Pacar Air – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Sudah tahu dengan tanaman pacar air (Impatiens balsamina) ? saya rasa anda sudah tahu bentuk tanamannnya tapi tidak tahu namanya ? baiklah simak artikel berikut iniu :

gambar bunga pacar air

Photo : Tanaman Pacar Air

A. CIRI-CIRI PACAR AIR

BATANG
batangnya berair, tebal namun tidak mengayu dan daunnya yang bergerigi tepinya.

DAUN
Daunnya berbentuk mata tombak, hingga ke pangkal mempunyai gerigi yang tajam dengan ukuran 6-15 x 2-3 cm.

BUNGA
Mempunyai bunga yang berwarna-warni (putih, merah, ungu, atau merah jambu)dengan warna yang sangat mencolok
Tangkai bunga 3 buah, kelopak samping 2 mm, yang ketiga memanjang 15 mm berbentuk corong miring mirip taji sepanjang 20 mm. Bermahkota 5 lembar, 4 berbentuk jantung terbalik berkuku dan yang kelima lepas.

BUAH dan BIJI
Buah berwarna hijau berbentuk lonjong, berisi biji berwarna hitam dengan ukuran yang sangat kecil.

gambar buah dan biji pacar air

Photo : Buah dan Biji Pacar Air

DESKRIPSI TANAMAN PACAR AIR
Tumbuhan Pacar air berasal dari Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tanaman ini adalah tanaman tahunan atau dua tahunan, Bentuk bunganya menyerupai bunga anggrek yang kecil, Tinggi tanaman ini bisa mencapai satu meter

Pacar air dapat hidup tanpa akar,sebab,batangnya bisa menghisap air,tetapi apabila akarnya dihilangkan,maka pacar air harus ditauh di gelas penuh air atau yang lainnya.
Tanaman ini berkembang biak melalui biji, Tanaman ini lebih bagus ditanam dengan jarak 1 m.
Di Indonesia, tanaman pacar air akan banyak Anda temui pulau dewata, Bali. Disana pacar air ditanam dan dijual untuk persembahyangan umat Hindu Budha. Bunga pacar air memiliki warna yang sangat beragam, mulai dari putih, merah, merah muda, ungu, kuning, dan orange.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN PACAR AIR

Bunga mengandung anthocynanin, cynidin, delphinidin, pelargonidin, malvidun, kaempherol, quercetin.
Biji mengandung saponin dan fixel oil (terdiri dari spinasterol, ergosterol, balsaminasterol, parinaric acid, minyak menguap, quercetin, derifat kaempferol, dan naphthaquinon).
Akar mengandung cynidin, mono glycosine.

Efek Farmakologis
Biji pacar air rasanya pahit, pedas, sifatnya hangat, dan sedikit toksik. Berkhasiat sebagai penghenti perdarahan hemostatis), meningkatkan fungsi pencernaan, mempunyai efek melunakkan massa yang keras (tumor), antikangker, peluruh haid, dan mempermudah persalinan (parturifasien).

C. KHASIAT DAN MANFAAT PACAR AIR

Mengurangi depresan pada penyakit ayan (epilepsi).
Ambil 7 akar tunggang dan 15 gram daun seribu kering, rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum bila gejala sakit timbul.
Rematik, radang kulit (dermatitis), pembengkakan
bunga pacar air segar secukupnya, dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian yang sakit.
Tulang patah atau retak (fraktur), antiradang (antiinflamasi)
daun pacar air secukupnya, dihaluskan lalu ditempelkan pada bagian yang sakit atau daun tersebut direbus lalu airnya digunakan untuk mencuci luka, sedangkan daunnya ditempelkan pada bagian yang sakit.
Bisul (furunculus), radang kulit (dermatitis)
15 gram daun pacar air segar, 5 lembar daun cocor bebek segar (kalanchoe pinnata [Lam] Pers.) dihaluskan lalu ditempelkan pada bisul.
Pembengkakan akibat terpukul
3-6 gram bunga pacar air, dihaluskan, tambahkan arak putih secukupnya, lalu tempelkan pada bagian yang bengkak.
Radang kuku
seluruh herba pacar air secukupnya, dihaluskan lalu ditempelkan pada kuku dan dibungkus dengan kain kasa. Lakukan 7-14 hari secara rutin.

