Rambutan

loading...

Rambutan adalah tanaman buah yang kulit buahnya menyerupai rambut, tanaman rambutan mempunyai nama ilmiah Nephelium lappaceum, musim rambutan biasanya terjadi pada bulan November, Desember hingga Februari. Masanya biasanya bersamaan dengan buah musiman lain, seperti musim durian dan musim mangga.
gambar manfaat buah rambutan

Rambutan merupakan tanaman tropis yang banyak terdapat di afrika, karibia, amerika tengah, indonesia, filipina, malaysia, thailand, india dan srilangka.

Tumbuhan buah rambutan ini menghasilkan bunga setelah 7 tahun jika ditanam dari biji, tetapi pada usia 2 tahun sudah dapat berbunga jika diperbanyak secara vegetatif. Pertumbuhan rambutan ini dipengaruhi oleh ketersediaan air, pertumbuhan akan berhenti jika ketersediaan air terbatas dan tumbuhan sementara berhenti tumbuh.
Di daerah Sumatra bagian utara, yang tidak mengenal musim kemarau rambutan dapat menghasilkan buah dua kali dalam setahun. Di tempat lain, bunga muncul biasanya setelah masa kering 3 bulan (di Jawa dan Kalimantan biasanya pada bulan Oktober dan November).

A. CIRI-CIRI TANAMAN RAMBUTAN

BATANG
Tinggi dapat mencapai 10m namun biasanya tajuknya melebar hingga jari-jari 4m.

DAUN
Daun majemuk menyirip dengan anak daun 5 hingga 9, berbentuk bulat telur, dengan variasi tergantung umur, posisi pada pohon, dan ras lokal.

BUNGA
Bunga majemuk, tersusun dalam karangan, dengan ukuran satuan bunga berdiameter 5 mm atau bahkan lebih kecil. Bunga jantan tidak menghasilkan putik.

BUAH dan BIJI
Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika sudah masak / ranum, rasanya manis sedikit asam dan banyak mengandung air

Berikut ini adalah beberapa varietas unggul dari buah rambutan yang dilepas Departemen Pertanian Republik Indonesia hingga 2005 adalah
1. ‘Rapiah’ dari Pasar minggu,
2. ‘Bahrang’ dari Langkat,Sumatra Utara
3. ‘Lebak bulus’ dari Pasar minggu,
4. ‘Sibatuk Ganal’ dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan,
5. ‘Nona’ dari Kampar, Riau,
6. ‘Binjai’ dari Sumatra Utara
7. ‘Antalagi’ dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan,
8. ‘Sibongkok’ dari Sungai Luhut, Kalimantan Selatan,
9. ‘Garuda’ dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan
10.’Tangkue Lebak’ dari Kecamatan Maja, Banten,
11.’Narmada’ dari NTB

gambar daun tanaman rambutan

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN RAMBUTAN

Nutrisi penting yang terdapat dalam tanaman RAMBUTAN antara lain : Vitamin dan mineral

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUAH RAMBUTAN

Ternyata, selain buahnya, daun dan biji buah rambutan pun bisa dimanfaatkan. Daun rambutan sering kali digunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. sedangkan bijinya, biasanya dihancurkan untuk dijadikan masker untuk kulit.

Berikut ini adalah khasiat dan manfaat buah rambutan :

  1. Kalori dan Energi
    Sekitar 100 gram dari buah rambutan mengandung kurang lebih 83-85 kalori, bagi orang yang membutuhkan 2.000 kalori sehari, rambutan berarti bisa menyumbang 4,2% dari kebutuhan kalori harian Anda. hal ini berarti mengkonsumsi rambutan pada porsi yang disesuaikan bisa membantu mengisi energi pada tubuh anda.
  2. Serat
    Sekitar 100 gram buah rambutan juga menyediakan serat larut air sebanyak 1,3-2 gram. Serat larut air pada buah rambutan akan membentuk gel khusus di usus yang memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi. Hal ini bisa membuat kenyang lebih lama, menekan nafsu makan, dan bisa membantu diet menurunkan berat badan.
    kandungan serat dari buah rambutan juga dapat mencegah sembelit.
  3. Vitamin
    Rambutan mengandung Vitamin B3 dan C, setiap 100 gram rambutan terkandung setidaknya 40% Vitamin C yang direkomendasikan setiap hari, dan juga 1% Vitamin B3(Niacin).
    Kombinasi antara vitamin C dan vitamin B3 dapat memperlancar sirkulasi darah, menjaga kesehtan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.
  4. Rendah Lemak dan Mengandung Protein
    Diperkirakan bahwa buah rambutan hanya mengandung 0,1 gram lemak per sajian, tak hanya itu, setiap 100 gram buah rambutan juga mengandung 14 hingga 14,5 gram protein, kandungan tersebut mendukung pertumbuhan sel-sel tubuh agar tetap sehat.
  5. Mineral
    Buah rambutan juga mengandung beberapa mineral penting bagi tubuh, seperti zat besi, kalsium, dan fosfor.
    Zat besi berfungsi meningkatkan kadar oksigen di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah anemia
    Fosfor membantu menyaring limbah di ginjal dan diperlukan untuk proses pertumbuhan, pemeliharaan, serta perbaikan semua jaringan maupun sel tubuh, fosfor juga dapat memperkuat kesehatan tulang dan gigi Anda.

gambar pohon rambutan Nephelium lappaceum

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN RAMBUTAN

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI RAMBUTAN

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Sapindales
Familia (Suku): Sapindaceae – Soapberry family
Genus (Marga): Nephelium L. – nephelium
Species (Jenis): Nephelium lappaceum L. – rambutan

 

Ref :
Wikipedia.org
Nutritional Content of the Rambutan Fruit. livestrong.com/article/362917-nutritional-content-of-the-rambutan-fruit/. Accessed on February 27th, 2019.
What Is Rambutan Good For? .mercola.com/rambutan.html. Accessed on February 27th, 2019.
Health Benefits Of Rambutan. medicaldaily.com/health-benefits-rambutan-399876. Accessed on February 27th, 2019.
Rambutan: A Tasty Fruit With Health Benefits.healthline.com/nutrition/rambutan#nutrition. Accessed on February 27th, 2019.

Tinggalkan komentar