Mentimun – Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat dan Khasiatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN MENTIMUN

Daun tunggal, letak berseling, bertangkai panjang, bentuknya bulat telur lebar, bertaju 3-7, dengan pangkal berbentuk jantung, ujung runcing, tepi bergerigi. Panjang 7-18 cm, lebar 7-15 cm, warnanya hijau. Bunganya ada yang jantan berwarna putih kekuningan, dan bunga betina yang bentuknya seperti terompet.

mentimun tanaman obat

Gambar Tanaman Mentimun

Buah mentimun berbentuk bulat panjang, tumbuh bergantung, warnanya hijau dengan lari-larik putih kekuningan, setelah tua warnanya kuning kotor, panjang 10–30 cm, bagian pangkal berbintil, banyak mengandung cairan. Bijinya banyak, bentuknya lonjong meruncingi pipih, warnanya putih kotor. Daun dan tangkai muda bisa dimakan sebagai lalab mentah atau dikukus.

buah ketimun mentimun timun

Gambar Buah Mentimun

Buahnya bisa dimakan mentah, direbus, dikukus atau disayur. Bisa juga dibuat acar atau dimakan bersama rujak.

Timun dibudidayakan dimana-mana, baik di ladang, halaman rumah atau di rumah kaca. Tanaman ini tidak tahan terhadap hujan yang terus menerus. Pertumbuhannya memerlukan kelembaban udara yang tinggi, tanah subur yang gembur dan mendapat sinar matahari penuh dengan drainage yang baik. Ketimun sebaiknya dirambatkan ke para-para dan tumbuh baik dari dataran rendah sampai 1.300 m dpl.

Tanaman ini diduga berasal dari daerah pegunungan Himalaya di India Utara. Tanaman semusim, merayap atau merambat, berambut kasar, berbatang basah, panjang 0,5-2,5 m. Tanaman ini mempunyai sulur dahan berbentuk spiral yang keluar di sisi tangkai daun.

Banyak jenis ketimun yang ada di pasar, seperti timun suri, ketimun biasa, ketimun krai, ketimun wuku, ketimun poan dan ketimun watang.

B. KANDUNGAN NUTRISI MENTIMUN

Zat apa saja yang terdapat dalam tanaman mentimun :
Kandungan kimia : Biji: Minyak lemak, karoten. Daun: Kukurbitasin C, stigmasterol. Buah juga mengandung sedikit saponin, enzym pencernaan, glutathione, protein, lemak, karbohidrat, vitamin B dan C.
Sifat kimiawi dan efek farmakologis : Buah: Penyegar badan, penyejuk, peluruh kencing, menghaluskan dan melemaskan kulit. Daun: Perangsang muntah.

