Petai Cina / Lamtoro – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI TANAMAN PETAI CINA / LAMTORO

BATANG
Pohon atau perdu memiliki tinggi hingga 20m; meski kebanyakan hanya sekitar 2-10 m. Percabangannya rendah dan banyak, dengan pepagan berwarna kecoklatan atau keabu-abuan, berbintil-bintil dan berlentisel. Ranting-rantingnya berbentuk bulat torak, dengan ujung yang berambut rapat.
DAUN
Ciri daun petai cina Daunnya majemuk dan berbentuk menyirip rangkap, siripnya berjumlah 3-10 pasang, kebanyakan dengan kelenjar pada poros daun tepat sebelum pangkal sirip terbawah; daun penumpu kecil, bentuk segitiga. Anak daun tiap sirip 5-20 pasang, berhadapan, bentuk garis memanjang, 6-16(-21) mm × 1-2(-5) mm, dengan ujung runcing dan pangkal miring (tidak sama), permukaannya berambut halus dan tepinya berjumbai.
BUNGA
Ciri bunga petai cina Bunganya majemuk berupa bongkol bertangkai panjang yang berkumpul dalam malai berisi 2-6 bongkol; tiap-tiap bongkol tersusun dari 100-180 kuntum bunga, membentuk bola berwarna putih atau kekuningan berdiameter 12–21 mm, di atas tangkai sepanjang 2-5 cm. Bunga kecil-kecil, berbilangan-5; tabung kelopak bentuk lonceng bergigi pendek, lk 3 mm; mahkota bentuk solet, lk. 5 mm, lepas-lepas. Benangsari 10 helai, lk 1 cm, lepas-lepas.
BUAH dan BIJI
Ciri Buahnya polong berbentuk pita lurus, pipih dan tipis, 14–26 cm × 2 cm, dengan sekat-sekat di antara biji, hijau dan akhirnya coklat kehijauan atau coklat tua apabila kering jika masak, memecah sendiri sepanjang kampuhnya. Buah lamtoro mengandung 15-30 biji yang terletak melintang dalam polongan, berbentuk bulat telur sungsang atau bundar telur terbalik, dengan warna coklat tua mengkilap yang berukuran 6–10 mm × 3-4,5 mm. Bijinya mirip petai, namun berukuran lebih kecil dan berpenampang lebih kecil.

gambar  buah biji petai cina

Gambar : Buah/Biji Petai Cina

gambat bunga petai cina

Gambar : Bunga Petai Cina

gambar tumbuhan petai cina

Gambar : Tanaman Petai cina/Lamtoro/Polong

gambar batang pohon lamtoro

Gambat : Batang Kayu Pohon Petai Cina

DESKRIPSI PETAI CINA/LAMTORO
Petai cina adalah tumbuhan yang memiliki batang pohon keras dan berukuran tidak besar. Daunnya majemuk terurai dalam tangkai berbilah ganda. Bunganya yang berjambul warna putih sering disebut cengkaruk. Buahnya mirip dengan buah petai (Parkia speciosa) tetapi ukurannya jauh lebih kecil dan berpenampang lebih tipis. Buah petai cina termasuk buah polong, berisi biji-bibji kecil yang jumlahnya cukup banyak. Petai cina oleh para petani di pedesaan sering ditanam sebagai tanaman pagar, pupuk hijau dan segalanya. Petai cina cocok hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Petai cina di Indonesia hampir musnah setelah terserang hama wereng. Pengembangbiakannya selain dengan penyebaran biji yang sudah tua juga dapat dilakukan dengan cara stek batang.

Petai cina, atau petai selong atau Lamtoro adalah sejenis perdu dari suku polong-polongan, yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun diperkenalkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan, dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia.

