Mengkudu – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN MENGKUDU

BUAH
Ciri buah mengkudu adalah Buah majemuk, terbentuk dari bakal-bakal buah yang menyatu dan bongkol di bagian dalamnya; perkembangan buah bertahap mengikuti proses pemekaran bunga yang dimulai dari bagian ujung bongkol menuju ke pangkal; diameter 7,5-10 cm. Permukaan buah majemuk seperti terbagi dalam sekat-sekat poligonal (segi banyak) yang berbintik-bintik dan berkutil, yang berasal dari sisa bakal buah tunggalnya. Warna hijau ketika mengkal, menjelang masak menjadi putih kekuningan, dan akhirnya putih pucat ketika masak.

gambar buah mengkudu

Photo : Buah Mengkudu

Daging buah lunak, tersusun dari buah-buah batu berbentuk piramida dengan daging buah berwarna putih, terbentuk dari mesokarp. Daging buah banyak mengandung air yang aromanya seperti keju busuk atau bau kambing yang timbul karena pencampuran antara asam kaprat (asam lemak dengan sepuluh atom karbon), C10), asam kaproat (C6), dan asam kaprilat (C8). Diduga kedua senyawa terakhir bersifat antibiotik aktif.

POHON
Ciri Pohon mengkudu tidak begitu besar, tingginya antara 4-6 m. batang bengkok-bengkok, berdahan kaku, kasar, dan memiliki akar tunggang yang tertancap dalam.
Kulit batang cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuniangan, berbelah dangkal, tidak berbulu,anak cabangnya bersegai empat. Tajuknya suklalu hijau sepanjang tahun. Kayu mengkudu mudah sekali dibelah setelah dikeringkan. Bisa digunakan untuk penopang tanaman lada.

gambar pohon mengkudu

Photo: Pohon Mengkudu

DAUN
Ciri Daun mengkudu Berdaun tebal mengkilap. Daun mengkudu terletak berhadap-hadapan. Ukuran daun besar-besar, tebal, dan tunggal. Bentuknya jorong-lanset, berukuran 15-50 x 5-17 cm. tepi daun rata, ujung lancip pendek. Pangkal daun berbentuk pasak. Urat daun menyirip. Warna hijau mengkilap, tidak berbulu. Pangkal daun pendek, berukuran 0,5-2,5 cm. Ukuran daun penumpu bervariasi, berbentuk segitiga lebar. Daun mengkudu dapat dimakan sebagai sayuran. Nilai gizi tinggi karena banyak mengandung vitamin A. yg katanya bisa menyembuhkan ambien

gambar daun mengkudu

Photo : Daun Mengkudu

BUNGA
Ciri bunga mengkudu, Bunga tersusun majemuk, perbungaan bertipe bongkol bulat, bertangkai 1-4 cm, tumbuh di ketiak daun penumpu yang berhadapan dengan daun yang tumbuh normal. Bunga banci, mahkota bunga putih, berbentuk corong, panjangnya bisa mencapai 1,5 cm. Benang sari tertancap di mulut mahkota. Kepala putik berputing dua. Bunga itu mekar dari kelopak berbentuk seperti tandan. Bunganya putih, harum.

gambar bunga mengkudu

Photo: Bunga Mengkudu

B. KOMPOSISI/KANDUNGAN ZAT TANAMAN MENGKUDU

Keseluruhan mengkudu merupakan buah makanan bergizi lengkap, mengandung Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang hebat.

Berbagai jenis senyawa yang terkandung dalam mengkudu : xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.

Terpenoid : Zat ini membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.
Zat anti bakteri : Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli. Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S. pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus.

Scolopetin : Senyawa scolopetin sangat efektif sebagi unsur anti peradangan dan anti-alergi.
Zat anti kanker : Zat-zat anti kanker yang terdapat pada mengkudu paling efektif melawan sel-sel abnormal.
Xeronine dan Proxeronine : Salah satu alkaloid penting yang terdapat di dalam buah mengkudu adalah xeronine. Buah mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tapi banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) xeronine alias proxeronine dalam jumlah besar. Proxeronine adalah sejenis asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUAH MENGKUDU

Manfaat buah mengkudu untuk kesehatan wanita :

  1. Buah mengkudu Untuk memulihkan PMS (Premenstrual Syndrome)
    Wanita yang lebih sensitif dan rentan marah ketika menjelang menstruasi dikarenakan adanya perubahan hormon dapat diminimalisir oleh buah mengkudu yang memiliki senyawa-senyawa aktif yang membantu menenangkan emosi sehingga anda tidak mengalami perubahan mood yang terlalu tinggi. Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa buah mengkudu dapat membantu memulihkan beberapa penyakit termasuk mengatasi sindrom menstruasi.
  2. Untuk membantu menjaga kesehatan tulang
    Buah mengkudu memiliki khasiat untuk penderita osteoporosis karena kandungan asam kapril, metil asetil, morindin, morindone, morindadiol dan sorandiyiol yang mampu meningkatkan kekuatan tulang. Bagi wanita dengan usia 40-50 memiliki kemungkinan tinggi dalam keropos tulang. Mengkonsumsi jus mengkudu secara teratur akan membantu anda dalam menjaga kesehatan tulang. Bagi anda yang belum terbiasa dapat mengkonsumsi olahan buah mengkudu dalam bentuk pil.
  3. Buah mengkudu Untuk kanker
    Ancaman kanker pada wanita memang sangat menakutkan apalagi kanker payudara dan kanker serviks oleh kerena itu anda harus mengkonsumsi makanan dengan kandungan anti kanker. Buah mengkudu merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk anti kanker, anda dapat mengkonsumsi jus buah mengkudu.
  4. Buah mengkudu Untuk kesehatan rambut dan kulit
    Buah mengkudu berguna dalam menjaga kondisi rambut dan kulit. Bagi anda yang ingin menjaga kulit tetap kencang dan awet gosokan mengkudu dengan mengupasnya lalu dibilas sedangkan untuk kulit kepala adalah dengan menggosokannya pada kulit kepala.

