Manfaat Tanaman Bawang Putih, Kandungan dan Klasifikasinya

loading...

Untuk tanaman yang satu ini, saya kira semuanya sudah sangat tahu ciri-cirinya, karena hampir tiap hari tanaman ini kita makan sebagai bumbu masakan, Akan tetapi tahukah anda Kandungan Zat yang terdapat pada bawang putih ? Berikut ini adalah Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Serta klasifikasi tanaman bawang putih

gambar tanaman bawang putih
A. DESKRIPSI TANAMAN BAWANG PUTIH
Bawang putih mempunyai nama ilmiah Allium sativum, Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.
Bawang putih telah digunakan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan.
gambar siung bawang putih
Bawang putih digunakan sebagai bumbu yang digunakan hampir di setiap makanan dan masakan Indonesia. Sebelum dipakai sebagai bumbu, bawang putih dihancurkan dengan ditekan dengan sisi pisau (dikeprek) sebelum dirajang halus dan ditumis di penggorengan dengan sedikit minyak goreng. Bawang putih bisa juga dihaluskan dengan berbagai jenis bahan bumbu yang lain.Dan juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kutil,caranya : keprek bawang putih ( jangan sampai halus ) lalu tempelkan pada kutil dan ikat yang kuat dengan kain atau plester tunggu sampai 30 menit,jangan terlalu banyak bergerak,maka kulit akan panas dan kutil akan menghitam.Besoknya anda terbebas dari kutil.

gambar budidaya tanaman bawang putih

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN BAWANG PUTIH

Bawang putih kaya akan yodium, kalsium, dan zat besi.
Bawang putih memiliki bermacam-macam bahan yang mengandung sulfur (belerang) yang merupakan alasan mengapa bawang putih memiliki aroma yang khas.
Allicin, salah satu materi yang terkandung dalam bawang putih, dikenal sebagai anti bakteri, anti virus, anti jamur, dan antioksidan. Manfaat dari Allicin dapat diperoleh jika bawang putih dipotong dengan benar, diperas atau ditumbuk halus dan dibiarkan untuk beberapa waktu.
Bawang putih juga merupakan sumber selenium. Allicin, bersama dengan bahan lain seperti ajoene, allilin, dll yang dikandung oleh bawang putih juga memiliki efek bagi peredaran darah, pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah, detoksifikasi, penyembuhan, dll.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BAWANG PUTIH

Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat bawang putih untuk kesehatan dan pengobatan

