PORANG

TANAMAN PORANG DAN CIRINYA
Tanaman porang merupakan salah satu tanaman viral, karena seorang pemulung asal madiun yang bernama ‘paidi’ bisa menjadi miliarder gara-gara tanaman ini, paidi telah mengekspor porang sampai ke luar negri jepang dan china.
gambar manfaat porang
Tanaman Porang (Amorphophallus muelleri Bl.) adalah tanaman umbi-umbian yang bisa dijadikan bahan makanan dan kosmetik.

Porang sering dirancukan dengan suweg, walur dan iles-iles karena masih sekerabat dan mirip penampilan dan manfaatnya dan mudah ditemui di pekarangan terutama di desa-desa. Bedanya terletak pada adanya buah di cabang tangkai daun.

Tanaman porang dapat tumbuh di sembarang tempat seperti di pinggir hutan jati, di bawah rumpun bambu, di tepi-tepi sungai, di semak belukar, dan di bawah aneka ragam naungan.
Tanaman obat ini mudah ditemukan di pulau Jawa dengan habitat semak-semak yang tumbuh dalam siklus tahunan dan dapat tumbuh hingga mencapai satu meter.

Konon, Porang ditemukan mulai dari Kepulauan Andaman, India, menyebar ke arah Timur melalui Myanmar masuk ke Thailand dan ke Indonesia.

A. CIRI-CIRI TANAMAN PORANG

BATANG
Secara penampilan, porang tumbuh dengan tangkai tunggal atau batang bercorak belang-belang hijau-putih. Tangkai kemudian menjulurkan cabang-cabang sebagai tangkai daun.
Pada setiap pertemuan batang akan tampak tonjolan berwarna cokelat kehitam-hitaman yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan vegetatif (disebut bulbil). Adanya bintil ini menjadi pembeda penting iles-iles dari suweg
gambar porang katak bulbil

BUNGA
Bunga muncul apabila simpanan energi berupa tepung di umbi sudah mencukupi untuk pembungaan. Sebelum bunga muncul, seluruh daun termasuk tangkainya akan layu. Bunga tersusun majemuk berupa struktur khas talas-talasan, yaitu bunga-bunga tumbuh pada tongkol yang dilindungi oleh seludang bunga. Kuntum bunga tidak sempurna, berumah satu, berkumpul di sisi tongkol, dengan bunga jantan terletak di bagian distal (lebih tinggi) daripada bunga betina. Struktur generatif ini pada saat mekar mengeluarkan bau bangkai yang memikat lalat untuk membantu penyerbukannya. Pemekarannya berlangsung sekitar tiga hari.

BUAH / UMBI
Umbinya besar, dapat mencapai 5 kg, Umbi tunggal, tidak membentuk anakan umbi, warna umbi kuning cerah, menjadi penciri yang membedakannya dari suweg yang warna umbinya putih.

gambar pemulung porang madiun

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN PORANG

Nutrisi penting yang terdapat dalam buah PORANG antara lain : Glukomannan, yaitu polisakarida hidrokoloid yang terdiri dari residu D-glucose dan D-mannose.
Glukomannan ini mengandung rendah kalori yakni: sekitar 3 Kkal/100 g bahan.
Tabel : Komposisi Kimia Bahan Baku Penelitian (2007)

Parameter Umbi Porang Segar Tepung Porang Kasar
% b.b %b.k %b.b % b.k
Kadar Air 82.330 0 9.4 0
Kadar Abu 1.003 5.676 5.523 6.096
Kadar Pati 4.23 23.938 21.826 24.091
Kadar Protein 0.870 4.924 4.576 4.955
Kadar Lemak 0.017 0.096 0.074 0.082
Kadar Serat Kasar 2.040 11.545 11.790 11.618
Kadar Glukomannnan 6.420 36.333 37.270 41.137
Kadar Ca-oksalat 1.020 5.772 5.650 6.236

C. KHASIAT DAN MANFAAT PORANG

Berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman porang :

