Kola – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaat Kola

loading...

Mau tahu dari apa minuman coca cola terbuat, dari tanaman ini lho, tanaman kola yang mempunyai nama latin Cola nitida A.Chev, baca selengkapnya dibawah ini :

gambar buah kola

Photo : Buah Kola

A. CIRI-CIRI KOLA

BATANG
Batangnya berwana hijau kecoklatan dengan permukaan kasar, bentuknya bulat, berkayu, keras, dan bercabang-cabang.

DAUN
Tunggal, tersebar, bertangkai, bulat telur memanjang, ujung runcing, tepi rata, pangkal meruncing, panjang 7-19 cm, lebar 2-6 cm, pertulangan menyirip, hijau.

BUNGA
Bunganya majemuk dengan mahkota berwarna putih kekuningan yang bergaris-garis ungu tua. benang sarinya juga berwarna ungu tua, jumlahnya sepuluh yang tersususn seperti bintang melengkung ke atas, putik bunga berwarna kuning.

BUAH dan BIJI
Buahnya Kotak berwarna hijau, disetiap tangkai terdapat satu hingga lima buah, bulat memanjang dengan permukaan berbenjol-benjol, berlekuk 5-15,panjang 8-15 cm,diameter 5-9 cm, tiap buah berisi lima sampai lima belas biji.
Bijinya Bulat telur, keras, panjangnya 3-6 cm, lebar 2-4 cm, selaput biji rasa manis, wangi, merah.

AKAR
Kola berakar tunggang dan berwarna coklat.

gambar tanaman kola

Photo : Tanaman Kola

DESKRIPSI TANAMAN KOLA
Tumbuh kola liar di perkebunan yang cukup lembab pada dataran tinggi 700-1100 m dpl, tanaman kola berasal dari Afrika Barat dan banyak terdapat di Kamerun. Tanaman ini biasa tumbuh di daerah tropis. Tinggi pohon Kola bisa mencapai 4-5 meter. Bahkan ada yang tingginya sampai 10 meter. Wow, tinggi banget!

Tanaman kola masih satu keluarga dengan kakao atau tanaman cokelat. Pohon kola yang berukuran besar ini, memiliki daun lebar yang selalu hijau. Tanaman Kola ini banyak jenisnya. Ada, Cola acuminata, Cola anomala, Cola nitida dan Cola verticillata. Namun yang biasanya dibudidayakan adalah Cola acuminata dan Cola nitida.

Masing-masing jenis kola ini, memiliki waktu tumbuh yang berbeda. Cola acuminata, membutuhkan waktu 60 hari. Cola nitida memerlukan waktu sedikitnya 80 hari.

Biji Cola dapat dimanfaatkan sebagai minuman, pertama-tama, biji-biji buah kola yang sudah matang, dikeringkan dulu. Setelah itu, biji buah Kola diolah untuk dijadikan bahan baku pembuatan minuman.
Selain dimanfaatkan sebagai minuman, biji kola juga dipakai sebagai campuran untuk pembuatan obat. Biji buah Kola dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Seperti batuk, diare, dsb. Wah hebat sekali ya biji Kola ini!

download lagu dangdut

Sayangnya tanaman ini semakin jarang ditemukan. Penyebaran dan budidaya tanaman ini memang terbatas. Malah bisa dibilang tanaman buah langka. Semoga usatu hari nanti, tanaman Kola bisa dibudidayakan lebih banyak lagi.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN KOLA

Biji kola mengandung alkaloida, flavonoida dan polifenol.

C. KHASIAT DAN MANFAAT KOLA

Biji kola berkhasiat sebagai obat sakit kepala dan obat kuat.
Untuk obat sakit kepala dipakai ± 5 gram serbuk biji kola, diseduh dengan 1/2 gelas air matang panas, di dinginkan dan disaring, Hasil saringan diminum sekaligus.

Air kunyahan biji kola dapat merangsang syaraf, Ambil biji kola, bersihkan dan langsung dikunyah, airnya ditelan, ampasnya dibuang, Air kunyahan biji kola yang masih segar bisa sebagai obat kuat, penyegar badan dan menghilangkan sesak nafas.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KOLA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi KOLA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Dilleniidae
Ordo (Bangsa): Malvales
Familia (Suku): Sterculiaceae
Genus (Marga): Cola
Species (Jenis): Cola nitida A.Chev

NAMA-NAMA LAIN KOLA
Nama Latin Kola : Cola nitida A.Chev
Indonesia: Cola
Inggris: Kola Nut

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat KOLA yang meliputi Ciri-ciri KOLA, Klasifikasi KOLA, kandungan zat atau nutrisi KOLA serta khasiat dan manfaat KOLA sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

buah kola | tanaman kola | biji kola | buah cola | nama lain biji Fibre Primvital | daun kola | nama latin biji kola | daun kolakaliko | tanaman colanitida | Manfaat tumbuhan yang bisa dibikin minuman |
Kola – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaat Kola Ahli Pengobatan 08 Feb 2015. Kola – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaat Kola

loading… Mau tahu dari apa minuman coca cola terbuat, dari tanaman ini lho, tanaman kola yang mempunyai nama latin Cola nitida A.Chev, baca selengkapnya dibawah ini : A. CIRI-CIRI KOLA BATANG Batangnya berwana hijau kecoklatan dengan permukaan kasar, bentuknya bulat, berkayu, keras, dan bercabang-cabang. DAUN Tunggal, tersebar, bertangkai, bulat telur memanjang, ujung runcing, tepi rata, […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...