Miana – Jawer Kotok

loading...

Miana merupakan sejenis tanaman semak yang tingginya bisa mencapai 1,5 meter. di Daerah sunda tanaman ini mempunyai nama jawek kotok, di jawa tengah disebut Iler.
nama latin tanaman jawer kotok Solenostemon scutellarioides (L.) Codd – common coleus

Tanaman ini mempunyai nama ilmiah ‘plectranthus scutellaroides’ Sinonim ‘Coleus blumei‘ dan ‘Solenostemon scutellarioides‘ juga banyak digunakan untuk spesies ini.

Tanaman Miana/Jawer Kotok/Iler ini memiliki daun berwarna ungu kehitam-hitaman menyerupai hati dan pada sisinya bergerigi, tanaman ini termasuk tanaman semusim.

Pembudidayaan tanaman jawer kotok sangatlah mudah, karena dengan cara dipotong, dan kemudian distek pada batangnya, maka bisa mudah tumbuh dan berkembang, tanpa perawatan khusus.

A. CIRI-CIRI TANAMAN MIANA – JAWER KOTOK

BATANG
Berbatang lunak dengan bentuk percabangan monopodial

DAUN
Daunnya berwarna ungu, merupakan daun tunggal berbentuk bulat telur. Ujung daun meruncing dengan tepian rata dan pangkal yang tumpul. Pertulangannya menyirip dengan panjang 7-11 cm, lebar 5-7 cm, panjang tangkai ± 3 cm.

BUNGA
Merupakan bunga majemuk berbentuk tandan di ujung batang. Kelopaknya berwarna hijau muda berbentuk corong. Mahkota bunga berwarna ungu keputih-putihan berbentuk seperti bibir . Memiliki dua benang sari berwarna putih dan putik kecil yang berwarna ungu.

BUAH dan BIJI
Buah Miana berwarna hijau ketika muda dan berubah coklat pada saat matang atau tua. Bentuknya bulat dan kotak, terdapat biji kecil, pipih, mengkilat berwarna hitam.

AKAR
Berakar tunggang dengan warna kuning keputih-putihan.

manfaat tanaman miana coleus

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN JAWER KOTOK / Miana

Berdasarkan hasil dari penelitian Moelyono Moektiwardoyo dari Unpad, diketahui bahwa jawer kotok mengandung flavonoid yang bisa berperan sebagai anti-inflamasi, anti-hipertensi, dan juga anti-kanker.
“Flavonoid adalah metabolit sekunder yang dilaporkan mempunyai berbagai aktivitas farmakologi, antara lain sebagai anti-oksidan, anti-inflamasi, anti-mutagenik, anti-kanker, anti-viral, anti-bakteri, dan anti-hipertensi,”
“Penelusuran pustaka juga menunjukan bahwa daun jawer kotok mengandung metabolit sekunder golongan polifenolat, flavonoid, mono dan seskuiterpenoid, serta saponin.

Setelah melakukan penelitian secara kimia menggunakan metode Kramatografi Gas-Spektrometri Massa, diketahui bahwa dalam daun jawer kotok terkandung senyawa kimia golongan flavonoid dan minyak asitri. “Senyawa golongan flavonoid diidentifikasi sebagai kuersetrin, sedangkan komponen minyak asitri teridentifikasi sebanyak 49 komponen,” ungkap Moelyono.

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN JAWER KOTOK

  • Mengobati Bisul
    Sediakan daun miana sebanyak 8 lembar, cuci dan giling sampai halus, tambahkan air bersih secukupnya, setelah itu usapkan pada bisul.
    Cara kedua : Panaskan daun miana di atas api, namun jangan sampai gosong. Setelah itu tempelkan daun miana pada bagian tubuh yang mengalami bisul, kompres hingga beberapa menit. Lakukan hal ini hingga bisul anda sembuh dan juga mengering.
  • Mengobati Keputihan
    Ambil seperempat genggam daun, cuci kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal seperempat bagian, setelah dingin minum sebanyak 3x sehari (setiap kali minum 1/4 gelas)
    Menghilangkan rasa mulas : Kunyah 6 lembar daun miana dengan menambahkan garam secukupnya, sesudah itu minumlah air hangat yang sudah dimasak
  • Mengobati Radang Anak Telinga
    Ambil 1/2 genggam daun, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus, tambahkan air mask 3 sendok lalu diperas (disaring), teteskan air perasan tersebut sebanyak 3-5 tetes ke anak telinga yang meradang, lakukan hal ini 3-4 kali sehari
  • Membasmi Cacing Tambang
    Cuci seperempat genggam daun, lalu giling sampai halus, tambahkkan air masak setengah cangkir, madu satu sendok makan, kemudian peras dan saring, minumlah ramuan ini 3x sehari (resep ini untuk sekali minum)
  • Membantu Mengobati Wasir
    Siapkan kira-kira 20 lembar daun miana dan juga satu ruas unyit, rebus bahan-bahan tersebut hingga mendidih dengan menggunakan 5 gelas air. setelah dingin, minum satu gelas ramuan setiap harinya, hal ini akan membantu menyembuhkan wasir.
  • Terlambat Datang Bulan
    Sediakan helai daun jawer kotok yang telah dibersihkan bisa langsung direbus dalam 2 gelas air, dan tunggu hingga menyisakan setengahnya. Setelah dingin,, silakan saring, kemduian minum secara rutin sehari satu kali.
  • Mengobati Diabetes
    Rebus batang, daun dan juga bunga dari tanaman daun miana hingga mendidih. Setelah itu, anda cukup meminum rebusan tersebut secara teratur, untuk membantu menurunkan kadar gula darah anda.

manfaat tumbuhan jawer kotok coleus

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN JAWER KOTOK

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI JAWER KOTOK

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Lamiales
Familia (Suku): Lamiaceae ⁄ Labiatae – Mint family
Genus (Marga): Solenostemon Thonn. – solenostemon
Species (Jenis): Solenostemon scutellarioides (L.) Codd – common coleus

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN JAWER KOTOK
Nama Daerah : Sigresing (Batak), Adong-adong (Palembang), Jawek Kotok (Sunda), Iler (Jawa Tengah), Ati-ati (Bugis) dan Serewung (Minahasa)
Synonim : Coleus blumei Benth, Coleus pumilus Blanco (dwarf coleus), Coleus scutellarioides (L.) Benth. (common coleus), Plectranthus blumei (Benth.) Launert, Plectranthus scutellarioides (L.) R. Br

Tinggalkan komentar