Lengkuas

A. CIRI-CIRI TANAMAN LENGKUAS

BATANG
Batang yang masih muda keluar sebagai tunas dari pangkal batang tua.
Seluruh batangnya ditutupi pelepah daun. Batangnya ini bertipe batang semu.

DAUN
Daunnya tunggal, bertangkai pendek, berbentuk daun lanset memanjang, ujungnya runcing, pangkalnya tumpul, dan tepinya rata.
Ukurannya daunnya adalah 25-50 cm × 7-15 cm. Pelepah daunnya berukuran 15-30 cm, beralur, dan berwarna hijau.

BUNGA
Perbungaannya majemuk dalam tandan yang bertangkai panjang, tegak, dan berkumpul di ujung tangkai. Jumlah bunga di bagian bawah lebih banyak daripada di atas tangkai, dan berbentuk piramida memanjang. Kelopak bunganya berbentuk lonceng, berwarna putih kehijauan.
Mahkota bunganya yang masih kuncup pada bagian ujung warnanya putih, dan bawahnya berwarna hijau.

BUAH
Buahnya termasuk buah buni, bulat, keras, berwarna hijau sewaktu muda, dan coklat apabila sudah tua.
Umbinya berbau harum, ada yang putih, juga ada yang merah. Menurut ukurannya, ada yang besar juga ada yang kecil. Karenanya, dikenal 3 kultivar yang dibedakan berdasarkan warna dan ukuran rimpangnya.
Rimpangnya merayap, berdaging, kulitnya mengkilap, beraroma khas, ia berserat kasar, dan pedas jika tua.
gambar lengkuas berkembang biak

DESKRIPSI TANAMAN LENGKUAS
Lengkuas (laos) adalah jenis tumbuhan umbi-umbian yang tingginya 2 m atau lebih dan biasa dimanfaatkan oleh masyarakat indonesia masyarakat sebagai campuran bumbu masak atau bumbu dapur dan juga pengobatan.

Pemanfaatan lengkuas untuk masakan dengan cara menggeprek rimpang kemudian dicelupkan ke dalam campuran masakan, Sedangkan untuk pengobatan ekstrak lengkuas dapat Menghilangkan pegal linu, rematik dan meringankan gatal-gatal akibat digigit serangga.
Minyak lengkuas (Oleum galanga) sering ditambahkan sebagai aroma dalam pembuatan minuman keras dan bir. Buah lengkuas dapat digunakan untuk menghilangkan rasa dingin, kembung dan sakit pada ulu hati, muntah, mual, diare, kecegukan (singuitus), dan untuk menambah nafsu makan.

Ada 2 jenis tanaman lengkuas, yaitu lengkuas merah dan putih. Lengkuas putih banyak digunakan sebagai rempah atau bumbu dapur, sedangkan lengkuas merah banyak digunakan sebagai obat.
gambar manfaat lengkuas merah
Pohon lengkuas putih umumnya lebih tinggi dari pada lengkuas merah. Pohon lengkuas putih dapat mencapai tinggi 3 meter, sedangkan pohon lengkuas merah umumnya hanya sampai 1-1,5 meter.
gambar tanaman lengkuas putih
Tanaman Lengkuas berkembang biak secara vegetatif, tanaman lengkuas bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah, untuk mendapatkan rimpang muda yang belum banyak seratnya, panen dilakukan pada saat tanaman berusia 2,5-4 bulan.
gambar tanaman lengkuas laos Alpinia galanga

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN LENGKUAS

Dalam 10 gram lengkuas mengandung 149 kalori, 15 gram karbohidrat, 2 gram serat, 1 gram protein, 1 gram lemak total dan 4 gram vitamin C.

Rimpang lengkuas mengandung lebih kurang 1 % minyak atsiri berwarna kuning kehijauan yang terutama terdiri dari metil-sinamat 48 %, sineol 20 % – 30 %, eugenol, kamfer 1 %, seskuiterpen, δ-pinen, galangin, dan lain-lain.

Selain itu rimpang juga mengandung resin yang disebut galangol, kristal berwarna kuning yang disebut kaemferida dan galangin, kadinen, heksabidrokadalen hidrat, kuersetin, amilum, beberapa senyawa flavonoid, dan lain-lain.

Penelitian yang lebih intensif menemukan bahwa rimpang lengkuas mengandung zat-zat yang dapat menghambat enzim xanthin oksidase sehingga bersifat sebagai antitumor, yaitu trans-p-kumari diasetat, transkoniferil diasetat, asetoksi chavikol asetat, asetoksi eugenol setat, dan 4-hidroksi benzaidehida (Noro dkk., 1988).

Lengkuas Juga mengandung suatu senyawa diarilheptanoid yang dinamakan 1-(4-hidroksifenil)-7- fenilheptan-3,5-diol.

Buah lengkuas mengandung asetoksichavikol asetat dan asetoksieugenol asetat yang bersifat anti radang dan antitumor.

Lengkuas juga mengandung kariofilen oksida, kario filenol, kuersetin-3-metil eter, isoramnetin, kaemferida, galangin, galangin-3-metil eter, ramnositrin, dan 7- hidroksi-3,5-dimetoksiflavon. Biji lengkuas mengandung senyawa-senyawa diterpen yang bersifat sitotoksik dan antifungal, yaitu galanal A, galanal B, galanolakton, 12-labdiena-15,16-dial, dan 17- epoksilabd-12-ena-15,16-dial (Morita dan ltokawa, 1988).

Loading...

