Pinang

loading...

DESKRIPSI
Tanaman pinang (Jambe) adalah tumbuhan yang termasuk dalam golongan palem-paleman atau tanaman kelapa, yang mempunyai batang lurus ramping dan sangat tinggi.
Pinang dikenal manfaatnya sebagai tanaman obat, tanaman ini banyak tumbuh di daerah Pasifik, Asia dan Afrika bagian timur.
Tanaman ini berbunga pada awal dan akhir musim hujan dan memiliki masa hidup 25-30 tahun
gambar buah pinang muda

Di beberapa daerah Sumatera dan Kalimantan digunakan untuk acara seremonial seperti ramuan sirih pinang untuk upacara adat.
Pinang juga digunakan untuk keperluan farmasi dan industri, sementara India dan China telah mengolah pinang menjadi permen.

Pinang mempunyai nama ilmiah “Areca catechu”, sedangkan nama bahasa Inggrisnya yaitu “Betel palm”
Di Indonesia terdapat beberapa varietas dari tanaman pinang, diantaranya yaitu

  • Pinang Betara (pinang yang asalnya dari Betara, Tanjung Jabung Barat, Jambi)
  • Pinang Aceh (Pinang dari Aceh)
  • Pinang Bulawan (Berasal dari Kota Kotamobagu, Sulawesi Utara)
  • Pinang Merah/Pinang Raja (Diduga kuat berasal dari Semenanjung Malaka, Pulau Sumatera, dan Pulau Kalimantan)
  • Pinang Hutan (tumbuh subur di daratan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera)
  • Pinang Irian (merupakan pinang asli Pulau Irian Jaya /Papua)
  • Pinang Biru
  • Pinang Kelapa(Berasal dari Pulau Sulawesi)

Sekarang ini biji pinang sudah menjadi komoditi perdagangan. Biji pinang yang diperdagangkan adalah yang telah dikeringkan, dalam keadaan utuh atau dibelah. Indonesia mengekspor pinang ke Malaysia, Thailand, Singapura, dan Myanmar.

A. CIRI-CIRI TANAMAN

BATANG
Batangnya lurus, mulus dan tinggi, dapat mencapai ketinggian 25 meter dengan diameter 15 cm, meski ada pula varietas yang mempunyai batang lebih besar.
DAUN
Pelepah daun berbentuk tabung dengan panjang 80 cm, tangkai daunnya pendek, helaian daun panjangnya sampai 80 cm, anak daun 85 x 5 cm, dengan ujung sobek dan bergerigi.
BUNGA
Bunga jantan panjangnya kurang lebih 4 mm, berwarna putih kuning, jumlah benang sari 6.
Bunga betina panjang lebih kurang 1,5 cm, berwarna hijau, bakal buah beruang 1.
Tongkol bunga dengan seludang yang panjang dan mudah rontok, muncul di bawah daun, panjang lebih kurang 75 cm, dengan tangkai pendek bercabang rangkap, sumbu ujung sampai panjang 35 cm, dengan 1 bunga betina pada pangkal, di atasnya dengan banyak bunga jantan tersusun dalam 2 baris yang tertancap dalam alur.
BUAH dan BIJI
Buahnya berwarna merah dan orange, Bentuknya bulat telur terbalik memanjang, panjang buah kurang lebih 3,5 – 7 cm, dengan dinding buah yang berserabut.
Terdapat 1 Biji dalam buah, berbentuk telur, dan memiliki gambaran seperti jala.

B. KANDUNGAN ZAT

Biji buah pinang mengandung alkaloid, seperti tanin terkondensasi, tannin terhidrolisis, arekolin (C8 H13 NO2), arekolidine, arekain, guvakolin, guvasine dan isoguvasine, flavan, senyawa fenolik, asam galat, getah, lignin, minyak menguap dan tidak menguap, serta garam (Wang et al., 1996).

