Nanas – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Buah nanas (Ananas comosus Merr) Sepertinya anda semua sudah mengenal dengan buah ini, namun akan kami bahas lebih lengkap di sini :

gambar buah nanas

Photo : Tanaman Nanas

A. CIRI-CIRI TANAMAN NANAS

BATANG
Herba yang kokoh dengan tinggi 0,5-1,5 m ini, pada pangkalnya ada tunas merayap.

DAUN
Daunnya panjang dan tebal, dengan ujung lancip menyerupai duri. Umumnya, sepanjang tepi daun terdapat duri tempel yang membengkok ke atas.

BUNGA
Bunga tersusun dalam bulir yang rata dengan tangkai panjang, Berbunga pada umur 1,5-3 tahun

BUAH dan BIJI
Buahnya bulat panjang, daging berwarna kuning muda, lunak, mersik, dan sangat manis rasanya.

DESKRIPSI TANAMAN NANAS
Tanaman nanas menyukai tanah asam, air yang cukup, dan tempat yang teduh, nanas merupaakan sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan.

Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.

Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

B. KANDUNGAN ZAT BUAH NANAS

Buah ini banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, protein, kalium, laevulosa, dekstrosa, sukrosa, asam organik dan enzim bromelain. Bromelain berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan seratnya dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUAH NANAS

Buah Nanas mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, berikut ini adalah beberapa khasiat nanas :

Keseleo, memar akibat terpukul
Jika Anak atau anggota keluarga lain mengalami kesleo, memar atau luka lebam, obati dengan buah nanas. Caranya, kupas 1 buah nanas yang sudah masak, potong-potong, lalu dijus. Minum air yang terkumpul sekaligus.

Luka bakar, gatal dan bisul
Selain enak dimakan, buah nanas juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit kulit seperti kulit terbakar, gatal pada kulit dan bisul. Caranya, cuci daun nanas sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Balurkan pada bagian yang sakit.

Obat Beri-beri
Manfaat buah nanas yang lainnya adalah mengobati penyakit beri-beri. Caranya, kupas 2 buah nanas yang sudah masak, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, jus atau parut, lalu peras. Minum air perasannya sekaligus. Sebaiknya diminum pagi atau siang hari sesudah makan.

Mengatasi Sembelit
Kupas 3 buah nanas yang belum masak, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, jus atau parut, lalu peras. Minum air perasannya setelah makan, sehari 2 kali, masing-masing cukup 1/2 gelas. Lakukan secara rutin hingga sembelit hilang.

Mengatasi Flu dan Demam
Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat cocok bagi penderita flu ataupun demam untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Nanas mampu membantu melancarkan hambatan yang ada pada tenggorokan sehingga flu seperti batuk dapat cepat sembuh. Vitamin C yang terkandung juga dapat membantu memerangi virus yang menyebabkan flu.

Menjaga Kesehatan Gigi
Kesehatan pada gigi tentu harus terus dijaga, salah satunya dengan buah nanas yang kandungan vitamin C nya mampu membantu pencegahan plak pada gigi yang dapat menimbukan nyeri pada gusi gigi. Tentu juga harus diimbangi dengan perawatan kesehatan gigi lainnya seperti rajin menggosok gigi dan perawatan khusus lainnya.

Mengobati Peradangan Kulit
Nanas mampu mengobati masalah pada peradangan kulit seperti kulit yang mengelupas atau bersisik. Caranya Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas, baik di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.

Mengobati Cacingan
Kupas 1 buah nanas muda, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, bilas dengan air masak, lalu parut. Peras dan saring hasil parutannya, lalu minumkan pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit.

Menghaluskan Kulit
Selain dapat mengatasi permasalahan seperti pada peradangan kulit. Nanas juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit. Karena, kandungan air yang ada pada buah nanas dapat mengangkat sel kulit mati.

Mengatasi Kembung Pada Perut / Melancarkan Pencernaan
Kembung sendiri disebabkan oleh gas yang berlebihan pada suatu saluran pencernaan lambung dan usus.
Ketika pencernaan terganggu, lambung akan terasa penuh walaupun hanya diisi sedikit makanan. Cara mengatasinya dengan minum jus nanas 3 kali sehari masing-masing 3/4 gelas (kurang lebih 150 cc). Lakukan pengobatan ini 1/2 jam sebelum makan.

