Legundi – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Legundi (Vitex trifolia L.) merupakan pohon semak atau pohon kecil, tingginya 1-4 meter, daun legundi sudah lama digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional, salah satu kegunaan daun legundi adalah untuk penyakit TBC.

gambar tanaman legundi

Photo : Pohon Legundi

A. CIRI-CIRI LEGUNDI

BATANG
Batangnya ditutupi oleh rambut-rambut lembut, batang pokok jelas, kulit batang coklat muda-tua, batang muda segi empat, banyak bercabang.

DAUN
Legundi memiliki daun majemuk dengan 1-3 anak daun, Daunnya tersusun beraturan sepanjang batang, Panjang tangkai daun sekitar 5mm. daun legundi berbentuk bundar telur, elips, bundar telur terbalik, atau lonjong, pada bagian bawah daun berbulu rapat dengan warna putih atau kelabu.

BUNGA
Bunganya bertandan dan keluar dari ujung ranting dengan kelopak warna hijau, bergigi 5. Mahkotanya berbentuk tabung berbibir 2 dan bergigi 5, berwana biru-ungu. Benangsari berjumlah 4.

Bunga legundi berbulu halus, berwarna putih atau abu-abu, tersusun rapat, berwarna kelabu. Bagian luar berbulu kelabu kecuali pangkal. Sebagian bibir bunga bagian bawah berwarna biru ungu.

Bunganya tumbuh dalam malai atau kelompok hingga 18 cm panjangnya. Bunga individu berwarna ungu violet memiliki dua bibir mahkota selebar 5 mm. Benang sarinya berjumlah dua pasang dan ovarium nampak menonjol atau tumbuh melebihi mahkota.

BUAH dan BIJI
Buahnya buah batu berbentuk bola, buahnya berdaging sekitar 6 mm dan mengandung 4 biji hitam kecil.

gambar bunga legundi

Photo : Bunga Legundi

DESKRIPSI TANAMAN LEGUNDI
Tumbuhan Legundi sangat indah, baik bentuk maupun warnanya. Bila dipangkas, tumbuhnya akan lebih baik karena percabangannya semakin rapat dan kekar. Pembanyakan dilakukan dengan biji atau setek batangnya, jika menggunakan stek batang seyogyanya diambil dari batang yang tidak terlalu muda. Stek batang tersebut mudah sekali tumbuh dan akan mulai bertunas setelah 4-5 hari terhitung dari sejak penanaman.

Tanaman legeundi biasa tumbuh dengan daerah tumbuhnya 1-500 m di atas permukaan laut, Tumbuhan ini mudah tumbuh di segala jenis tanah, namun lebih menyukai tempat yang agak kering dan pada daerah yang terbuka. Tumbuh dengan baik pada media tumbuh yang terdiri dari campuran pasir, pupuk kandang dan lempung.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN LEGUNDI

Legundi merupakan tanaman memiliki kandungan kimia berupa viteksin, casticin, 3,5,7 trimetil quercetagetin, artemetin, 5-metil artemetin, 7-desmetil artemetin, luteolin-7-O-b-D-glukuronid, luteolin 3-O-b-D-glukuronid dan isoorientin, triterpenoid friedelin, b-sitosterol dan b-sitosterol-b-D-glukosida (Hernandez et al., 1999).

Buah dan daun legundi mengandung senyawa flavanoid, tripenoid, dan sterol sebagai antioksidan.
Semua bagian tanaman ini mengandung minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, sineol terpinylasetat, dan pinen.

C. KHASIAT DAN MANFAAT LEGUNDI

Apa sajakah manfaat dari tanaman legundi ?!

  • Akar legundi bisa dimanfaatkan untuk pencegah kehamilan, penyembuhan pasca persalinan.
  • Batang legundi untuk menyembuhkan bengkak dan eksim.
  • Biji legundi sebagai pereda batuk, penyegar badan, perawatan rambut.
  • Buah legundi sebagai obat cacing dan peluruh haid.
  • Daun legundi digunakan untuk mengurangi rasa nyeri, pusing, masuk angin, menurunkan panas, meredakan kejang, batuk, radang amandel, tuberkulose, tifus, peluruh air seni, peluruh angin perut, peluruh keringat, melancarkan haid, membersihkan rahim, demam nifas, busting air, menyembuhkan luka, kudis dan untuk membunuh serangga. juga untuk obat gatal, alergi, sakit perut, antipiretik, diuretik, analgesik, obat nyamuk, bahkan bersifat antikanker

RAMUAN OBAT DENGAN LEGUNDI
Mengbati Penyakit TBC : Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas, Setelah dingin, saring air rebusan, Minum 3 kali masing-masing ¾ gelas.

Untuk obat caging: 15 gram daun legundi segar direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit; setelah dingin, diperas dan disaring. Hasil saringan diminum sekaligus.

Obat sesak nafas dan muntah darah : Buat ramuan yang terdiri atas 3 tangkai daun legundi (9 lembar), 3 lembar daun sembung (Blumea balsamifera) dan 3 lembar daun serawung (Orcinum gratisimum). Rebus semuanya dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum air tersebut pagi dan sore setiap hari hingga sembuh.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN LEGUNDI

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi LEGUNDI

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Lamiales
Familia (Suku): Verbenaceae
Genus (Marga): Vitex
Species (Jenis): Vitex trifolia L.

NAMA-NAMA LAIN LEGUNDI
Nama Ilmiah Legundi : Vitex trifolia L.
Indonesia: Legundi, Lemuning
Inggris: simpleleaf chastetree
Cina: man jing zi

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat LEGUNDI yang meliputi Ciri-ciri LEGUNDI, Klasifikasi LEGUNDI, kandungan zat atau nutrisi LEGUNDI serta khasiat dan manfaat LEGUNDI sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

daun legundi | pohon legundi | legundi | ciri tanaman legundi | tanaman legundi | daun lagundi | manfaat daun legundi | ciri ciri tanaman legundi | khasiat daun legundi | ciri ciri daun sembung |
Legundi – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 20 Feb 2015. Legundi – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Legundi (Vitex trifolia L.) merupakan pohon semak atau pohon kecil, tingginya 1-4 meter, daun legundi sudah lama digunakan oleh masyarakat sebagai obat tradisional, salah satu kegunaan daun legundi adalah untuk penyakit TBC. A. CIRI-CIRI LEGUNDI BATANG Batangnya ditutupi oleh rambut-rambut lembut, batang pokok jelas, kulit batang coklat muda-tua, batang muda segi empat, banyak bercabang. […]

4.9 Ahli Pengobatan
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...