Nonaka (1989) menyebutkan bahwa biji buah pinang mengandung proantosianidin, yaitu suatu tannin terkondensasi yang termasuk dalam golongan flavonoid.
Proantosianidin mempunyai efek antibakteri, antivirus, antikarsinogenik, anti-inflamasi, anti-alergi, dan vasodilatasi (Fine, 2000).
Pinang juga mengandung minyak atsiri yang memiliki banyak manfaat.
gambar pohon pinang jambe

C. KHASIAT DAN MANFAAT

Pinang bisa dikonsumsi langsung dengan cara dimakan mentah atau dimasak, direbus dan diminun air rebusannya, di keringkan, dibakar atau dipanggang, dan terdapat juga pinang yang sudah diekstrak dalam bentuk jamu.
Berikut ini beberapa manfaat biji buah pinang antara lain :

  • Merangsang nafsu makan
  • Meningkatkan kekuatan seks
  • Mengatasi masuk angin
  • Mengatasi masalah pencernaan
  • Menghilangkan racun di tubuh
  • Menghilangkan bau tak sedap di mulut
  • pengobatan skizofrenia (gangguan jiwa) dan glaukoma

Obat Kuat Pria
Peneliti Jepang dan Taiwan mengatakan sebuah biji pinang memiliki khasiat setara dengan lima bungkus obat peningkat gairah yang terbuat dari senyawa sintetik.
Cara Membuat Ramuan Obat Kuat Pria :

  • Kupas Pisahkan buah jambe yang masih muda (belum keras) dari kulitnya
  • Blender dengan tambahan kuning telur ayam atau telur bebek, bisa juga ditambahkan madu dan susu secukupnya.
  • Sebelum diminum jus tersebut harus disaring dulu agar ampasnya terpisah.
  • Minum sejam sebelum anda hendak melakukan hubungan suami-istri supaya hasilnya benar-benar terbukti

Menjaga Kesehatan Mulut
Orang jaman dulu memanfaatkan buah pinang sebagai pasta gigi, tujuannya adalah untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Biasanya, biji buah pinang dibakar sampai halus dan berubah menyerupai abu, Lalu, abu tersebut digosokkan ke gigi.
Buah pinang mengandung antioksidan dan antimutagenik yang dapat membantu melawan bakteri yang ada di dalam mulut.
Mungkin Saat ini, cara penggunaan dan pemanfaatan buah pinang sudah berubah, Jika kalian tertarik mencobanya, tidak perlu dengan membakar biji pinang sampai jadi abu, cukup Siapkan dua buah pinang yang masih muda, kemudian iris dan kunyah untuk mendapatkan gigi dan gusi yang sehat.

Mengobati Kulit yang Luka
Buah pinang ternyata dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Jika kalian memiliki luka di kulit, coba memanfaatkan buah pinang, Caranya yaitu sediakan satu buang pinang yang masih muda. Kemudian, tumbuk atau haluskan hingga menyerupai pasta. Setelah halus, balurkan pada bagian kulit yang mengalami terluka.

Menambah Stamina
Buah pinang disinyalir memiliki kandungan senyawa yang menstimulasi hormon, sehingga mampu menambah stamina. Cobalah dengan mengonsumsi buah pinang yang sudah dipotong-potong sehingga lebih mudah dicerna dan segera mendapatkan stamina yang lebih.

Obat Cacing
Salah satu produk sekunder biji pinang diantaranya yaitu sebagai obat cacing yang telah diuji efektivitasnya, baik secara in vitro maupun in vivo.
manfaat biji pinang

D. KLASIFIKASI ILMIAH

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel Klasifikasi PINANG

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Liliopsida – Monocotyledons
Sub Kelas : Arecidae
Ordo (Bangsa): Arecales
Familia (Suku): Arecaceae ⁄ Palmae – Palm family
Genus (Marga): Areca L. – areca palm
Species (Jenis): Areca catechu L. – betel palm

NAMA LAIN TANAMAN PINANG
Jambe (Jawa, Sunda),
Pineung (Aceh),
Pining (Batak Toba),
Penang (Madura.),
Bua, ua, wua, pua, fua, hua (aneka bahasa di Nusa Tenggara dan Maluku)

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Pinang yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Tinggalkan komentar