Kumis Kucing – Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat Serta Khasiatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN KUMIS KUCING

Tanaman kumis kucing mempunyai ciri semak pendek dengan batang yang agak berkayu dan berbulu halus, daunnya berbentuk bundar telur, sedikit lonjong dan memanjang.

tanaman kumis kucing

Gambar Tanaman Obat Kumsi Kucing

Tepi daun bergerigi dan berbulu halus, ujung dan pangkalnya meruncing.
Bunga tersusun dalam bentuk tandan dalam jumlah banyak, berwarna putih keunguan.
Buahnya keras, memanjang serta berkerut halus.

bunga kumis kucing

Gambar Bunga Kumis Kucing

Di Indonesia, tumbuhan kumis kucing sangat luas penyebarannya, mulai daerah tepi pantai sampai kawasan pegunungan 700 meter diatas permukaan laut.
Tanaman kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit.
Mudah tumbuh di tempat-tempat yang teduh(terlindung) dan tidak terlalu kering, dan juga tumbuh liar di tepi jalan, di hutan jati, hutan bambu atau tempat lain yang kurang terurus, nama lain yang diberikan pada tanaman kumis kucing adalah Remujung (Jawa), Singkir (Sunda), dan Songel Kocang (Madura), kidney tea plants/java tea (Inggris).

B. KANDUNGAN ZAT TUMBUHAN KUMIS KUCING

Zat yang terkandung dalam tanaman kumis kucing antara lain : Daunnya mengandung 0,2-0,6% minyak atsiri, glikosida ortosifonin, spofonin (suatu saponin), asam organic, minyak lemak, zat samak dan garam kalium.

BAGIAN YANG DIPAKAI : Seluruh tumbuhan basah atau kering (dianginkan dahulu, lalu dijemur di panas matahari)

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN KUMIS KUCING

Tumbuhan kumis kucing dapat di gunakan untuk mengobati infeksi kandung kemih, dan batu dalam kandung kemih, kencing batu, batu kantung empedu, encok, bengkak kandung kemih, infeksi saluran kencing, keputihan.
Daunnya bersifat deuretik (peluruh air kencing) sehingga banyak orang yang menggunakan tanaman ini sebagai ramuan obat kencing batu dan ginjal, biasanya diramu dengan keci beling dan tempuyung.
Tanaman kumis kucing juga biasa digunakan sebagai tanaman hias atau tanaman pagar.

D. KLASIFIKASI ILMIAH KUMIS KUCING

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut adalah tabel klasifikasi kumis kucing

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Lamiales
Familia (Suku): Lamiaceae
Genus (Marga): Orthosiphon
Species (Jenis): Orthosiphon stamineus Benth.

NAMA-NAMA LAIN KUMIS KUCING
Nama Latin (Binomial): Orthosiphon Longiflorum, Orthosiphon aristatus, Orthosiphon grandiflorus bold, orthosiphon stamineus benth.
Nama Lokal Kumis Kucing : Remujung, Sesalesayan, Sungut kucing.
Inggris: Java tea
Melayu: Misai kucing
Thailand: Yaa nuat maeo
Pilipina: kabling gubat
Cina: Mao xu cao

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Kumis Kucing yang meliputi ciri-ciri Kumis Kucing, klasifikasi Kumis Kucing, kandungan zat atau nutrisi Kumis Kucing serta khasiat dan manfaat Kumis Kucing

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri tanaman kumis kucing | nama latin kumis kucing | ciri ciri kumis kucing | bentuk daun kumis kucing | klasifikasi kumis kucing | bunga kumis kucing | nama ilmiah kumis kucing | ciri ciri daun kumis kucing | klasifikasi daun kumis kucing | jenis tanaman kumis kucing |
Kumis Kucing – Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat Serta Khasiatnya Ahli Pengobatan 06 Des 2014. Kumis Kucing – Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat Serta Khasiatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN KUMIS KUCING Tanaman kumis kucing mempunyai ciri semak pendek dengan batang yang agak berkayu dan berbulu halus, daunnya berbentuk bundar telur, sedikit lonjong dan memanjang. Tepi daun bergerigi dan berbulu halus, ujung dan pangkalnya meruncing. Bunga tersusun dalam bentuk tandan dalam jumlah banyak, berwarna putih keunguan. Buahnya keras, memanjang serta berkerut […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...