Piretrum – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Tanaman Piretrum (Pyrethrum cinerariaefolium) merupakan tanaman semak yang tingginya 20-70 cm, banyak terdapat di daerah Wonosobo, khususnya di daerah Dieng, tumbuh baik pada ketinggian ± 2.000 m dan tahan air.

Pyrethrum cinerariaefolium

Pyrethrum Cinerariaefolium

A. CIRI-CIRI PIRETRUM

BATANG
Batangnya merah muda, bulat berkayu, bercabang dengan permukaan yang kasar.

DAUN
Berdaun majemuk, menyirip berwarna hijau dengan tangkai berbentuk segitiga panjangnya 6-15 cm, dengan pangkal yang berpelepah pendek warnanya ungu.

BUNGA
Bunganya berwarna putih bersih disangga tangkai yang panjangnya ± 15 cm, beralur, dan berambut. Bunga berbongkol dengan diameter yang besarnya dapat mencapai 0,5-1 cm.

BUAH dan BIJI
Buahnya berbentuk jarum, panjang 0,3-4 mm, bijinya kecil-kecil berwarna kuning. Pembanyakan tanaman ini bisa dilakukan secara vegetatif dengan anakan, atau secara generatif dengan bijinya.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN PIRETRUM

Minyak atsiri (parafin, piretrosin, dan chrisantemin, piretrin, piretrolun, dan sinerin).

C. KHASIAT DAN MANFAAT PIRETRUM

Tanaman PIRETRUM dapat dimanfaatkan sebagai racun serangga (insektisida) caranya adalah ambil bunga segenggam, keringkan, dan bakar di tempat yang banyak seranggnya. Atau bunga tersebut dicampur dengan tahi gergaji dan tepung kanji dengan rasio 1:3:2, aduk menjadi satu dan tambahkan air secukupnya, hingga menjadi adonan yang rata, kemudian adonan tersebut dicetak seperti obat nyamuk.

download lagu dangdut

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN PIRETRUM

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI PIRETRUM

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom:
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Kelas: Asteridae
Ordo (Bangsa): Asterales
Familia (Suku): Asteraceae
Genus (Marga): Pyrethrum
Species (Jenis): Pyrethrum cinerariaefolium Trev

NAMA-NAMA LAIN PIRETRUM
Indonesia: Piretrum, pitrum

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat PIRETRUM yang meliputi Ciri-ciri PIRETRUM, Klasifikasi PIRETRUM, kandungan zat atau nutrisi PIRETRUM serta khasiat dan manfaat PIRETRUM sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

bunga piretrum | bunga piretri | tanaman piretrium | kegunaan tanamangonda | khasiat bunga pyrethri |
Piretrum – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 24 Feb 2015. Piretrum – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Tanaman Piretrum (Pyrethrum cinerariaefolium) merupakan tanaman semak yang tingginya 20-70 cm, banyak terdapat di daerah Wonosobo, khususnya di daerah Dieng, tumbuh baik pada ketinggian ± 2.000 m dan tahan air. A. CIRI-CIRI PIRETRUM BATANG Batangnya merah muda, bulat berkayu, bercabang dengan permukaan yang kasar. DAUN Berdaun majemuk, menyirip berwarna hijau dengan tangkai berbentuk segitiga […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...