Pegagan / Daun Kaki Kuda, Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat dan Khasiatnya

loading...

A. CIRI-CIRI PEGAGAN

Tanaman pegagan memliki rasa manis dan sejuk, Tanaman liar yang tumbuh merambat, banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah.
Pegagan merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Tanaman akan tumbuh subur bila tanah dan lingkungannya sesuai hingga dijadikan penutup tanah.

pegagan tanaman obat

Photo :  Tanaman Pegagan

Jenis pegagan yang banyak dijumpai adalah pegagan merah dan pegagan hijau.
Pegagan merah dikenal juga dengan antanan kebun atau antanan batu karena banyak ditemukan di daerah bebatuan, kering dan terbuka. Pegagan merah tumbuh merambat dengan stolon (geragih) dan tidak mempunyai batang, tetapi mempunyai rhizoma (rimpang pendek).
Sedangkan pegagan hijau sering banyak dijumpau di daerah pesawahan dan disela-sela rumput. Tempat yang disukai oleh pegagan hijau yaitu tempat agak lembap dan terbuka atau agak ternaungi. Selain itu, tanaman yang mirip pegagan atau antanan ada empat jenis yaitu antanan kembang, antanan beurit, antanan gunung dan antanan air.

gambar pegagan

Photo : Tanaman Pegagan

Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain.

Bentuk daun pegagan bulat, batangnya lunak, beruas, dan menjalar hingga bisa mencapai semeter tingginya

B. KOMPOSISI / KANDUNGAN ZAT PEGAGAN

Zat yang terkandung dalam tanaman pegagan antara lain : memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.
Diduga glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa.

C. MANFAAT DAN KHASIAT TANAMAN PEGAGAN

Tanaman pegagan berkhasiat sebagai antirematik, antitoksik, pembersih darah, menghentikan perdarahan (hemostatis), mengurangi tekanan darah tinggi, infeksi batu saluran kencing, kencing keruh, susah kencing, pembengkakan hati, campak, bisul, mata merah, batuk darah, muntah darah, batuk kering, mimisan, demam, radang amandel, sakit tenggorokan ,bronchitis, dll.
Kebanyakan pegagan dikonsumsi segar untuk lalapan, tetapi ada yang dikeringkan untuk dijadikan teh, diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau diolah menjadi krem, salep, obat jerawat, maupun body lotion.
Sejak zaman dahulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit, gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Masyarakat Jawa Barat mengenal tanaman ini sebagai salah satu tanaman untuk lalapan.

download lagu dangdut

Untuk treatment kesuburan, Anda bisa merebus daun ini setelah sebelumnya meremas-remas daunnya sekaligus batangnya hingga separuh hancur. Minum air rebusannya 2 kali sehari.

D. KLASIFIKASI ILMIAH PEGAGAN

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut adalah tabel klasifikasi pegagan

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Apiales
Familia (Suku): Apiaceae
Genus (Marga): Centella
Species (Jenis): Centella asiatica (L.) Urban

NAMA-NAMA LAIN PEGAGAN
Nama Latin (Binomial): Centella Asiatica L.Urban
Nama Lokal Lainnya: Aceh orang menyebutnya Pegaga, daun kaki kuda (Melayu), ampagaga (batak), taidah (bali) sandanan (irian) broken copper coin, buabok (Inggris), paardevoet (Belanda), gotu kola (India), ji xue cao (Hanzi). Rumput kaki kuda, antanan gede, panegowang, tikusan, pagaga, piduh, kori-kori, gagan-gagan atau kisukisu.
Inggris: Spadeleaf, pohekula
Pilipina: Takip kohol
Cina: Beng da wan, han ke cao

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Pegagan yang meliputi ciri-ciri Pegagan, klasifikasi Pegagan, kandungan zat atau nutrisi Pegagan serta khasiat dan manfaat Pegagan

loading...

Kata Kunci Pencarian :

daun pegagan | ciri ciri daun pegagan | daun pegagan tumbuh dimana | pegagan merah | pegagan | gambar daun pegagan | bentuk daun pegagan | tanaman pegagan | daun kaki kuda | nama lain daun pegagan |
Pegagan / Daun Kaki Kuda, Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat dan Khasiatnya Ahli Pengobatan 03 Des 2014. Pegagan / Daun Kaki Kuda, Ciri-Ciri Tanaman, Manfaat dan Khasiatnya

loading… A. CIRI-CIRI PEGAGAN Tanaman pegagan memliki rasa manis dan sejuk, Tanaman liar yang tumbuh merambat, banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Pegagan merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Tanaman akan tumbuh subur bila tanah dan lingkungannya sesuai hingga dijadikan penutup tanah. Jenis pegagan yang banyak […]

4.9 Ahli Pengobatan
30 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...