Petai cina mudah beradaptasi, dan dengan cepat tanaman ini menjadi liar di berbagai daerah tropis di Asia dan Afrika; termasuk pula di Indonesia. Ada tiga anak jenis petai cina (subspesies), yakni:

  • Leucaena leucocephala ssp. leucocephala; ialah anak jenis yang disebarluaskan oleh bangsa Spanyol. Di Jawa dikenal sebagai lamtoro atau petai cina ‘lokal’, berbatang pendek sekitar 5 m tingginya dan pucuk rantingnya berambut lebat.
  • ssp. glabrata (Rose) S. Zárate. Dikenal sebagai lamtoro gung, tanaman ini berukuran besar (pohon, daun, bunga, buah) dibandingkan anak jenis yang pertama. Lamtoro gung baru menyebar luas di dunia dalam beberapa dekade terakhir. Serta;
  • ssp. ixtahuacana C. E. Hughes; yang menyebar terbatas di Meksiko dan Guatemala.

B. KOMPOSISI/KANDUNGAN ZAT PETAI CINA

Biji dari buah polong petai cina (Leucaena leucocephala) yang sudah tua setiap 100 gram mempunyai nilai kandungan kimia berupa
Energi : 148 kalori (620 kJ)
Karbohidrat : 26,2 g
Lemak : 0,5 g
Protein : 10,6 g
Vitamin A equiv. : 416 μg (46%)
Thiamine (Vit. B1) : 0.23 mg (18%)
Vitamin C : 20 mg (33%)
Kalsium : 155 mg (16%)

C. KHASIAT DAN MANFAAT PETAI CINA

Petai cina memiliki enzim alami yang memicu kolagen-kolagen dalam sel kulit sehingga terhindar dari kulit kusam, kering, dan keriput. Petai cina juga memberikan nutrisi untuk melembabkan kulit serta memberikan nutrisi.

Kulit pohon petai mengandung analgesik atau penghilang nyeri. Petai cina dihancurkan untuk diminum agar bisa menghilangkan nyeri otot atau kram saat menstruasi.

download lagu dangdut

Petai Cina (Lamtoro) Mempunyai banyak manfaat dalam pengobatan, terutama dibagian bijinya yang sering dibuat sebagai ramuan obat, dibawah ini adalah beberapa resep ramuan obat menggunakan petai cina/lamtoro