Mengobati Asam Urat
Para ahli dan pakar telah merekomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung enzim bromelain dan kalium untuk mengatasi asam urat. Kandungan tersebut bersifat diuretik yang mampu membantu mengatasi masalah asam urat. Tentu tidak mengonsumsi nanas terlalu matang, karena dapat mengakibatkan kadar asam urat naik.

Meredakan Radang Tenggorokan
Vitamin C yang terkandung sangat baik untuk mengatasi dan meredakan radang pada tenggorokkan. Kupas 2 buah nanas yang telah masak, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong, lalu dijus atau diparut. Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih. Minum air perasan yang terkumpul, sehari 3 kali, setiap kali cukup 1/3 bagian.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Nanas mengandung kandungan asam amino yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Asam amino memang sudah terkenal ampuh untuk mengatasi rasa lelah atau lain sebagainya. Untuk itu rajin mengonsumsi buah nanas ini setiap hari akan dapat membantu tubuh lebih sehat dan bugar.

Menurunkan Tekanan Darah
Buah Nanas mengandung kaya akan kalium yang sangat bermanfaat untuk penderita darah tinggi. Kandungan serat yang ada didalamnya pun sangat membantu untuk mencegah lemak terserap di dalam saluran pencernaan. Sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari untuk dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Menurunkan Berat Badan
Buah nanas sangat cocok untuk menu program diet untuk menurunkan berat badan ideal. Kandungan enzim yang terdapat pada nanas ini mampu menyerap lemak pada pencernaan sehingga akan terbuang bersamaan dengan feses. Enzim tersebut bernama Proteiolitik. Selain itu, vitamin c juga dapat membantu dalam proses pembakaran lemak agar tidak menumpuk didalam tubuh.
Kupas 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong, lalu dijus atau diparut. Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih dan air perasannya langsung diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

Mengatasi Ketombe
Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Meningkatkan Kualitas Sperma
Buah nanas sangat cocok untuk pria yang belum diberikan keturunan. Nanas dapat membantu meningkatkan kualitas sperma. Untuk itu, konsumsi nanas secara rutin dapat mengatasi permasalahan keturunan.

Untuk penyakit amandel.
Ambil 2 buah nanas masak, kupas, dan cuci bersih, lalu parut dan peras sampai airnya keluar. Minumlah air perasan ini 2x atau 3x sehari. (setiap kali minum ¼ gelas).

Efek Samping buah nanas:
Ibu hamil dilarang minum perasan buah nanas muda, nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid.
Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas, Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik gout.
Penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan, buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi.

Tips Makan Buah Nanas : menimbulkan rasa gatal. Terkadang sehabis makan nanas segar, mulut dan lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya, sebelum dimakan, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam. Sederhana bukan?

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN NANAS

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI NANAS

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Commelinidae
Ordo (Bangsa): Bromeliales
Familia (Suku): Bromeliaceae (Nanas-Nanasan)
Genus (Marga): Ananas
Species (Jenis): Ananas comosus Merr

NAMA-NAMA LAIN BUAH NANAS
Indonesia: Nenas, nanas(Jawa), danas (Sunda), naneh, atau ananas
Inggris: Pineapple
Melayu: Nanas, nanas pager
Vietnam: Dua, thom, khom
Thailand: Sappa rot, makha nat
Pilipina: Piña, nanas, apangdan
Cina: Wong lay, ong lai

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat NANAS yang meliputi Ciri-ciri NANAS, Klasifikasi NANAS, kandungan zat atau nutrisi NANAS serta khasiat dan manfaat NANAS sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri buah nanas | ciri ciri nanas | ciri buah nanas | ciri-ciri buah nanas | deskripsi buah nanas | ciri ciri pohon nanas | ciri ciri nanas muda | ciri nanas | ciri-ciri nanas | ciri2 buah nanas |
Nanas – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 21 Feb 2015. Nanas – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Buah nanas (Ananas comosus Merr) Sepertinya anda semua sudah mengenal dengan buah ini, namun akan kami bahas lebih lengkap di sini : A. CIRI-CIRI TANAMAN NANAS BATANG Herba yang kokoh dengan tinggi 0,5-1,5 m ini, pada pangkalnya ada tunas merayap. DAUN Daunnya panjang dan tebal, dengan ujung lancip menyerupai duri. Umumnya, sepanjang tepi daun […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...