Tanaman A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

KURMA

Kurma mempunyai nama latin Phoenix dactylifera (date palm) adalah tanaman palma yang buahnya dapat dimakan, Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma.

Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir.
Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

gambar pohon kurma

Pohon Kurma

A. CIRI-CIRI TANAMAN KURMA

BATANG
Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal.
DAUN
Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.
BUAH dan BIJI
Bentuk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 cm, berdiameter 2-3 cm dan ketika masih muda warnanya merah cerah ke kuning terang, tergantung dari jenisnya. Kurma memiliki biji tunggal yang ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm dan tebalnya 6-8 mm.
gambar tanaman buah kurma

Loading...

PEMBAGIAN JENIS KURMA
Buah kurma dikelompokan menjadi 3 golongan utama yaitu: lunak (contohnya ‘Barhee’, ‘Halaw’, ‘Khadrawy’, ‘Medjool’), semi-kering (contohnya ‘Dayri’, ‘Deglet Noor’, ‘Zahidi’) dan kering (contohnya ‘Thoory’). Jenis buah ini tergantung pada kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa.

Kurma matang dibagi menjadi 4 golongan, yang mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaan Arab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (matang, dikeringkan dengan bantuan matahari).
gambar buah kurma

Sebagian besar perkebunan menggunakan perkembangbiakan stek pada tanaman, terutama pada kultivar ‘Medjool’ karena bisa menghasilkan panen yang banyak serta buah yang manis dan besar. Tanaman yang tumbuh dari cara stek akan berbuah 2-3 tahun lebih awal daripada tanaman yang menggunakan bibit(4 sampai 7 tahun).

Untuk mendapatkan buah yang berkualitas untuk bisa dipasarkan, tandan kurma harus ditipiskan dan dibungkus atau ditutup sebelum matang supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar dan terlindungi dari cuaca dan hama, seperti burung.

B. KANDUNGAN ZAT BUAH KURMA

Nutrisi penting yang terdapat dalam buah kurma antara lain : kalsium, zat besi, fosfor, sodium, kalium, magnesium, dan zinc juga terkandung dalam buah ini. Tak hanya itu, kurma juga memiliki vitamin thiamin, riboflavin, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin K.
Kurma juga mengandung gula dan serat sebagai sumber energi

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUAH KURMA

Berikut ini adalah manfaat buah kurma sebagai tanaman obat :

loading...
  • Menambah energi
    Kandungan gula alami yang tinggi,seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa dapat meningkatkan energi dengan cepat. Di saat bulan Ramadhan cukup dengan mengonsumsi beberapa buah kurma saja sudah dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang saat puasa.
  • Melancarkan pencernaan
    Kandungan serat yang tinggi pada buah kurma dapat melancarkan pencernaan kamu, buah kurma sangat direkomendasikan untuk kamu yang sering mengalami sembelit.
  • Memperkuat tulang
    Buah Kurma yang telah dikeringkan mengandung selium, mangan, tembaga, dan magnesium yang menjadi hal penting dalam pertumbuhan dan kekuatan tulang.
  • Menambah kemampuan otak
    Berkat kandungan potasium yang ada dalam buah kurma, bisa meningkatkan kecepatan dan kewaspadaan otak, kurma jadi buah yang cocok untuk mendorong kesehatan dan fungsi sistem saraf tubuh. Termasuk pula sistem saraf otak.
  • Mengontrol tekanan darah
    Kurma kaya akan potasium, dan mineral lainnya yang bisa menurunkan tekanan darah. ada juga magnesium yang bisa membantu melemaskan otot di jantung dan pembuluh darah, sehingga membuat tekanan darah lebih terkontrol.
  • Mencegah kanker usus besar
    Mengkonsumsi kurma secara rutin dapat menurunkan risiko berkembangnya sel kanker pada usus besar kamu. Buah ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus. sehingga usus terjaga kesehatannya dan dapat terhindari dari penyakit mematikan kanker
  • Menjaga kesehatan jantung
    Sebuah penelitian di Inggris yang diterbitkan dalam jurnal National Center for Biotechnology Information menemukan kalau rajin makan kurma dapat menurunkan risiko kamu terkena penyakit jantung koroner. Berkat kandungan antioksidan yang tinggi, kurma merangsang pengangkatan kolesterol dari sel-sel arteri. Mencegah arteri jadi keras dan tersumbat dengan plak.
  • Menjaga kesehatan kulit
    Kurma kaya akan vitamin C dan D, sehingga mengonsumsi buah ini dapat terhindar dari berbagai masalah kulit, seperti kulit kering dan keriput.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN KURMA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI KURMA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Liliopsida – Monocotyledons
Sub Kelas : Arecidae
Ordo (Bangsa): Arecales
Familia (Suku): Arecaceae ⁄ Palmae – Palm family
Genus (Marga): Phoenix L. – date palm
Species (Jenis): Phoenix dactylifera L. – date palm

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat KURMA yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Kata Kunci Pencarian :

gambar pohon kemukus dan buahnya |
KURMA Ahli Pengobatan 06 Jan 2019. KURMA

Kurma mempunyai nama latin Phoenix dactylifera (date palm) adalah tanaman palma yang buahnya dapat dimakan, Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma dikenal sebagai buah kurma. Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah […]

4.9

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Semua informasi yang ada dalam situs tanobat.com ditujukan hanya untuk pengetahuan semata. Informasi yang ada dalam situs ini berasal dari berbagai sumber dan kami tidak menjamin kebenaran dan atau kevalidan data dari setiap informasi yang ada. Tanobat.com tidak bertanggung jawab atas segala risiko baik langsung maupun tidak langsung yang timbul sebagai akibat dari penggunaan Informasi dalam situs ini.