C. MANFAAT DAN KHASIAT KETIMUN

MANFAAT KETIMUN UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

  1. Tidak hanya dagingnya, bijinyapun juga sangat bermanfaat. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus. Biji juga memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan .
  2. Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.
  3. Ketimun adalah salah satu sumber kalium (potassium) terbaik, yaitu mengandung 147 miligram kalium per 100 gram. Senyawa Elektrolit yang ramah jantung ini bermanfaat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi denyut jantung dengan meminimalkan efek natrium.
  4. Ketimun mengandung antioksidan seperti B karoten, karoten, zea – xanthin dan lutein. Senyawa-senyawa ini bertindak sebagai pembersih radikal bebas yang umum menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.
  5. Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram .Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. Menkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis.
  6. Juga memiliki atribut penyembuhan bagi kondisi yang ada kaitannya dengan penyakit kandung kemih dan ginjal. Kandungan air dalam mentimun yang membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.
  7. Masalah pencernaan seperti mulas, asam lambung, gastritis dan bahkan tukak lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rutin mentimun atau jus mentimun. Enzim yang disebut Erepsin dalam ketimun juga membantu dalam pencernaan protein.
  8. Ekstrak mentimun juga dikenal untuk mengurangi peradangan, karena aktivitas enzim inflamasi pro seperti cyclo – oxyenase yang bekerja mencegah produksi oksida nitrat yang menyebabkan peradangan yang berlebihan.
  9. Jus mentimun mengandung hormon yang sangat dibutuhkan oleh pankreas untuk memproduksi insulin yang sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Tembaga yang juga terkandung dalam mentimun juga membantu untuk menghasilkan sel darah yang sehat, dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  10. Sayuran hijau segar ini juga mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ini adalah 3 lignan sangat terkait dengan pengurangan risiko mengembangkan beberapa jenis kanker seperti kanker payud*ra, kanker usus, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat. Ketika kita mengkonsumsi lignan, bakteri yang ditemukan di saluran pencernaan akan ditangkap oleh lignan ini, dan diubah menjadi enterolignans. Enterolignans ini mengikat ke reseptor estrogen, untuk mengurangi estrogen penyakit seperti terkait kanker.
  11. Baik untuk mendukung kesehatan gigi dengan mencegah timbulnya bau mulut. Fitokimia yang ada dalam sayuran ini akan mematikan bakteri penyebab bau mulut. Ambil seiris mentimun dan tekan-tekan ke langit-langit mulut dengan lidah Anda selama 30 detik. Fitokimia akan mematikan bakteri penyeba bau mulut. Mentimun mentah dapat meningkat air liur, dan membawa netralisasi asam dan alkali dalam rongga mulut. Jus sayuran ini juga efektif mengobati penyakit gusi.
  12. Ketimun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan mabuk dan sakit kepala. Hal ini karena mereka membantu rehidrasi nutrisi tubuh, serta menghilangkan racun dari asupan alk*hol. Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur, vitamin B dan elektrolit dalam sayuran ini akan mengurangi intensitas mabuk dan sakit kepala.
  13. Memiliki sifat diuretik ringan karena kandungan kalium dan kadar air yang tinggi. Juga mengandung mangan dan serat yang bermanfaat mengatur tekanan darah, baik darah tinggi dan tekanan darah rendah. Uap yang dihasilkan saat mendidihkan mentimun bisa dihirup untuk pereda stres, menenangkan dan melemaskan otot-otot dan indera.
  14. Mentimun mengandung 95 % air yang bermanfaat untuk menghidrasi tubuh dan menghilangkan racun. Kadar air yang tinggi dalam mentimun bekerja sebagai pembersih sistem dan mengeluarkan produk limbah segera keluar.
  15. Sayuran ini juga mengandung Vitamin K , dimana yang sangat penting untuk memperkuat tulang dengan mempromosikan aktivitas orthotropic. Tingginya silika juga bermanfaat bagi kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat. Juga merupakan sumber kalsium yang baik, sehingga cocok untuk diet vegan. Mengkonsumsi cukup kalsium juga akan menjaga tubuh keseimbangan hormon dengan mengendalikan pelepasan hormon.
  16. Mengandung properti pemutih ringan yang dapat membalikkan tanning kulit, sehingga mendapatkan kulit muda dan bersinar .
  17. Jika Anda khawatir tentang kantung mata, maka mentimun bisa membantu Anda. Asam askorbat dan asam caffeic dalam mentimun bisa membantu nmengurangi pembengkakan di sekitar mata.
  18. Mentimun yang diiris atau dihaluskan yang di terapkan pada kulit akan membantu masalah kulit akibat terbakar oleh sinar matahari. Hal ini merupakan cara alami dan lembut untuk mengobati luka bakar akibat matahari .
  19. Penggunaan paling umum lainnya adalah untuk meningkatkan peremajaan kulit. Tambahkan jus mentimun dengan beberapa tetes jus lemon, dan menggunakannya sebagai masker wajah. Hal ini akan memperbaiki kulit dan akan menambah kecerahan.
  20. Mentimun juga bisa Anda gunakan untuk mengobati pori-pori terbuka. Ekstrak sayuran ini dan gunakan sebagai toner. Anda juga bisa mencampurnya dengan cuka sari apel, bubur tomat dan gel Aloe Vera gel agar bisa menjadi lebih efektif.
  21. Mentimun juga bisa membantu untuk membuang selulit pada paha. Campurkan beberapa sendok kopi bubuk , jus mentimun dan madu untuk membuat pasta tebal. Terapkan ini pada daerah yang terkena selulit, bungkus dengan kain muslin dan kelupas secara perlahan setelah 30 menit. Makan sayuran ini dalam keadaan segar juga dapat mengobati selulit .
  22. Mentimun mengandung 95 % air yang berguna untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan lembab. Bijinya yang juga kaya akan vitamin E dan potasium akan membantu mengurangi garis halus, keriput, noda hitam dan tanda-tanda penuaan.
  23. Menempatkan irisan mentimun pada mata juga bisa mengurangi munculnya lingkaran hitam dengan cepat. Banyaknya kandungan antioksidan dan silika dalambuah ini dapat meremajakan kulit dan memudarkan lingkaran hitam pada mata. Tempatkan 2 iris mentimun pada mata dan biarkan selama 20 menit, atau Anda juga bisa berendam 2 bola kapas kedalam jus mentimun dan menempatkannya pada mata Anda.
  24. Anda juga dapat menggunakan mentimun yang diparut parut untuk mengobati bintik-bintik dan noda hitam. Terapkan jus mentimun seluruh wajah untuk mengobati bintik-bintik wajah. Mentimun akan memberikan banyak keuntungan bila digunakan sebagai masker wajah. Parutan mentimun atau jus mentimun dapat digunakan sebagai unsur utama masker wajah untuk mengobati keriput, jerawat dan masalah kulit lainnya .
  25. Mentimun dalam bentuk jus berkontribusi bagi pertumbuhan rambut, terutama karena kandungan silikon, sulfur sodium, fosfor dan kalsium, yang merupakan nutrisi yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut . Rutin Minum jus ketimun setiap hari baik untuk mengontrol rambut rontok.
  26. Jus mentimun juga dapat digunakan untuk membilas rambut, sehingga rambut menjadi halus dan mengkilap.

