Kumpulan Resep Cara Mengobati Sakit Gigi – Lengkap

loading...

Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai cara mengobati sakit gigi secara alami, namun sebelum itu anda harus tahu apa itu sakit gigi, penyebab sakit gigi, obat sakit gigi alami dan kimia,berobat ke doketer gigi, dan cara mencegah sakit gigi, berikut ini adalah selengkapnya:

cara mengobati sakit gigi

Wanita Sedang Merasakan Sakitnya Sakit Gigi

A. Apa itu Sakit Gigi?

Sakit gigi adalah sakit yang disebabkan oleh berbagai masalah pada gigi dan rahang, seperti karies gigi, gingivitis atau penyakit rahang, dan masih banyak lagi sehingga menimbulkan rasa nyeri atau rasa sakit yang luar biasa pada gigi.

B. Penyebab Sakit Gigi

Secara umum faktor utama yang membuat gigi sakit adalah terjadinya kerusakan pada gigi itu sendiri, walaupun ini bukan satu-satunya penyebab sakit gigi, Sakit gigi juga merupakan gejala penyakit jantung, seperti angina. Sakit gigi dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke.
Dibawah ini adalah beberapa masalah gigi yang menyebabkan sakit gigi :

  • Gigi Berlubang, retak, atau terkikis.
    Hasil olahan bakteri merupakan zat asam yang dapat merusak struktur keras gigi, yaitu lapisan putih di bagian luar gigi (enamel) hingga akhirnya gigi menjadi berlubang.
    Gigi berlubang yang kemasukan sisa makanan jika semakin lama dibiarkan maka sisa makanan yang masuk keadalam lubang gigi tersebut akan membusuk dan bakteri yang terdapat didalamnya akan berkembang biak. Efeknya sakit gigi bisa muncul selama beberapa hari jika dibiarkan begitu saja.
  • Abrasi Gigi akibat menyikat terlalu kuat.
  • Gigi Patah
  • Gusi yang meradang sehingga bengkak dan gusi berdarah juga faktor pendukung lain.
  • Gusi terinfeksi
  • Gerakan berulang, seperti mengunyah permen karet secara berlebihan.
  • Menyikat gigi dengan cara yang salah.
  • Tidak rutin memperhatikan kebersihan gigi saat menggunakan kawat gigi atau behel.
  • Beberapa penyakit lain yang tidak ada kaitannya pada gigi sekalipun bisa menyebabkan rasa sakit di bagian gigi.
  • Kurangnya perawatan untuk kesehatan gigi. Misalnya menyikat gigi dua kali sehari.

C. Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami atau Tradisional

Walaupun kelihatannya sepele, untuk mengobati sakit gigi membutuhkan biaya yang tidak sedikit, selain itu tidak cukup untuk datang sekali dan langsung sembuh, karena butuh beberapa kali kontrol untuk memastikan kesembuhan gigi tersebut.
Bagi anda yang tidak punya cukup uang untuk berobat sakit gigi ke dokter, tidak ada salahnya untuk mengobati sakit gigi secara tradisional atau secara alami:

  1. Bawang Putih untuk Mengobati Sakit Gigi
    Bawang putih diklaim efektif meredakan rasa sakit. Caranya, haluskan satu siung bawang putih dicampurkan dengan sedikit garam kasar kemudian oleskan di area yang sakit (gigi berlubang, bengkak) atau sambil mengunyah-ngunyahnya juga boleh. Mengenai rasanya yaitu jangan tanya sudah pasti tidak enak, tapi yang penting sembuh!
    Biarkan proses tersebut sekitar 5 menit, lalu bersihkan dengan cara berkumur menggunakan air hangat, Cara ini dinyatakan bisa meredakan rasa sakit, bahkan kadang-kadang bisa menyembuhkan.
    Selain itu, ada baiknya mengunyah satu siung bawang putih setiap pagi, cara ini bisa menjaga agar gigi yang telah disembuhkan semakin kuat dan sehat.
    Alasan menggunakan bawang putih sebagai penghilang rasa sakit, ini karena selain bahan yang mudah didapatkan, pada bawang putih juga terdapat kandungan zat yang bisa membunuh kuman dan juga bakteri yang terdapat pada gigi.
  2. Jeruk Nipis Atasi Sakit Gigi
    vitamin C pada sari jeruk juga bisa meredakan sakit gigi dan itulah jeruk nipis menjadi salah satu cara mengobati sakit gigi belubang.
    Caranya : Peras sari jeruk nipis, teteskan pada bagian gigi yang sakit sesendok demi sesendok setiap 10 menit sampai rasa nyeri tersebut lenyap,
  3. Es Batu Meredakan Sakit Gigi
    Gunakan sebagian kecil es batu lalu gosokan dengan perlahan sekitar 10-20 menit, es batu ini digunakan berfungsi untuk meredam rasa sakit pada saraf-saraf gigi. Dengan melakukan cara ini rasa sakit akan mulai menghilang, dan tentunya cara ini lebih aman daripada menggunakan obat kimia pereda rasa nyeri.
  4. Cabai Hijau
    Potonglah ujung cabai hijau lalu kemudian bakar tapi jangan terlalu lama, pembakaran ini dimaksudkan agar cabai hijau menjadi panas jadi tidak usah lama-lama, setelah dibakar sebentar lalu tempelkan cabai hijau yang sudah panas tersebut pada bagian gigi yang terasa sakit. Lakukan cara ini secara teratur dalam sehari bisa dilakukan dua kali.
  5. Biji Alpukat
    Selain buahnya yang lezat, ternyata biji alpukat bisa digunakan untuk merdakan rasa sakit yang terjadi pada gigi, tentunya kita bisa mencobanya, pertama sangrai biji alpukat hingga kering lalu biji tersebut kita tumbuk hingga menjadi bubuk setelah itu taburkan pada gigi berlubang lalu tutup bagian gigi tersebut menggunakan kapas tunggu hingga rasa sakit berangusur-angsur berkurang.
  6. Bawang Merah
    Bukan hanya bawang putih saja yang berguna untuk mengobati sakit gigi, Bawang merah juga tidak ketinggalan untuk meringankan rasa sakit gigi anda.
    Penelitian membuktikan kalau bawang merah mengandung komponen antibakteri.
    Mengonsumsi satu bawang merah setiap hari dengan cara mengunyah terbukti bisa melindungi dari berbagai gangguan gigi. Mengunyah bawang merah selama 3 menit dinyatakan cukup untuk membunuh semua kuman di mulut, tapi jika kalian gak bisa mengunyah, gosokkan saja pada gigi yang sakit
  7. Minyak Cengkeh (Daun Cengkeh)
    Pada sebuah penelitian ilmiah yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry th. 2006 Minyak cengkeh dapat digunakan mengobati sakit gigi yang berlubang.
    Caranya : ambil sedikit kapas kira kira cukup untuk dimasukkan pada lubang gigi, celupkan potongan kapas pada minyak cengkeh asal basah saja dengan jepit kapas atau lidi yang dilipat dua, jangan sampai terlalu basah atau menetes minyaknya, jika terlanjur peras dikit kapas biar ga netes, jika kapas terlalu basah yang dikhawatirkan akan menetes dalam mulut, bagi yang sensitif akan menimbulkan luka pada kulit atau gusi yang terkena minyak tersebut.Minyak cengkeh dapat diperoleh atau dibeli di toko jamu/apotik terdekat, jika tidak ada maka anda dapat membuatnya sendiri dengan daun cengkeh, Caranya, cuci beberapa helai daun cengkih, seduh dengan air mendidih, kemudian dilumatkan untuk diambil minyaknya. Peras dengan kain. Basahi kapas dengan cairannya, jejalkan ke lubang gigi yang sakit.
  8. Garam sebagai Obat Sakit Gigi
    Dibalik rasa asin garam, kandungan yodium yang tinggi juga meringankan ngilu gigi.
    Caranya mudah, ambil garam secukupnya (lebih banyak lebih baik) campur dengan segelas air hangat, berkumurlah setidaknya sampai Anda merasa cukup nyaman dan tak terlalu tersiksa oleh rasa sakit gigi.
  9. Campuran Tepung lada
    Campuran sedikit tepung lada dengan 1/4 sendok teh garam dinyatakan sangat bagus untuk menjaga kebersihan gigi. Jika digunakan secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi, dan sakit gigi. Selain itu juga bisa mengatasi masalah gigi sensitif. Untuk meredakan sakit gigi, Anda bisa menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi.
  10. Belimbing Wuluh
    Ambil beberapa buah belimbing wuluh. Cuci bersih, makanlah dengan menggunakan garam. Kunyah dengan menggunakan gigi yang sakit.
  11. Daun jambu biji
    Daun jambu biji ternyata juga bisa meredakan sakit gigi. Caranya kalian cukup Kunyah satu atau dua lembar . terus gosokkin pada gigi yang sakit Atau bisa juga masak dan tambahakan garam sampai mendidih 4-5 daun jambu biji pada segelas air..
  12. Menggunakan Biji Asam Jawa
    Untuk biji asam jawa ini , cukup sangrai bijinya, lalu haluskan sampai sehalus halusnya. kemudian oleskan pada bagian gigi anda yang sakit.
  13. Teh Hangat
    Dalam buku Prescription for Herbal Healing yang ditulis oleh Phyllis A. Balch, dikatakan teh dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi. Teh panas membantu menghilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara.
    Caranya : tempatkan kantong teh pada gusi untuk membantu menghentikan peradangan. Sebaiknya jangan dicampur gula dalam teh hangat.
  14. Akar Kangkung
    Siapa sangka sayuran yang bisa bikin ngantuk jika dikonsumsi terlalu banyak ini bisa juga dijadikan sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi.
    Caranya: Sediakan segenggam akar kangkung, 1/2 sdt cuka, direbus dengan 1 gelas air. Gunakan air rebusannya untuk berkumur.
  15. Akar Meniran
    Selama ini kita mengenal meniran sebagai tanaman herbal untuk mengobati penyakit ginjal, gangguan saluran kencing, hepatitis dan disentri. Namun ternyata akar meniran juga berkhasiat untuk mengobati gigi yang sakit.
    Caranya: Cuci bersih akar meniran, lalu kunyah-kunyah pada gigi yang sakit.
  16. Getah Jarak
    Getah dari pohon jarak ini sangat ampuh untuk mengobati sakit gigi. Bahkan getah jarak ini sangat dianjurkan oleh para orang tua dulu untuk mengobati sakit gigi. Cara pengobatannya pun cukup mudah, hanya tinggal petik beberapa daun jarak lalu patahkan tangkai daun. Setelah itu tangkai daun yang mengeluarkan getah, teteskan pada gigi yang sakit atau berlubang.
  17. Daun Sirih
    Ternyata daun sirih juga berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Tidak aneh jika orang tua dulu sering mengunyah daun sirih. Selain untuk mengobati sakit gigi, daun sirih juga dapat mencegah timbulnya sakit gigi. Caranya dengan merebus 50gram daun sirih dengan 2 gelas air dan biarkan air mendidih hingga tersisa 1 gelas air sirih, lalu kumurkan air sirih kedalam mulut.
    Untuk menghilangkan rasa sakit gigi, khususnya pada gigi yang berlubang.
    Caranya, teteskan getah jarak pada kapas bersih, lalu tempelkan pada gigi berlubang tersebut. Biarkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan cara berkumur dengan air hangat.

