Tanaman A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Mentha, Menthol, Mint

TANAMAN MENTHA
Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama tanaman daun menthol atau daun mint, hal ini karena daunnya mempunyai rasa mint atau menthol yaitu rasa yang hangat dan menyegarkan.
Tanaman ini merupakan tanaman penghasil minyak permen, cormint dan menthol, Minyak ini diperoleh dengan cara menyuling ternanya (batang dan daun), sehingga minyak yang sudah diisolasi mentholnya disebut dementholized oil (DMO) (Ref: Hadipoentyanti, 2012).
gambar daun menthol

A. CIRI-CIRI TANAMAN MENTHOL

Secara umum, tanaman mint atau menthol ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
tanaman daun mint

  • Tinggi tanaman 30.5 – 91.5 cm, dengan batang tegak atau menjalar dan berbulu pendek.
  • Daun berukuran panjang 1.3 – 1.5 cm dan lebar 1 – 3.2 cm, bnerbentuk lanset (laceolate) sampai setenga bundar (suborbiculer). Pangkal daun berbentuk pasak (cuneate) atau membundar (rounded). Ujung daun runcing (acute) sampai segitiga tumpul (obtuse). Tepi daun beringgit dangkal (creneate) atau bergerigi (sreeate), tangkai daun berbulu.
  • Bunga berbentuk karangan melingkar diketiak daun. Daun pelindung (brachtea) berbentuk seperti daun tetapi berukuran lebih kecil. Tangkai bunga pendek licin (glabrous) atgau berbulu.
    Kelopak bunga berbulu pada seluruh permukaan. Mahkota bunga berwarna putih sampai ungu, bagian luarnya berbulu, berbentuk tabung dengan bagian atas lebih lebar (funnel form). Benangsari berjumlah empat menyebar dengan panjang yang sama dan terjulur sendangkan putik berjumlah satu.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN MENTHOL atau MINT

Kandungan utama dari tanaman mentha adalah terletak pada daunnya, yaitu menthol, menthone dan metil asetat, dengan kandungan menthol tertinggi (73,7-85,8%) (Ref: Hadipoentyanti, 2012; Padalia et al, 2013). Selain itu, kandungan monoterpene, menthofuran, sesquiterpene, triterpene, flavonoid, karotenoid, tannin dan beberapa mineral lain juga ditemukan dari minyak daun mint(Ref:Liest, 1998 cit Patil et al, 2012).
daun mint herbal
Menthol berkhasiat sebagai obat karminatif (penenang), antispasmodic (antibatuk) dan diaforetik (menghangatkan dan menginduksi keringat). Minyak Mentha piperita L. mempunyai sifat mudah menguap, tidak berwarna, berbau tajam dan menimbulkan rasa hangat diikuti rasa dingin menyegarkan. Minyak ini diperoleh dengan cara menyuling ternanya (batang dan daun), sehingga minyak yang sudah diisolasi mentholnya disebut dementholized oil (DMO) (Hadipoentyanti, 2012).

Loading...

C. KHASIAT DAN MANFAAT DAUN MINT ATAU TANAMAN MENTHOL

Daun mint banyak dimanfaatkan dalam industri farmasi, rokok, makanan antara lain untuk pembuatan pasta gigi, minyak angin, balsam, kembang gula dan lain-lain (Hadipoentyanti, 2012).
Berdasarkan penggunaannya : sebagai bumbu, mint (Mentha piperita L.) dapat digunakan untuk bumbu daging, ikan, saus, sup, masakan rebus, cuka, minuman teh, tembakau, dan minuman anggur.
Ujung daun yang segar dari seluruh jenis mint juga digunakan dalam minum-minuman, buah, saus apel, es krim, jeli, salad, dan sayur.
khasiat dan manfaat daun mint

Dalam dunia kedokteran, kandungan ekstrak minyak daun mint yang mudah menguap yaitu menthol digunakan untuk sakit perut, pereda batuk, inhalasi, mouthwashes, pasta gigi, dsb. Daun mint (Mentha piperita L.) digunakan oleh para herbalis sebagai antiseptik, antipruritik, dan obat karminatif.

Estrak tanamannya memiliki kandungan radioprotektif, antioksidan, antikarsinogenik, antialergik, antispasmodik. Selain itu, aroma dari peppermint dapat digunakan sebagai inhalan untuk sesak napas, bahkan peppermint tea juga digunakan untuk pengobatan batuk, bronchitis, dan inflamasi pada mukosa oral dan tenggorokan (Datta, 2011).