C. KHASIAT DAN MANFAAT LENGKUAS

  • Mencegah tumor dan kanker
    Sebuah studi oleh para peneliti Inggris menemukan bahwa ekstrak lengkuas memiliki sifat anti kanker. Penelitian ini telah diuji coba oleh beberapa pasien yang menderita kanker paru-paru dan kanker payudara. Manfaat lengkuas lainnya adalah dapat menghambat jalur xanthin enzim sintesis yang memicu perkembangan tumorDilansir dari berbagai sumber, lengkuas disebut bisa melawan leukimia, melanoma, kanker pankreas, kanker kolon, kanker payudara, dan kanker hati. Pada kanker kolon, misalnya, sebuah studi pada 2014 menyebutkan lengkuas mampu mengakibatkan kematian sel (apoptosis) pada dua jenis sel kanker kolon.
  • Mengatasi asma
    Pada ramuan obat herbal di China, lengkuas telah digunakan sebagai obat yang memiliki efek antispasmodik berfungsi mengurangi dahak (kapha), dan melebarkan saluran bronkiolus untuk meredakan asma.Demikian juga, sifat anti-inflamasi dari lengkuas bermanfaat dalam mengendalikan serta menyembuhkan kondisi seperti asma dan sindrom gangguan pernapasan akut.
  • Obat diare
    Sebatang lengkuas segar memiliki zat anti bakteri yang berguna untuk menyingkirkan bakteri patogen dan menyembuhkan diare. Sebuah studi oleh Sunilson, JAJ pada tahun 2009 menunjukkan, aktivitas antimikroba dari lengkuas juga dapat membasmi bakteri yang terbawa ke dalam tubuh (seperti bakteri fructose dan lactose).
  • Mengurangi lemak darah dan kolesterol
    Flavonoid seperti kaempferol, quercetin, dan galanin yang ada dalam lengkuas memainkan peran utama dalam menurunkan kadar kolesterol dan juga kadar lemak darah. Ekstrak lengkuas dinyatakan memiliki kemampuan untuk melawan sintase asam lemak, sehingga mengurangi kadar kolesterol serta trigliserida.
  • Meningkatkan kesehatan Jantung
    Lengkuas telah digunakan sebagai metode pencegahan penyakit jantung dan segala risiko yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular. Lengkuas membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kontraksi jantung dengan meningkatkan suplai darah ke semua organ vital. Biasanya lengkuas digunakan sebagai obat untuk stroke dan penyakit terkait jantung lainnya.
  • Menghilangkan Ketombe atau gangguan di kulit kepala
    Lengkuas memiliki efek anti jamur yang dapat berguna pada serangan jamur di tiap bagian kulit tubuh, termasuk ulit kepala. Jamur yang menginfeksi kulit kepala dapat mengakibatkan ketombe.
    Anda dapat langsung menggosok beberapa irisan lengkuas pada kulit kepala atau mencampur beberapa lengkuas parut dengan minyak zaitun, kemudian gosok di daerah kulit kepala yang terdapat ketombe.
  • Meningkatkan sirkulasi darah
    Sifat antioksidan lengkuas mampu mencegah racun berbahaya dari dari dalam tubuh. Karena racun yang
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
    Lengkuas memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berbagai penelitian telah mengungkapkan bahwa ekstrak polisakarida yang ditemukan dalam lengkuas memiliki kemampuan untuk merangsang efek pada sistem retikuloendotelial. Akibatnya, jumlah sel limpa dan eksudat peritoneal meningkat, yang secara langsung bertanggung jawab untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ramuan ini bertindak sebagai unsur anti-HIV.
  • Lengkuas untu kecantikan
    Lengkuas punya 40 jenis komponen antioksidan yang siap lawan kerut dan garis halus di wajah.
    Vitamin C dalam lengkuas membantu meremajakan sel-sel kulit, sehingga melindungi kulit Anda dari tanda-tanda penuaan. Hal ini juga membantu mencegah timbulnya noda, bintik-bintik gelap dan jerawat.
  • Obat radang sendi atau rematik
    Lengkuas memiliki komponen antiinflamasi atau antiperandangan. Umbi lengkuas pun bisa digunakan sebagai obat arthritis atau radang sendi termasuk reumatik. Di samping itu, lengkuas pun bermanfaat untuk meredakan inflamasi pada perut.
  • Mengobati Kulit Terbakar
    Sebagai obat topikal (oles), lengkuas bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk kulit yang terbakar. Cukup dengan cara dihaluskan, aplikasikan pasta lengkuas pada kulit yang terbakar atau terkena benda panas.
  • Menjaga Kesehatan otak
    Karena memiliki komponen antiinflamasi, lengkuas pun punya potensi untuk melindungi kesehatan otak. Lengkuas dapat mengurangi risiko degenerasi kognitif serta membantu melawan depresi.
  • Rimpang lengkuas yang dikunyah kemudian diborehkan ke dahi dan seluruh tubuh diyakini dapat mengobati kejang-kejang pada bayi dan anak-anak.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN LENGKUAS

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI LENGKUAS

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Liliopsida – Monocotyledons
Sub Kelas : Zingiberidae
Ordo (Bangsa): Zingiberales
Familia (Suku): Zingiberaceae – Ginger family
Genus (Marga): Alpinia Roxb. – alpinia
Species (Jenis): Alpinia galanga (L.) Sw. – greater galangal

NAMA-NAMA LAIN LENGKUAS
Laos (Jawa), kelawas (Karo)

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat LENGKUAS yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Kata Kunci Pencarian :

khasiat bunga lengkuas |

Tinggalkan komentar