D. Obat Sakit Gigi (Kimia)

Apabila anda sulit untuk mendapatkan bahan tradisional untuk mengobati sakit gigi, mungkin obat kimia adalah obat solusinya karena dapat di beli di apotik atau toko obat terdekat, berikut ini adalah beberapa obat sakit gigi buatan pabrik (Farmasi) :

  • Obat Sakit Gigi Ringan
    Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen tergolong efektif untuk mengobati sakit gigi ringan, obat ini dijual bebas di apotek dan toko obat, jadi harap perhatikan aturan pakainya.
  • Obat Sakit Gigi Berat
    Untuk sakit gigi yang lebih berat, terasa hingga ke kepala atau sakit gigi yang tidak mempan dengan obat diatas dapat menggunakan obat sakit gigi yang lebih ampuh, yaitu yang mengandung metampiron (contohnya: Antalgin, Infalgin, Hufralgin) Akan tetapi untuk mendapatkannya diperlukan resep dokter mengingat indikasi dan kontraindikasi yang harus diperhatikan.
  • Obat sakit gigi topikal.
    Merupakan obat sakit gigi berbentuk gel atau cair yang dapat diapalikasikan langsung pada gigi yang sakit, obat sakit gigi ini mengandung antiseptik dan benzokain (obat bius) yang berguna untuk membersihkan gigi dari kuman dan menghilangkan rasa sakit untuk sementara (menit-jam).
    Jangan gunakan benzokain pada anak-anak dibawah 2 tahun tanpa pengawasan dari ahli kesehatan. Jangan menggunakan lebih dari dosis yang dianjurkan.
  • Obat Sakit Gigi Warung
    Ada juga obat sakit gigi yang dijual di warung-warung, seperti SG, obat ini diklaim Cepat Menyembuhkan Sakit Gigi. Obat ini terbuat dari bahan alami dan harganya sangat terjangkau.

E. Berobat ke Dokter Gigi

Jika bermacam obat sudah di konsumsi tapi sakit gigi tak kunjung sembuh maka jalan satu-satunya adalah memeriksakan ke dokter gigi, untuk mengobati sakit gigi, dokter gigi pertamakali akan menanyakan riwayat kesehatan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik. Dia akan mengajukan pertanyaan tentang rasa sakit, kapan mulainya, seberapa parah, pencetusnya, apa yang membuat rasa sakit lebih buruk, dan apa yang membuatnya lebih baik. Dokter gigi akan memeriksa mulut, gigi, gusi, rahang, lidah, tenggorokan, sinus, telinga, hidung, dan leher.
Terkadang rongsen gigi atau pemeriksaan lanjutan lainnya juga diperlukan sesuai kecurigaan sang dokter mengenai penyebab sakit gigi yang pasien alami.

