Pandan Wangi

loading...

Pandan Wangi, Orang Indonesia biasa menyebut tanaman ini dengan nama Pandan saja, yaitu tumbuhan yang daunnya mempunyai aroma harum jika di rebus, Daunnya kerapkali dibuat sebagai pengharum masakan indonesia, diantaranya adalah bubur, kue dan kolak.
Selain manfaat daun pandan sebagai campuran masakan, daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk membuat aneka kerajinan tangan, seperti tikar, tas dan lain lain. tak hanya sampai di situ saja, daun pandan juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat.
gambar tanaman pohon pandan wangi
Tanaman daun pandan mempunyai nama ilmiah atau nama latin “Pandanus amaryllifolius“, sebenarnya ada banyak sekali spesies tanaman pandan, diantaranya adalah

  • Pandan hias (Pandanus australis)
  • Pandan laut (Pandanus tectorius)
  • Pandan duri
  • Buah merah Papua (Pandanus conoideus)
  • Pandan Melintir (Pandanus utilis)
  • Pandan putih (Pandanus baphtisii)
  • Pandan afrika (Pandanus pygmeus)
  • Pandan Bali

Sebagian besar tumbuhan pandan dapat berkembang biak dengan menggunakan biji, tapi kultivasi buatan dapat dilakukan dengan menggunakan stek batang yang bertujuan untuk mengembangbiakkan pandan secara vegetatif.
Ada mitos yang tidak jelas asal usulnya bawa di bawah tanaman pandan ada berlian, dengan dasar bahwa tanaman pandan selalu tumbuh di atas kimberlite (batu berlian)

A. CIRI-CIRI TANAMAN PANDAN WANGI

DAUN
Daunnya memanjang seperti daun palem dan tersusun secara roset yang rapat, panjangnya dapat mencapai 60cm. Beberapa varietas memiliki tepi daun yang bergerigi.
AKAR
Memiliki akar tunggang yang menopang tanaman ini bila telah cukup besar

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN PANDAN WANGI

Mengutip, Dilansir dari The Benefits, daun pandan mengandung senyawa yang terdiri atas polifenol, flavonoid, saponin, dan alkaloid. Senyawa-senyawa itu juga bisa bertindak sebagai antibakteri.
gambar manfaat daun pandan

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN PANDAN WANGI

  • Menurunkan kadar gula darah (mencegah diabetes)
    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak daun pandan dapat menurunkan kadar gula darah postprandial(pemeriksaan gula darah tanpa puasa terlebih dahulu). Tak hanya itu, ekstrak daun pandan juga mampu meningkatkan produksi insulin pada sel pankreas. Hal tersebut tentu akan mencegah datangnya diabetes.
    Menurut sebuah penelitian di Thailand yang diterbitkan oleh Pharmacognosy Magazine, ekstrak pandan membantu seseorang menurunkan kadar gula.
  • Membangkitkan selera makan
    Aroma daun pandan pada makanan, dapat merangsang nafsu makan, anda yang tidak lapar, bisa jadi ingin makan ketika menghirup aroma daun pandan.
  • Menetralisir racun dalam tubuh
    Kandungan daun pandan dipercaya mampu mendetoksifikasi racun yang ada pada tubuh, khususnya pada organ hati. Hal ini membantu mengeluarkan racun dan zat tidak sehat dari hati dan tubuh Anda.
    Daun pandan memiliki manfaat sebagai pencahar ringan dan benar-benar aman, serta bisa dianjurkan juga untuk anak-anak.
  • Menjaga kondisi saraf
    Minum air rebusan daun pandan bisa mengatasi beberapa masalah saraf yaitu dengan meminumnya 2 kali sehari. Rebus 3 daun pandan dengan 3 gelas air, kemudian masak hingga tersisa kurang lebih 2 gelas.
  • Mengatasi nyeri
    Sifat analgetik yang ada dalam daun pandan bisa digunakan sebagai pereda nyeri, nyeri dada, kepala dan kram perut, atau yang disebabkan oleh arthritis. caranya yaitu konsumsilah teh daun pandan dua kali dalam sehari.
  • Mengobati rematik
    Beberapa orang memanfaatkan daun pandan untuk mengatasi rematik. Caranya yaitu dengan merebus daun pandan segar dengan minyak kelapa, diaduk hingga merata. Setelah dingin, gunakan sebagai obat gosok untuk dioles pada bagian yang rematik.
  • Perawatan Rambut
    Caranya : Tumbuk halus daun pandan lalu tambahkan air, aduk hingga rata. Oleskan pada rambut dan pijat kulit kepala dengan lembut. Diamkan beberapa menit dan cuci rambut hingga bersih.
    Dengan pemakaian teratur, rambut terhindar dari kerontokan, ketombe, serta merangsang pertumbuhan rambut sehingga rambut akan tumbuh lebih cepat dan volumenya akan meningkat.
  • Melawan kanker
    Berdasarkan penelitian yang dilakukan tahun 2014, ekstrak akar dan daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimitotik, antiproliferatif dan apoptosis. Semua efek ini baik untuk mencegah atau menghentikan pertumbuhan kanker.
  • Menyembuhkan diare
    Daun pandan memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba, sehingga dipercaya dapat membersihkan mikroba berbahaya dari usus. Jika Anda menderita diare yang disebabkan oleh keracunan makanan atau bakteri, Anda bisa minum teh daun pandan untuk mengatasinya
  • Meringankan perut kram
    Teh daun pandan mungkin memiliki efek terapeutik untuk kram perut dan jenis sakit perut lainnya.
  • Menurunkan Demam
    Untuk mengurangi demam, bisa merebus daun pandan dan minum airnya. Setelah itu, panas tubuh akan perlahan turun
  • Mengobati insomnia, Kecemasan dan Stress
    Daun pandan mengandung tannin yang mempunyai sifat sebagai efek penenang. Karena itu, makanan nabati yang mengandung tannin dapat digunakan untuk menenangkan saraf supaya bisa tidur nyenyak dan mengatasi kecemasan atau stress
  • Atasi Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi
    Berbagai sumber menyebut, dengan minum air rebusan daun pandan dua kali sehari dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya dengan merebus 2-3 gelas air dengan 3 daun pandan. Tunggu sampai airnya berkurang hanya setengah dari jumlah air. Air rebusan pandan dapat dikonsumsi pagi dan malam menurunkan tekanan darah tinggi. Jika air pandan dikonsumsi secara teratur, itu juga bisa mencegah penyakit jantung lainnya seperti penyakit jantung koroner.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN PANDAN WANGI

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI PANDAN WANGI

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Subkingdom:
Super divisi:
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta
Classis (Kelas): Liliopsida
Sub Kelas :
Ordo (Bangsa): Pandanales
Familia (Suku): Pandanaceae
Genus (Marga): Pandanus
Species (Jenis): Pandanus amaryllifolius

Tinggalkan komentar