katuncar (Sunda)
Cina: hu sui, yuan sui, xiang cai

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat KETUMBAR yang meliputi Ciri-ciri KETUMBAR, Klasifikasi KETUMBAR, kandungan zat atau nutrisi KETUMBAR serta khasiat dan manfaat KETUMBAR sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ketumbar | perbedaan merica dan ketumbar | perbedaan ketumbar dan merica | ciri ciri ketumbar | ketumbar dan merica | gambar ketumbar | tanaman ketumbar | gambar pohon ketumbar | merica dan ketumbar | beda ketumbar dan merica |
Ketumbar – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 18 Feb 2015. Ketumbar – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Tanaman Ketumbar, bumbu masak yang mirip lada atau merica ini mempunyai nama latin Coriandrum sativum, artikel selengkapnya simak dibawah ini : A. CIRI-CIRI KETUMBAR BATANG Batangnya tak berkayu, beralur, dan penampang berlubang, percabangan dikotom, batang jika memar berbau wangi. DAUN Daunnya hijau dengan tepian bergerigi. daunnya majemuk, menyirip, berbentuk payung bersusun dan tepi daun […]

4.9 Ahli Pengobatan
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...