  • Petai Cina untuk Diabetes Melitus
    Bahan: Biji petai cina yang sudah tua dan kering;
    Cara membuat: digoreng tanpa minyak dan ditumbuk halus (dibuat bubuk). Kemudian ambil 1 sendok dan diseduh dengan air panas
    (seperti membuat kopi).
    Cara Menggunakan: diminum 1 kali sehari 1 gelas dan dilakukan secara teratur.
  • Petai Cina untuk mengobati Cacingan
    Petai cina juga dapat dijadikan solusi alternatif untuk memerangi cacingan. Hal ini dikarenakan adanya senyawa yang bisa membunuh cacing. Dalam pengobatan di Negeri Tirai Bambu, petai cina banyak dimanfaatkan untuk menumpas cacing gelang, dan cacing cincin yang suka bersarang di dalam tubuh.Bahan: Biji petai cina yang sudah tua dan kering;
    Cara membuat: digoreng tanpa minyak dan ditumbuk halus (dibuat bubuk). Kemudian ambil 1 sendok dan diseduh dengan ½ – 1 gelas air panas (seperti membuat kopi).
    Cara Menggunakan: diminum menjelang tidur malam.
  • Petai cina untuk Meningkatkan gairah seks
    Bahan: 1 sendok petai cina, 1 sendok bubuk merica hitam, 2 butir kuning telur ayam kampung mentah dan 1 sendok madu;
    Cara membuat: semua Materials tersebut dioplos sampai merata
    Cara Menggunakan: diminum sekaligus
  • Petai cina untuk menyembuhkan Luka baru dan bengkak
    Bahan: daun petai cina secukupnya
    Cara membuat: ditumbuk halus atau dikunyah
    Cara Menggunakan: ditempelkan pada bagian yang luka / bengkak
  • Tlusupen (benda-benda(kayu,bambu) yang masuk ke dalam daging)
    Bahan: daun petai cina yang masih muda dan terasi dapur;
    Cara membuat: daun petai cina ditumbuk halus dan ditambah terasi dapur secukupnya, diaduk sampai merata;
    Cara Menggunakan: ditempelkan pada bagian yang sakit, kemudian dibalut dengan kain pembalut.
  • Penyakit Psioriasis / penyakit kulit
    merupakan penyakit kulit yang menjalar keseluruh bagian tubuh. Petai cina terbilang ampuh untuk menghilangkan rasa gatal, kemerahan, kasar, kering pada kulit. Anda cukup menghaluskan petai cina lalu balurkan ke kulit atau memakannya langsung.
  • Pembersih kulit
    Petai cina memiliki enzim alami yang benar-benar baik untuk kulit. Enzim dapat memicu pembentukan kolagen pada sel-sel kulit. Dengan adanya pembentukan kolagen, kulit akan terhindar dari kekusaman, kering, dan keriput. Ekstrak daun petai cina juga dapat dijadikan toner kulit, untuk mengurangi kulit berminyak, melembapkan dan memberi nutrisi kesegaran pada kulit.
  • Nyeri
    Biji petai cina dikenal sangat baik meredakan peradangan dan nyeri. Anda cukup menghaluskan petai dan membubuhkan ke kulit, atau bisa juga memakannya langsung.
  • Petai Cina Menangkal Radikal bebas dan Anti Kanker
    Ekstrak biji petai cina juga sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan mengurangi risiko serangan penyakit kanker. Anda bisa menyeduh atau makan langsung petai cina, Anda bisa menjadikan lalapan atau bisa juga dimasak bersama sayur lain.
  • Petai cina untuk Cegah ketombe
    Minyak yang diekstrak dari petai cina sangat ampuh dalam menangani masalah rambut di kepala. Tak hanya kerontokan tapi juga masalah ketombe. Minyak ipil-ipil yang diambil dari bibitnya dapat digunakan untuk anti jamur dan anti bakteri.

D. KLASIFIKASI ILMIAH PETAI CINA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Petai Cina

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Fabales
Familia (Suku): Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus (Marga): Leucaena
Species (Jenis): Leucaena leucocephala (Lam.) de Wit

NAMA-NAMA LAIN PETAI CINA
Nama Latin atau Nama Ilmiah Petai Cina : Leucaena leucocephala (Lamk.) de Wit, 1961
Sinonim : Acacia leucocephala, Lam., 1783; Mimosa glauca, Linn., 1763(misappl.); Acacia glauca, (Linn.) Willd., 1806; Leucaena glauca, (Linn.) Benth., 1842.
Indonesia: Pete, Kemlandingan, Lamtoro (Jawa); Palanding, Peuteuy selong (Sunda), Kalandingan (Madura);
Inggris: Lead tree
Pilipina: Ipil ipil
Cina: yin he huan

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Petai Cina yang meliputi Ciri-ciri Petai Cina, Klasifikasi Petai Cina, kandungan zat atau nutrisi Petai Cina serta khasiat dan manfaat Petai Cina sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

Ciri-ciri tumbuhan lamtoro | nama latin petai cina | ciri ciri petai cina | bentuk petai cina | adaptasi pohon petai dan asam | ciri ciri lamtoro | Nama ilmiah petai cina | gambar petai cina | morfologi daun petai cina | bentuk daun petai cina |
Petai Cina / Lamtoro – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 01 Des 2014. Petai Cina / Lamtoro – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI TANAMAN PETAI CINA / LAMTORO BATANG Pohon atau perdu memiliki tinggi hingga 20m; meski kebanyakan hanya sekitar 2-10 m. Percabangannya rendah dan banyak, dengan pepagan berwarna kecoklatan atau keabu-abuan, berbintil-bintil dan berlentisel. Ranting-rantingnya berbentuk bulat torak, dengan ujung yang berambut rapat. DAUN Ciri daun petai cina Daunnya majemuk dan berbentuk menyirip rangkap, […]

4.9 Ahli Pengobatan
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...