Murbei – Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat Serta Khasiatnya

loading...

A. CIRI-CIRI MURBEI

Tanaman murbei mempunyai tinggi kurang lebih 4-5 meter, batangnya ditumbuhi bintik-bintik putih kekuningan, penampangnya mencapai 15cm, berdaun tunggal dengan bentuk segitiga atau bulat telur, daunnya kalau kita raba terasa kasar, tepinya bergerigi, ujungnya runcing, dan pangkalnya tumpul, pertulangan daun menyirip.

Murbei tanaman obat

Gambar Tanaman Murbei

Panjang daunnya kurang lebih 20 cm dan lebarnya 10 cm, kelopak bunganya berbentuk segitiga atau mendekati bulat telur, warnanya hijayu keunguan, sedang mahkota bunganya berbentuk taji.

Buahnya yang bila masih muda berwarna hijau dan setelah masak berwarna ungu kehitaman dan manis rasanya.

buah murbei

Gambar Buah Murbei

Tanaman Murbei adalah sebuah genus yang terdiri dari 10–16 spesies pohon tertentu yang asli berasal dari daerah panas sedang dan subtropis di Asia, Afrika dan Amerika. Mayoritas spesies asli berasal dari Asia. Salah satunya yang terkenal adalah di desa Andaleh, kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang telah mencapai usia lebih dari 120 tahun

B. KANDUNGAN ZAT MURBEI

Daun murbei mengandung ecdysterone, inokosterone, lupeol, betasitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopoletin, scopolin, alfa, betahexenal, cis beta hexenol, cis lamdahexenol, benzaidehide, eugenol,lanaloolbenzyl alkohol, butylamine, acetone, trigonelline, cholin, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (a,b1,c dan karoten), asam klorogenik,asam fumarat, asam folat, asam formyltetrahydrofolik, dan mioinositol dan juga mengandung phytoestrogens.

C. KHASIAT DAN MANFAAT MURBEI

  • Daun murbei dapat digunakan untuk mengobati demam , malaria, batuk, sakit kepala, sakit tenggorokan, sakit gigi, rematik, darah tinggi, kencing manis, kaki gajah, bisul, radang mata merah, memperbanyak asi, muntah darah, batuk darah, kolesterol tinggi, dan gangguan pada saluran cerna, dll.
  • Kulit dan akar murbei dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi, tidak dating haid, batuk berdahak, sesak napas, muka bengkak, kencing yang nyeri dan susah, cacingan, dll.
  • Buah Murbei dapat digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, jantung berdebar, kencing manis, rasa haus dan mulut kering, sukar tidur, batuk berdahak, penglihatan kabur, pendengaran berkurang, telingan berdenging, tuli, vertigo, hepatitis kronis, sembelit pada orang tua, kurang darah, neurasthenia, sakit otot dan persendian, sakit tenggorok, rambut beruban sebelum waktunya, dll.
  • Ranting pohon murbei dapat digunakan untuk mengobati rematik, tangan dan kaki terasa baal dan sakit, sakit pinggang, keram pada tangan dan kaki, tekanan darah tinggi, menyuburkan pertumbuhan rambut, dll.

Selain untuk pengobatan, buah tanaman murbei sangat disukai anak-anak karena rasanya yang enak, selain itu daunnya banyak digunakan sebagai makanan ulat sutera

D. KLASIFIKASI ILMIAH MURBEI

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi murbei

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Dilleniidae
Ordo (Bangsa): Urticales
Familia (Suku): Moraceae (suku nangka-nangkaan)
Genus (Marga): Morus
Species (Jenis): Morus alba L.

NAMA-NAMA LAIN MURBEI
Nama Latin (Binomial): Morus Indica L
Indonesia: Murbai, walot, besaran (Jawa), kerta, kitau (Sumatera), babasaran (Sunda)
Inggris: white mulberry
Vietnam: may mon, dau tam
Pilipina: Morera
Cina: Sangye

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Murbei yang meliputi ciri-ciri tanaman murbei , klasifikasi murbei, kandungan zat atau nutrisi murbei, serta khasiat dan manfaat buah murbei

loading...

Kata Kunci Pencarian :

pohon murbei | tanaman damiana di indonesia | perbedaan arbei dan murbei | murbei | macam macam pohon murbei | pohon mulberry | Pohon arbei | tanaman murbei | daun murbei | tanaman arbei |
Murbei – Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat Serta Khasiatnya Ahli Pengobatan 02 Des 2014. Murbei – Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat Serta Khasiatnya

loading… A. CIRI-CIRI MURBEI Tanaman murbei mempunyai tinggi kurang lebih 4-5 meter, batangnya ditumbuhi bintik-bintik putih kekuningan, penampangnya mencapai 15cm, berdaun tunggal dengan bentuk segitiga atau bulat telur, daunnya kalau kita raba terasa kasar, tepinya bergerigi, ujungnya runcing, dan pangkalnya tumpul, pertulangan daun menyirip. Panjang daunnya kurang lebih 20 cm dan lebarnya 10 cm, kelopak […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...