Loading...
  • Glucomannan pada tanaman porang dimanfaatkan sebagai bahan pembentuk kapsul pada obat.
  • Kadar glucomannan pada tanaman porang bermanfaat/berkhasiat bagi kesehatan tubuh yaitu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan memperlambat pengsongan perut dan mempercepat rasa kenyang sehingga cocok untuk makanan diet bagi penderita diabetes
  • Tepung porang juga bermanfaat menekan peningkatan kadar glukosa darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol serum darah yaitu makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan memiliki sifat fungsional hipoglikemik dan hipokolesterolemik.
  • Porang sebagai serat pangan dalam jumlah besar dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit seperti kanker usus besar, divertikular, kardiovaskular, kegemukan, kolesterol tinggi dalam darah, dan kencing manis.
  • Rasanya yang netral mudah dipadupadankan dengan beragam bahan sebagai bahan baku kue tradisional dan modern.
  • Di Filipina umbi porang sering ditepungkan sebagai pengganti kedudukan terigu dan biasanya dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan roti
  • Tepung porang dapat digunakan sebagai Lem yang ramah lingkungan
  • Campuran pada pembuatan kertas, agar kertas menjadi kuat dan lemas.
  • Glucomannan pada tanaman porang yang berbentuk gel dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gel silicon, yang sangat baik sebagai isolator listrik.
  • Di negara jepang manfaat tanaman porang adalah sebagai campuran makanan jepang shirataki dan konnyaku, Bahan makanan ini banyak disukai masyarakat jepang untuk mie shiratake atau konnyaku
  • Manfaat tanaman porang juga sebagai pengental sirup dan perekat pada es krim sehingga tidak mudah/tidak cepat meleleh
  • Porang merupakan serat yang secara alami dapat larut dalam air. Juga tembus cahaya dan bersifat seperti agar agar dan tidak berbau sehingga dapat digunakan sebagai pengganti agar agar.
  • Pengganti Gelatin sebagai bahan pembuat negatif film, isolator dan seluloid karena sifatnya yang mirip selulosa. Sehingga dapat sebagai pengganti selulosa dalam film
  • Larutan Mannan jika dicampur dengan gliserin atau natrium hidroksida bisa dibuat bahan kedap air.
    Mannan juga dipergunakan untuk menjernihkan air dan memurnikan bagian bagian keloid yang terapung dalam industri bir, gula, minyak dan serat.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN PORANG

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI PORANG

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Liliopsida – Monocotyledons
Sub Kelas : Arecidae
Ordo (Bangsa): Arales/Alismatales*
Familia (Suku): Araceae – Arum family
Genus (Marga): Amorphophallus Blume ex Decne. – amorphophallus
Species (Jenis): Amorphophallus muelleri*

*Butuh rujukan

NAMA-NAMA LAIN PORANG
Konjac, Masih ada kerancuan nama antara porang, iles-iles, suweg dan walur

BUDIDAYA PORANG

Porang dapat tumbuh baik pada tanah bertekstur ringan yaitu pada kondisi liat berpasir, strukturnya gembur, dan kaya unsur hara, di samping juga memiliki pengairan baik, kandungan humus yang tinggi, dan memiliki pH tanah 6 – 7,5.
gambar budidaya porang
Untuk mencapai produksi umbi yang tinggi diperlukan naungan 50-60% Tanaman ini tumbuh dari dataran rendah sampai 1000 m di atas permukaan laut, dengan suhu antara 25-35 °C, sedangkan curah hujannya antara 300–500 mm per bulan selama periode pertumbuhan. Pada suhu di atas 35oC daun tanaman akan terbakar, sedangkan pada suhu rendah tanaman ini mengalami dormansi.

Keuntungan menanam Porang adalah dengan sekali tanam bibit dapat dipanen tiap tahun setelah bibit yang pertama ditanam (perkembangbiakan alami). Porang diperbanyak secara vegetative (umbi) dan generative (biji dan umbi tetas/bubil/katak). Untuk bibit dipilih umbi atau bubil yang sehat. Kebutuhan bibit per satuan luas sangat tergantung pada jenis bibit yang digunakan dan jarak tanam. Dengan prosentase tumbuh benih di atas 90 persen

Porang hanya bisa tumbuh di bawah pepohonan penyangga seperti pohon jati. Ia akan gagal tumbuh di area persawahan. Tanaman ini, ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Umbi yang tertanam di dasar tungkai yang bisa diproduksi dan diolah menjadi produk kesehatan dan kecantikan.

Mutu Porang Indonesia yang dicari adalah: > 60.000 cps. Jepang, taiwan, Hongkong, USA memerlukan porang sebagai makanan kesehatan.

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri biji porang | warna buah porang |

Tinggalkan komentar