download lagu dangdut
  • Bawang Putih Sebagai Antibakteri dan Antivirus
    Bawang putih sangat dikenal dengan kandungan antibakteri dan antivirus yang dimilikinya. Bawang putih membantu mengontrol virus, jamur, ragi dan infeksi cacing. Bawang putih segar dianggap dapat mencegah keracunan makanan dengan membunuh bacteria seperti E. coli, Salmonella enteritidis, dll.
  • Bawang Putih untuk Menyembuhkan Infeksi Kulit
    Bahan kimia ajoene yang ditemukan pada bawang putih dapat membantu menyembuhkan infeksi kulit akibat jamur seperti kurap dan jamur.
  • Mencegah pembekuan darah
    Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah.
  • Mengurangi Tekanan Darah
    Salah satu khasiat bawang putih yang cukup penting adalah membantu menurunkan tekanan darah. Angiotensin II adalah protein yang membantu pembuluh darah berkontraksi sehingga meningkatkan tekanan darah. Allicin yang terkandung dalam bawang putih memblokir aktivitas angiotensin II dan membantu mengurangi tekanan darah. Kandungan polisulfida pada bawang putih diubah menjadi gas yang disebut hydrogen sulfide oleh sel darah merah. Hydrogen sulfide memperbesar pembuluh darah dan membantu mengontrol tekanan darah.
  • Melindungi Jantung
    Bawang putih melindungi jantung kita dari penyakit seperti serangan jantung dan atherosclerosis. Khasiat perlindungan jantung ini dapat memberikan kontribusi pada banyak hal. Seiring dengan pertambahan usia, pembuluh arteri cenderung kehilangan kemampuan untuk meregang. Bawang putih membantu mencegah hal ini dan juga melindungi jantung dari efek merusak radikal bebas. Kandungan sulfur bawang putih juga mencegah penyumbatan pembuluh darah dan memperlambat atherosclerosis (mengerasnya pembuluh arteri). Khasiat anti pembekuan darah yang dimiliki oleh ajoene membantu mencegah terbentuknya darah beku dalam pembuluh darah.
  • Mengurangi Kolesterol
    Khasiat bawang putih yang lain adalah mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol serta mengurangi pembentukan plak pada arteri.
  • Melawan Alergi
    Bawang putih dikenal memiliki khasiat anti-inflamasi yang membantu tubuh melawan alergi. Kandungan anti-arthritic bawang putih berasal dari diallylsulphide dan thiacremonone. Bawang putih terbukti mengurangi alergi. Jus bawang putih mentah dapat digunakan untuk menyembuhkan gatal-gatal dengan cepat akibat ruam dan gigitan serangga.
  • Bawang Putih Mengatasi Masalah Pernafasan
    Mengkonsumsi bawang putih setiap hari dapat mengurangi frekuensi dan jumlah demam. Kandungan antibakteri bawang putih membantu mengobati radang tenggorokan. Bawang putih juga membantu infeksi saluran pernafasan. Khasiat yang diberikan bawang putih dalam menyembuhkan masalah paru-paru seperti asma, masalah pernafasan, dll, menjadikan bawang putih sebagai obat yang sangat berharga. Khasiat bawang putih dalam ekspektorasi menjadikannya sebagai unsur yang tak tergantikan dalam pengobatan bronchitis kronis.
  • Bawang Putih Untuk Obat Diabetes
    Bawang putih juga memiliki khasiat meningkatkan pelepasan insulin dan meregulasi tingkat gula darah pada diabetes.
  • Bawang Putih Untuk Mengatasi Kutil, Bisul dan Jerawat
    Mengoleskan ekstrak bawang putih pada bisul, kutil dan jerawat dapat membantu mengobatinya.
  • Bawang Putih untuk Pencegahan Kanker
    Khasiat bawang putih lain yang tak kalah pentingnya adalah membantu mencegah kanker. Mengkonsumsi bawang putih setiap hari terbukti dapat mengurangi risiko kanker jenis apapun. Kandungan anti-kanker bawang putih berasal dari allylsulphides yang terdapat pada bawang putih. PhIP, salah satu amino heterocyclic (HCA), disebut-sebut sebagai salah satu penyebab meningkatnya kanker payudara pada wanita. Menurut penelitian, diallylsulphide yang ditemukan pada bawang putih mencegah perubahan PhIP menjadi carcinogens.
  • Meningkatkan Metabolisme Zat Besi
    Ferroportin merupakan protein yang membantu penyerapan dan pelepasan zat besi. Diallylsulphides yang terkandung dalam bawang putih meningkatkan produksi ferroportin dan membantu meningkatkan metabolism zat besi.
  • Meningkatkan Gairah
    Kandungan aphrodisiac bawang putih memiliki khasiat untuk meningkatkan sirkulasi (ereksi), mengatasi ejakulasi dini.
  • Sakit Gigi
    Hanya dengan mengaplikasikan bawang putih yang ditumbuk pada gigi yang sakit dapat membantu mengurangi rasa sakit karena kandungan antibakteri dan analgesic dari bawang putih. Namun ingatlah bahwa bawang putih dapat merusak gusi.
  • Mengurangi Berat Badan
    Banyak ilmuwan yang percaya bahwa obesitas merupakan keadaan inflamasi tingkat rendah jangka panjang yang terjadi. Berdasarkan penelitian terkini, bawang putih dapat membantu meregulasi susunan sel lemak pada tubuh. Pra-adipocytes dikonversi menjadi sel lemak (adipocytes) melalui aktivitas sistem inflamasi. Kandungan anti-inflammatori 1, 2-DT (1, 2-vinyldithiin) yang ditemukan pada bawang putih membantu mencegah konversi ini terjadi. Hal inilah yang membantu mencegah bertambahnya berat badan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN BAWANG PUTIH

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI BAWANG PUTIH

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Liliidae
Ordo (Bangsa): Liliales
Familia (Suku): Liliaceae (suku bawang-bawangan)
Genus (Marga): Allium
Species (Jenis): Allium sativum L.

NAMA-NAMA LAIN BAWANG PUTIH
Indonesia: Bawang putih, bawang bodas (Sunda)
Inggris: garlic
Vietnam: Toi
Thailand: Krathiam, hom tiam
Pilipina: Bawang
Cina: da suan

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat BAWANG PUTIH yang meliputi Ciri-ciri BAWANG PUTIH, Klasifikasi BAWANG PUTIH, kandungan zat atau nutrisi BAWANG PUTIH serta khasiat dan manfaat BAWANG PUTIH sebagai tanaman obat

loading...

Kata Kunci Pencarian :

pohon bawang putih | Gambar bawang putih | kandungan bawang putih | kandungan kimia bawang putih | tanaman bawang putih | manfaat alicin | nama latin bawang putih | zat yg terkandung didalam bawang putih | golongan makhluk anti bawang putih | definisi klarifikasi deskripsi bawang putih |
Manfaat Tanaman Bawang Putih, Kandungan dan Klasifikasinya Ahli Pengobatan 23 Jul 2016. Manfaat Tanaman Bawang Putih, Kandungan dan Klasifikasinya

loading… Untuk tanaman yang satu ini, saya kira semuanya sudah sangat tahu ciri-cirinya, karena hampir tiap hari tanaman ini kita makan sebagai bumbu masakan, Akan tetapi tahukah anda Kandungan Zat yang terdapat pada bawang putih ? Berikut ini adalah Khasiat dan Manfaat Bawang Putih Serta klasifikasi tanaman bawang putih A. DESKRIPSI TANAMAN BAWANG PUTIH Bawang […]

4.9 Ahli Pengobatan
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...