Buah Mengkudu memiliki beberapa khasiat dan manfaat, berikut ini adalah beberapa khasiat buah mengkudu dan cara meramunya

  1. Buah mengkudu Mengatasi Hipertensi
    Tekanan darah tinggi bisa diatasi dengan ramuan buah mengkudu. Caranya, sediakan 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 sendok makan madu. Buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu. Ramuan ini diminum dua hari sekali.
  2. Buah mengkudu Menyembuhkan Batuk
    Manfaat buah mengkudu yang lainnya adalah mengobati batuk. Caranya adalah dengan membuat ramuan yang terdiri dari 1 buah mengkudu dan ½ genggam daun poo (bujanggut). Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal tersisa 1 gelas. Saring airnya, lalu diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.
  3. Buah mengkudu Obat Sakit Perut
    Khasiat buah mengkudu yang selanjutnya adalah sebagai obat sakit perut. Jika Anda atau keluarga terkena sakit perut, ambil saja 2-3 lembar daun mengkudu. Setelah dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus, ditambah garam dan diseduh air panas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum.
  4. Buah mengkudu Mengobati Sakit Kuning
    Bahan yang diperlukan adalah 2 buah Mengkudu yang telah masak di pohon dan 1 potong gula batu. Cara membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata. Saring airnya, diminum dan diulangi 2 hari sekali.
  5. Buah mengkudu untuk mengatasi Demam, Masuk angin dan infuenza
    Bahan yang dibutuhkan adalah 1 buah mengkudu dan 1 rimpang kencur. Kedua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hingga tinggal 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan rauan tersebut diminum dua kali sehari, tiap pagi dan sore.
  6. Buah mengkudu untuk Mengatasi kulit bersisik
    Buah mengkudu yang sudah masak di pohon memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk kecantikan, buah mengkudu bisa digunakan untuk menghaluskan kulit. Caranya, bagian kulit yang bersisik digosok dengan buah mengkudu tersebut sampai merata, dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian dibersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Akhir-akhir ini buah mengkudu sudah dijadikan ekstrak dan dijual dalam kemasan. Baik dalam bentuk sirup maupun jus, jus mengkudu ini dikenal juga dengan nama jus Noni, Namun anda tidak perlu untuk membeli jus tersebut, anda dapat mengolahnya sendiri, Berikut ini cara mengkonsumsi mengkudu yang baik dan benar untuk mendapatkan khasiatnya secara maksimal:

  • Ambil 2 atau 3 buah mengkudu yang besar dan setengah matang dengan ciri-ciri warnanya kuning namun belum berbau.
  • Setelah itu kupas dan buang bijinya, potong-potong kemudian masukkan kedalam blender. Anda dapat mencampurnya dengan buah apel atau anggur untuk tambahan.
  • Setelah semua bahan benar benar cair dan menyatu, kemudian campurkan syrup untuk rasa, bisa juga menambahkan madu.
  • Terakhir, saring dan minum segera saat masih dalam keadaan segar.

Reaksi yang muncul dari mengkonsumsi jus mengkudu ini adalah tubuh akan terasa lebih segar, tidur menjadi lebih nyenyak, siklus sistem percernaan menjadi lancar, dan lebih bersemangat serta gairah kerja meningkat.

Catatan : Jangan mencampur jus tersebut dengan teh, kopi, ataupun minuman beralkohol karena dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan khasiat dari buah mengkudu.

D. KLASIFIKASI IMLIAH TANAMAN MENGKUDU

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Mengkudu

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Rubiales
Familia (Suku): Rubiaceae (suku kopi-kopian)
Genus (Marga): Morinda
Species (Jenis): Morinda citrifolia L.

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN MENGKUDU
Nama Latin Mengkudu : Bancudus Latifolia Rumph
Nama Indonesia: keumeudee (Aceh); pace, kemudu, kudu (Jawa); cangkudu (Sunda); kodhuk
Inggris: Noni
Pilipina: Noni, Bankoro, Apatot
Cina: ji shu
Hawaii : noni
Tahiti : nono
Tonga : nonu
Myanmar : ungcoikan
Hindi : ach

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Mengkudu yang meliputi Ciri-ciri Mengkudu, Klasifikasi Mengkudu, kandungan zat atau nutrisi Mengkudu serta khasiat dan manfaat Mengkudu sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri mengkudu | buah mengkudu | ciri ciri fisik mengkudu | ciri ciri tanaman mengkudu | ciri ciri daun mengkudu | ciri ciri buah mengkudu | ciri-ciri mengkudu | gambar pohon mengkudu | ciri mengkudu | tanaman mengkudu |
Mengkudu – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 28 Nov 2014. Mengkudu – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN MENGKUDU BUAH Ciri buah mengkudu adalah Buah majemuk, terbentuk dari bakal-bakal buah yang menyatu dan bongkol di bagian dalamnya; perkembangan buah bertahap mengikuti proses pemekaran bunga yang dimulai dari bagian ujung bongkol menuju ke pangkal; diameter 7,5-10 cm. Permukaan buah majemuk seperti terbagi dalam sekat-sekat poligonal (segi banyak) yang berbintik-bintik dan […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...