Pacar Cina

loading...

Bukan pacaran sama orang cina, tapi “Pacar Cina” adalah tanaman yang mempunyai bunga berbau harum dan juga banyak manfaatnya, tanaman ini sering ditanam di kebun atau pekarangan dan tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari
aglaia odorata lour

Orang juga menyebutnya dengan nama Kemuning cina, pacar culan dan bhangear cina, tanaman ini mempunyai nama latin ilmiah Aglaia odorata Lour, sedangkan Dalam bahasa Inggris, pacar cina juga disebut chinese rice flower atau chinese perfume tree.

Tanaman ini juga sering disamakan dengan kemuning (Muraya paniculata). diperkirakan tanaman ini merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Pacar cina banyak tumbuh di bawah 300m di atas permukaan laut, di Jawa tumbuhan ini berbunga sepanjang tahun

Karena Bunga tumbuhan pacar cina ini berbau wangi, dahulu kala dimanfaatkan sebagai pengharum lemari alami. Bunganya dipetik bersama sedikit batang dan daun, lalu dikeringkan dulu, dan dimasukkan ke dalam lemari.
Selain diolah menjadi parfum secara tradisional, bunga pacar cina yang telah dikeringkan, juga biasa dimanfaatkan untuk campuran rokok.

Namun Kini, seiring dengan menggeliatnya berbagai pengharum ruangan, pengharum lemari alami seperti pacar cina ini jarang digunakan. Hal ini menyebabkan tidak banyak orang yang menanam tumbuhan yang diperdagangkan secara internasional ini. Hanya sedikit saja yang masih menanamnya sebagai tanaman hias dalam pot, atau sebagai tanaman bonsai. Untuk perkembangbiakan dapat dilakukan dengan cangkokan.

IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources), organisasi internasional yang bergerak dalam bidang konservasi alam dan pemanfaatan sumber daya-sumber daya alam, dalam situs resminya, memasukkan pacar cina sebagai tumbuhan yang cenderung terancam kepunahan sejak 1998

Mengutip dari situs lUCN pula, Pacar cina adalah tumbuhan asli Kamboja, Myanmar, Thailand, dan Hainan (Tiongkok). Tumbuhan ini sejak dulu diakui khasiatnya sebagai obat, di antaranya tumbuhan ini masuk dalam Medicinal Plant Images Database.

A. CIRI-CIRI TANAMAN PACAR CINA

BATANG
Berkayu, bercabang banyak, tangkai berbintik-bintik kelenjar berwarna hitam. Pacar cina adalah tumbuhan pohon, yang dapat tumbuh setinggi 2m – 6m dengan banyak cabang.

DAUN
Memiliki daun majemuk menyirip ganjil yang tumbuh berseling panjang sekitar 13 cm dengan 3-9 helai anak daun bertangkai pendek, bentuk bundar telur sungsang, panjang 3-6 cm, lebar 1 – 3,5 cm, ujung runcing, tepi rata, permukaan licin mengkilap terutama pada daun muda.

BUNGA
Bunganya dalam malai rapat, panjang 5 cm – 6 cm berwarna kuning dan berbau harum.

BUAH DAN BIJI
Buah buni, kecil,bulat lonjong, berambut, warnanya merah kehitaman, panjang 6 – 7 mm, dengan 1 – 3 biji, Bijinya kecil, bulat, kuning kehijauan.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN PACAR CINA

Nutrisi penting yang terdapat dalam tanaman PACAR CINA antara lain :
Daun Pacar Cina mengandung alkaloida saponin, flavonoid, tanin, damar, dan garam mineral, dan juga minyak atsiri Hal ini seperti disebutkan dalam repository.wima.ac.id yang mengutip dari buku JR Hutapea, Inventaris Tanaman Obat Indonesia Jilid III (Balitbangkes, Kementerian Kesehatan, 1994), memiliki kandungan kimia alkaloid, saponin, flavonoid, tanin, dan minyak atsiri.

Studi lain, mengutip juga dari repository.wima.ac.id, menyebutkan daun pacar cina memiliki efek sebagai bioinsektisida.  Kesimpulan dari penelitiannya menyebutkan ekstrak daun pacar cina mempunyai aktivitas antimikroba terhadap Streptococcus pyogenes, tetapi tidak terhadap Staphyloccocus aureus dan Candida albicans.

C. KHASIAT DAN MANFAAT PACAR CINA

Bunga, daun, batang, dan ranting tanaman pacar cina mempunyai manfaat tertentu :
Di Tiongkok, cabang-cabang dan daun yang sudah dikeringkan, secara tradisional dimanfaatkan sebagai obat rematik, luka karena jatuh, luka infeksi, setelah direbus terlebih dulu.

Bunga pacar cina berkhasiat untuk mengobati : perut kembung, sukar menelan, batuk, pusing, dan mempercepat persalinan karena mengandung minyak atsiri, alkaloid, serta garam-garam mineral.

Daun herba tanaman pacar cina berkhasiat untuk mengobati : memar, bisul, darah haid banyak, bau badan, dan diare.
gambar manfaat pacar cina kemuning cina
Tak jauh berbeda, buku Rangkuman Fungsi dan Khasiat Tanaman Obat, keluaran Merapi Farma Herbal, menyebutkan daun pacar cina berkhasiat sebagai penghilang bau badan, mencret, memar, obat bisul, obat luka, dan obat haid. Bunganya, untuk mengobati perut kembung, sukar menelan, batuk, pusing, dan mempercepat persalinan.

Menurut Wikipedia filipina, akar dan daun pacar cina dimanfaatkan sebagai tonikum. Bunganya yang dikeringkan, biasa dimanfaatkan untuk mengobati demam dan luka di mulut.

gambar resep obat pacar cina
Cara Penggunaan tanaman pacar cina sebagai obat :

  • Untuk pemakaian luar : batang, ranting atau daun digiling halus lalu dibubuhkan ke tempat yang sakit.
  • Untuk menghilangkan bau badan : Daun pacar cina segar sebanyak 10 g dan daun sirih segar sebanyak 7 lembar dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring. Kemudian minum 2 kali sehari, pagi dan sore, masing-masing setengah gelas.
  • Untuk Mengurangi Pendarahan berlebihan ketika haid : Ambil segenggam daun, rebus dengan 3 gelas air, setelah mendidih (air tinggal kurang lebih 1 gelas) dinginkan dan minum untuk satu kali minum, lakukan tiap pagi dan sore hari

Catatan: Perempuan hamil dilarang minum air rebusan pacar cina

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN PACAR CINA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI PACAR CINA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Subkingdom:
Super divisi:
Divisio (Pembagian):
Classis (Kelas): Eudikotil
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Sapindales
Familia (Suku): Meliaceae
Genus (Marga): Aglaia
Species (Jenis): Aglaia odorata

NAMA-NAMA LAIN PACAR CINA
Nama Daerah : Culan (Sunda), pacar culam (Jawa), Pacar cina, culan (Sumatera), Mi zi lan (China).
Nama latin : Aglaia odorata Lour
Nama internasioanal bahasa inggris : chinese rice flower atau chinese perfume tree.

Ref : Wikipedia, 100 Top Tanaman Obat Indonesia, Kementerian Kesehatan RI. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional, 2011, hal. 9, farma herbal, etc…

Tinggalkan komentar