Pemakaian Dalam

Peluruh haid/melancarkan haid (emenagog)
Cara ke-1 : 4-5 bonggol akar pacar air, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu diminum airnya setelah disaring ; lakukan 3-4 kali sehari ;
Cara ke-2 : 6 gram biji pacar air, 15 gram temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.), direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya hangat-hangat ; Cara ke-3 : 3-10 gram biji pacar air, 30 gram daun dewa segar (Gynura segetum [Lour.] Merr.), 10 gram temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb.), direbus dengan air secukupnya, lalu diminum airnya setelah disaring.

Mempermudah persalinan (Parturipasien)
10 gram biji pacar air, direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu diminum airnya setelah disaring, jangan lupa tetap konsultasi ke dokter.
Mencegah dan mengatasi kanker (karsinoma)
15 gram biji pacar air, 30 gram rumput mutiara (Hedyotis corymbosa), direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan diminum airnya, lakukan dua kali sehari. Tetap konsultasi ke dokter.
Radang usus buntu kronis (cronic appendicitis)
30 gram herba pacar air, 30 gram daun sambiloto (Andrographis panniculata Nees.), direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu diminum airnya setelah disaring secara rutin.
Tekanan darah tinggi (hipertensi)
10 gram bunga pacar air, 100 gram seledri kecil (Apium graveolens L.), direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

Catatan : Wanita hamil dilarang memakai resep diatas.
Efek Samping : Pada pemakaian yang terlalu lama, mulut akan terasa kering (xerostomia), mual (neusea), nafsu makan turun (anorexia) yang dapat hilang setelah menurunkan dosis atau menghentikan pengobatan selama 2-3 hari.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN PACAR AIR

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi PACAR AIR

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Geraniales
Familia (Suku): Balsaminaceae
Genus (Marga): Impatiens
Species (Jenis): Impatiens balsamina L

NAMA-NAMA LAIN PACAR AIR
Indonesia: Pacar air. Sumatra : lahine (Nias), paruinai (Minangkabau), bunga tabo, inay ayer, pacar ayer, laka kecil (Melayu).
Jawa : kimhong (Jakarta), pacar cai (Sunda), pacar banyu (Jawa).
Nusa Tenggara : pacar foya (Bali), pacar aik (Sasak).
Sulawesi : tilanggele duluku, kolondingi unggaagu (Gorontalo).
Maluku : bunga jabelu (Halmahera Selatan ), giabebe dumule (Halmahera Utara), laka gofu (Ternate, Tidore).
Pilipina: Kamantigi
Cina: feng xian hua
Thailand : Feng xian hua
Inggris : touch me not, balsam, garden balsam seed
Malaysia :keembung inai ayam (Malaysia)
Sinonim : Impatiens cornuta L, Impatiens hortensis Desf, Impatiens mutila DC, Impatiens triflora Blanco, Balsamina mutila DC.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat PACAR AIR yang meliputi Ciri-ciri PACAR AIR, Klasifikasi PACAR AIR, kandungan zat atau nutrisi PACAR AIR serta khasiat dan manfaat PACAR AIR sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

bunga pacar air | pacar air | tanaman pacar air | pohon jambu biji | daun pacar air | tumbuhan pacar air | gambar bunga pacar air | bunga pacar | gambar tumbuhan pacar air | gambar tanaman pacar air |
Pacar Air – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 22 Feb 2015. Pacar Air – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Sudah tahu dengan tanaman pacar air (Impatiens balsamina) ? saya rasa anda sudah tahu bentuk tanamannnya tapi tidak tahu namanya ? baiklah simak artikel berikut iniu : A. CIRI-CIRI PACAR AIR BATANG batangnya berair, tebal namun tidak mengayu dan daunnya yang bergerigi tepinya. DAUN Daunnya berbentuk mata tombak, hingga ke pangkal mempunyai gerigi yang […]

4.9 Ahli Pengobatan
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...