Selain manfaat ketimun untuk kesehatan dan kecantikan, mentimun mempunyai manfaati lain juga lho :

download lagu dangdut
  • Sayuran tinggi air ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada alat yang terbuat stainless steel di rumah, sehingga menjadi mengkilat lagi.
  • Bahan kimia dalam sayuran ini melepaskan aroma yang menarik hama dan serangga, caranya : Letakkan irisan mentimun dalam wadah, kemudian taruh disekitar kebun untuk mengendalikan hama siput.
  • Bahan kimia yang ditemukan dalam mentimun juga digunakan dalam pembuatan poles pengkilap sepatu.

D. KLASIFIKASI ILMIAH MENTIMUN

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut adalah tabel klasifikasi mentimun

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Dilleniidae
Ordo (Bangsa): Violales
Familia (Suku): Cucurbitaceae (suku labu-labuan)
Genus (Marga): Cucumis
Species (Jenis): Cucumis sativus L.

NAMA-NAMA LAIN MENTIMUN
Nama Latin (Binomial): Cucumis sativus L.
Nama Lokal Indonesia: Bonteng, ketimun, timun, temon, antemon, boyuk (Jawa); Dimu, timu, kadingir, kariri, karere, daka, koto (Sumatra); Kimuni, ancimun, cimen, ansimun, melike, laiseu (Sumatra); Betiak, betik, lepang (Kalimantan), Suai, bojo (Sulawesi).
Inggris: cucumber
Melayu: Temun
Thailand: Teng-kwa lek
Pilipina: Pipino

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Mentimun yang meliputi ciri-ciri Mentimun, klasifikasi Mentimun, kandungan zat atau nutrisi Mentimun serta khasiat dan manfaat Mentimun

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri mentimun | ciri ciri timun | ciri-ciri mentimun | ciri timun | ciri ciri tanaman timun | ciri ciri tanaman mentimun | karakteristik mentimun | ciri-ciri timun | karakteristik timun | Ciri tanaman timun |
Mentimun – Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat dan Khasiatnya Ahli Pengobatan 06 Des 2014. Mentimun – Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat dan Khasiatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN MENTIMUN Daun tunggal, letak berseling, bertangkai panjang, bentuknya bulat telur lebar, bertaju 3-7, dengan pangkal berbentuk jantung, ujung runcing, tepi bergerigi. Panjang 7-18 cm, lebar 7-15 cm, warnanya hijau. Bunganya ada yang jantan berwarna putih kekuningan, dan bunga betina yang bentuknya seperti terompet. Buah mentimun berbentuk bulat panjang, tumbuh bergantung, warnanya […]

4.9 Ahli Pengobatan
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...