Berikut ini adalah manfaat dari tanaman mentha sebagai obat

loading...
  • Untuk TBC
    Sebuah studi yang dilakukan tahun 2009 menemukan bahwa menghirup minyak esensial dari mint bisa dengan cepat meredakan peradangan pada tuberkulosis. Kesimpulan yang ditulis oleh peneliti adalah “Prosedur ini bisa digunakan untuk mencegah kekambuhan dan eksaserbasi pada TB paru.”
  • Obat alami Batuk, Flu dan demam
    mint pada umumnya digunakan dalam beberapa obat flu dan pilek, karena penelitian sudah membuktikan jika mint dapat mematikan virus dan kuman. Selain itu, tanaman herbal ini juga diketahui memiliki efek menenangkan dan meredakan rasa sakit; dengan demikian bisa menghilangkan rasa badan sakit-sakit yang umum menyertai sakit flu. Tak hanya itu, mentol dalam peppermint juga efektif menghilangkan lendir dan memecah dahak, yang sangat membantu untuk meredakan batuk dan hidung tersumbat. Mentol adalah bahan yang umum dalam dekongestan, yang juga merupakan bahan umum dalam obat gosok yang digunakan pada dada untuk meredakan nyeri dada yang dialami karena pilek dan flu.
  • Meringankan gejala maag
    Mengambil minyak mint secara oral bersama-sama dengan minyak jinten sepertinya bisa mengurangi perasaan kenyang dan perut kejang. Produk kombinasi spesifik yang mengandung mint sepertinya bisa meringankan gejala sakit maag, termasuk asam lambung tinggi, nyeri perut, kram, mual, dan muntah.
  • Meredakan Sakit kepala
    Minyak mint bisa membantu meringankan ketegangan pada saat sakit kepala. Jika sakit kepala, cobalah mengoleskan beberapa tetes minyak mint pada pergelangan tangan atau memercikan beberapa tetes pada kain, kemudian dihirup. Anda juga bisa memijatkan minyak secara langsung pada pelipis dan dahi.
  • Meringankan Asma dan Melegakan pernafasan
    Mint mengandung asam rosmarinic yang juga ditemukan dalam rosemary, yang bisa membantu mengurangi zat kimia penyebab peradangan pada penderita asma.
    Minyak mint bekerja sebagai ekspektoran dan dekongestan, yaitu dapat membantu membersihkan saluran pernapasan. Gunakan minyak esensial mint untuk menggosok dada atau menghirupnya melalui vaporizer untuk membantu meringankan hidung tersumbat dan meredakan batuk karena gejala pilek.
  • Meringankan Kram akibat menstruasi
    Minum satu cangkir teh yang terbuat dari herbal ini sebanyak 2 atau 3 kali sehari selama menstruasi bisa membantu menenangkan kram akibat menstruasi.
  • Mengurangi bau mulut tak sedap
    Penelitian awal menunjukkan bahwa kombinasi minyak pohon teh, mint, dan minyak lemon bisa menghilangkan bau nafas ketika digunakan selama 3 menit dalam mulut.
  • Mengusir Kutu Rambut
    mint juga diketahui sebagai bahan alami untuk mengusir serangga alami. Oleh karena itu, menerapkan minyak peppermint secara menyeluruh pada rambut selama sekitar 30 menit sebelum mandi bisa membantu mengusir kutu kepala. Hal ini harus diulang setiap tiga kali dalam seminggu sampai kutu rambut sudah tidak ditemukan lagi. Namun jika Anda mengalami iritasi kulit kepala, Anda bisa mencoba mengencerkan minyak peppermint dengan sedikit minyak zaitun.
  • Pencegahan kanker
    Keterkaitan antara mint dan efek anti kanker masih dalam tahap penelitian. Namun Salah satu fitonutrisi dalam mint telah menunjukkan sifat menghentikan perkembangan tumor pada hewan, yaitu tumor di pankreas dan hati, yang pada umumnya lebih sulit disembuhkan. Efek melindungi terhadap kanker juga telah teliti untuk kanker paru-paru, usus dan kanker kulit pada hewan

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN MENTHA / MENTHOL / MINT

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI MENTHA / MENTHOL / MINT

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Lamiales
Familia (Suku): Lamiaceae ⁄ Labiatae – Mint family
Genus (Marga): Mentha L. – mint
Species (Jenis): Mentha

NAMA-NAMA LAIN MENTHA / MENTHOL / MINT
Tanaman mentha ini mempunyai banyak sekali spesies, antara lain :

  • Mentha L
  • Mentha aquatica L – Water mint
  • Mentha arvensis – Corn Mint, Wild Mint, Japanese Peppermint, Field Mint
  • Mentha cervina – Hart’s Pennyroyal
  • Mentha citrata – Bergamot mint
  • Mentha crispata – Wrinkled-leaf mint
  • Mentha cunninghamia
  • Mentha dahurica – Dahurian Thyme
  • Mentha diemenica – Slender mint
  • Mentha laxiflora – Forest mint
  • Mentha longifolia – Horse Mint
  • Mentha nemorosa – large apple mint, foxtail mint, hairy mint, woolly mint, Cuban mint
  • Mentha pulegium – Pennyroyal
  • Mentha requienii – Corsican mint
  • Mentha sachalinensis – Garden mint
  • Mentha satureioides – Native Pennyroyal
  • Mentha spicata – Spearmint, Curly mint
  • Mentha suaveolens – Apple mint, Pineapple mint
  • Mentha vagans – Gray mint

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat mint atau menthol yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Kata Kunci Pencarian :

ciri-ciri daun mint | Tanaman menthol |
Mentha, Menthol, Mint Ahli Pengobatan 03 Jan 2019. Mentha, Menthol, Mint

TANAMAN MENTHA Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama tanaman daun menthol atau daun mint, hal ini karena daunnya mempunyai rasa mint atau menthol yaitu rasa yang hangat dan menyegarkan. Tanaman ini merupakan tanaman penghasil minyak permen, cormint dan menthol, Minyak ini diperoleh dengan cara menyuling ternanya (batang dan daun), sehingga minyak yang sudah diisolasi […]

4.9

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Semua informasi yang ada dalam situs tanobat.com ditujukan hanya untuk pengetahuan semata. Informasi yang ada dalam situs ini berasal dari berbagai sumber dan kami tidak menjamin kebenaran dan atau kevalidan data dari setiap informasi yang ada. Tanobat.com tidak bertanggung jawab atas segala risiko baik langsung maupun tidak langsung yang timbul sebagai akibat dari penggunaan Informasi dalam situs ini.