Setelah melakukan pemeriksaan kemudian menentukan tindakan atau prosedur terapi yang sesuai dengan penyebab sakit gigi yang Anda alami, cara seperti inilah yang akan membuat tuntas masalah sakit gigi. Secara umum penanganan yang dilakukan untuk mengatasi sakit gigi antara lain:

  • Penambalan Gigi
    Jika penyebab sakit gigi adalah gigi berlubang yang membuat lapisan saraf terekspos sehingga menjadikan gigi sensitif, seperti terasa sakit atau ngilu ketika tersentuh makanan atau minuman dingin, maka tindakan yang dilakukan adalah penambalan gigi.
  • Perawatan Saluran Akar
    Dilakukan pada gigi berlubang yang lebih dalam, dimana jaringan saluran akar gigi (pulpa) mengalami infeksi. Pada perawatan saluran akar ini dokter akan membersihkan jaringan terinfeksi, kemudian menambalnya (butuh waktu beberapa kali kunjungan).
    perawatan saluran akar: Dibersihkan beberapa tahap lalu ditambal
  • Pencabutan Gigi
    Pada beberapa kasus, gigi yang rusak tidak bisa diperbaiki, pada kondisi demikian jalan terbaik adalah dilakukan pencabutan gigi.
  • Pembersihan Karang Gigi
    Karang gigi juga berpotensi menyebabkan sakit gigi, maka untuk mengatasi sakit gigi yang seperti ini harus dibersihkan karang giginya.

F. Pencegahan Sakit Gigi

Sebelum terkena sakit gigi, perawatan atau pencegahan adalah cara terbaik untuk menghindari gigi rusak yang menyebabkan sakit gigi :

  • Menyikat Gigi Dengan Benar
    Sebuah penelitian mengatakan waktu menyikat gigi yang baik berkisar antara 1 menit sampai 2 menit. Jadi dalam menggosok gigi ini kita mesti mengusahakan untuk menyikat gigi dengan cara memutar-mutar dan untuk lebih maksimal menyikat giginya depan cermin biar keliatan sisa sisa makanan yang ada disela-sela gigi.
  • Kumur Dulu Sebelum Sikat gigi
    Setelah mengkonsumsi minuman berenergi, bersoda,dan asam lainnya, jangan langsung menyikat gigi. Karena menyikat gigi bisa menyebabkan zat asam tersebut tersebar merata di semua gigi. Jadi berkumur-kumur aja dulu biar bakterinya yang ada ilang, baru deh sikat giginya .
  • Menyikat Gigi Setelah Makan dan Menjelang Tidur
    Frekuensi sikat gigi yang lebih sering akan meminimalisir pertumbuhan bakteri pada gigi and menjaga kebersihan gigi .maka dari itu mari biasain untuk sikat gigi 15 menit setelah makan dan sebelum tidur, atau setidaknya setiap habis ngemil selalu berkumur-kumur.
  • Bentuk Sikat Gigi
    Pilihlah bentuk sikat gigi yang dapat menjangkau seluruh bagian gigi, mempunyai bulu yang lembut serta nyaman untuk digunakan, karena sangat berpengaruh untuk kebersihan gigi
  • Jangan Terlalu Sering Makanan/Minuman Manis
    Zat gula yang masih tersisa di sela-sela akan menjadi penyebab gigi berlubang, Kurangilah mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu yang banyak mengandung gula.

Demikianlah topik mengenai cara mengobati sakit gigi, meliputi pembahasan pengertian sakit gigi, penyebab sakit gigi, cara mengobati sakit gigi secara alami dan menggunakan obat kimia, berobat ke dokter gigi dan pencegahan sakit gigi.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

obat sakit gigi yang dijual di warung | obat warung sakit gigi | kumpulan resep obat tradisional | obat sakit gigi di warung | obat warung untuk sakit gigi | obat sakit gigi yang ada di warung | obat sakit gigi warung | tanaman yg mengobati gigi ngilu sesudah ditambal | obat gigi warung | obat warung buat sakit gigi |
Kumpulan Resep Cara Mengobati Sakit Gigi – Lengkap Ahli Pengobatan 09 Des 2014. Kumpulan Resep Cara Mengobati Sakit Gigi – Lengkap

loading… Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai cara mengobati sakit gigi secara alami, namun sebelum itu anda harus tahu apa itu sakit gigi, penyebab sakit gigi, obat sakit gigi alami dan kimia,berobat ke doketer gigi, dan cara mencegah sakit gigi, berikut ini adalah selengkapnya: A. Apa itu Sakit Gigi? Sakit gigi adalah sakit […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...