Makasar

Tanaman makasar adalah tanaman yang berupa pohon kecil karena hanya 10 meter tingginya, tanaman makasar merupakan tanaman yang menghasilkan biji makasar (Macassar Kernels) atau sering disebut dengan “Amber Merica”, tanaman makasar memiliki nama ilmiah “Brucea javanica”

Tanaman ini pahit, dan beracun, serta dapat mematikan dalam dosis banyak. Namun semua bagian tumbuhan ini dapat digunakan untuk obat sejak lama.

Buah makasar pertama kali ditulis sebagai obat dalam monografi medis China “Omissions from the Grand Materia Medica“, dipopulerkan kembali oleh Ben Cao Gang Mu Shi Yi dan dibuat oleh Zhao Xue-min yang ditulis sejak tahun 1765.

Perkembangbiakan tumbuhan makasar dapat diperbanyak dengan biji, Di Indonesia, tanaman ini biasanya tumbuh sebagai semak belukar atau tanaman pagar, tumbuh di tempat terbuka seperti hutan sekunder ringan dan semak, dan pinggir hutan.

gambar tanaman obat buah makasar
Di Indonesia, umunya buah makasar dimakan untuk menghentikan pendarahan pada usus, Di Kalimantan, biji buah makasar dimakan untuk meredakan masalah pencernaan, Sedangka di masyarakat kampung Gunung Dieng, Wonosobo, lumatan buah makasar diminum seperti kopi dan diminum

A. CIRI-CIRI TANAMAN MAKASAR

BATANG
Batang berwarna abu-abu kehijauan. Daun Brucea javanica itu memanjang sekitar 5—10 cm dan lebar 2—4 cm. Bagian ujung agak meruncing, tepi bergerigi, dan berwarna hijau.

DAUN
Helaian daunnnya berbentuk oval hingga lanset memanjang, ujungnya runcing, pangkalnya berbentuk baji, tepinya bergerigi kasar, permukaan atas berwarna hijau, sedangkan permukaan bawahnya berwarna hijau muda. Panjangnya 5-10 cm, dan lebarnya 2–4 cm.

BUNGA
Bunganya muncul dari ketiak daun, berbulu, berwarna ungu.

BUAH dan BIJI
Buahnya berwarna hijau keluar dari pinggiran batang daun. Ketika matang, warna buah berubah hitam. Bentuknya oval, rata-rata berdiameter 7 mm. Bila kering buah akan keriput seperti biji pepaya kering.
5Dalam sebuah penelitian diketahui seumpama dalam sebatang cabang buah makasar menghasilkan 322,9 buah, dan dalam sebatang pohon, buah makasar menghasilkan 2292 buah.
Fase pembungaan, pembentukan, dan pemasakan buah selama berturut-turut adalah 28, 47, dan 49 hari.
Bijinya bulat berwarna putih

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN MAKASAR

Nutrisi penting yang terdapat dalam tanaman makasar antara lain :
Berdasarkan Penelitian Lan Zhang dan timnya di Biology of Plant Diseases and Insect Pests, Institute of Plant Protection, Chinese Academy of Agricultural Sciences, Beijing, Cina, mengungkapkan bahwa buah makasar mengandung senyawa aktif berkhasiat obat, seperti brusatol, brusamarin, brusealin, asam stearinal, dan brusenol. Diduga senyawa-senyawa itu saling bahu-membahu menangkal hipertensi alias darah tinggi.

Berdasarkan info yang saya kutip dari wikipedia, bahwa buah makasar mengandung brusamarin, kosamin, yatanin, brusealin, glukosa, dan yatanosida A dan B. juga mengandung fenol (seperti brusenol, dan asam bruseoleat)
Bijinya mengandung brusatol, dan brusein A,B,C,D,E,G, dan H. Daging buahnya mengandung minyak lemak, asam oleat, asam linoleat, asam stearat, dan asam palmitoleat.
Buah dan daunnya mengandung tanin.

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN MAKASAR

Buah : Mengobati wasir, malaria, disentri amuba, diare kronis, cacingan dan keputihan
Akarnya : digunakan untuk pengobatan malaria, keracunan makanan, dan demam.
Daunnya : digunakan untuk mengatasi sakit pinggang.
Biji buah: Menurunkan kadar gula darah (diabetes), panas demam, keracunan makanan, keputihan karena Trichomonas, disentri amuba, Kanker Serviks dan Kanker Rahim.
khasiat manfaat tanaman buah makasar
Cara Membuat Ramuan Obat Menggunakan Tanaman Makasar :

loading...
  • Mengobati penyakit malaria
    • Sediakan 10 biji makasar, lalu giling sampai halus.
    • Lalu minum bersama air sekaligus
    • Minum 3 kali sehari selama 3 hari.
    • Selanjutnya, dosis dikurangi setengahnya (5 buah) dan minum selama 5 hari.
  • Mengobati penyakit disentri amuba
    • Giling 10 buah makasar sampai halus
    • Minum ramuan ini bersama air, minum ramuannya setelah makan
    • Minum 3 kali sehari, selama 7-10 hari.
  • Mengobati sakit pinggang
    • Giling sampai halus 10 biji isi buah makasar
    • Lalu minum bersama air sekaligus
    • Minum ramuan ini 2-3 kali sehari sesudah makan.

PERHATIAN : Menurut Kazuaki Yamada dari Laboratorium of Bioorganic Chemistry, Fakultas Pertanian, Hokkaido University, Jepang, Brucea javanica mengandung zat glikosida kosamin yang beracun. Bahkan konsumsi lebih dari 10 buah menyebabkan mual, muntah, dan keracunan. Anak-anak dan wanita hamil dilarang menelan Brucea javanica sekalipun dalam jumlah kecil. Pada wanita hamil buah makasar dapat memicu keguguran.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN MAKASAR

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).
klasifikasi tanaman buah makasar brucea javanica
Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI MAKASAR

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Sapindales
Familia (Suku): Simaroubaceae – Quassia family
Genus (Marga): Brucea J.F. Mill. – brucea
Species (Jenis): Brucea javanica (L.) Merr. – Java brucea

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN MAKASAR
Malur (Batak), berul (Lampung), walot (Sunda), kwalot, bom makasar (Jawa), tambara marica (Makassar), dan nagas (Ambon). Kosam, lada pahit, embalu, dadih-dadih

Synonim
B. amarissima Desv.
B. gracilis DC.
B. sumatrana Roxb.
Gonus amarissima Lour.
Lussa amarissima O. Ktze.
Rhus javanica L.

Tinggalkan komentar