Rosella – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Tanaman Bunga Rosella (Hisbiscus sabdariffa) adalah spesies bunga atau tanaman hias yang berasal dari benua Afrika, yang mempunyai banyak sekali manfaat, di sini akan kita bahas seputar ciri tanaman rosella, kandungan gizi rosela, manfaat rosella, dan klasifikasi tanaman rosella, selengkapnya berikut ini!
contoh bunga rosela

A. CIRI-CIRI TANAMAN ROSELLA

BATANG
Batang berkayu
DAUN
Daun berwarna hijau dengan pinggir bergerigi
BUNGA
Bunga Berdiameter kurang lebih 8–10 cm (3–4 in), Bunganya besar, mencolok, berbentuk terompet, dengan lima atau lebih kelopak, warna dari putih menjadi merah muda, merah, oranye, peach, kuning atau ungu. memiliki kelopak berdaging gemuk
BUAH dan BIJI
Buah berwarna merah dan putih, berbentuk kapsul kering lima lobed, berisi beberapa biji di setiap lobus.

gambar tanaman obat bunga rosela

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN ROSELLA

Kandungan gizi rosela antara lain : antosianin, asam protosatekuat, asam askorbat, ekstrak saliks, glikosida cardiac, flavonoid, saponin, alkaloid, sardenoleda, anthocyanins delphinidin-3-O-sambubioside, cyanidin-3-O-sambubioside.
Kelopak bunga diketahui mengandung zat-zat penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, protein esensial, kalsium, dan 18 jenis asam amino, termasuk arginina dan legnin yang berperan dalam proses peremajaan sel tubuh.
Rosella kering mengandung flavonoid gossypetin, hibiscetine dan sabdaretine.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUNGA ROSELLA

Khasiat rosela antara lain untuk menurunkan asam urat, Hipertensi, Diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan Tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, menurunkan demam umum, melancarkan buang air besar, antioksidan, antibakteri, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotik, aprodisiak, diuretik (peluruh kencing), sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol.

Secara tradisional, ekstrak kelopak rosela berkhasiat sebagai antibiotik, aprodisiak (meningkatkan gairah seksual), diuretik (melancarkan buang air kecil), pelarut, sedativ (penenang), dan tonik.

Bunga Rosela Untuk Jantung
Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan Chung San Medical University di Taiwan, Chau-Jong Wang, konsumsi rosela digunakan sebagai salah satu cara baru untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Flora ini terbukti secara klinis mampu mengurangi jumlah plak yang menempel pada dinding pembuluh darah.

Bunga Rosela Sebagai Terapi Hipertensi
Pemberian ekstrak kelopak rosela yang mengandung 9,6 miligram anthocyanin setiap hari selama 4 minggu, mampu menurunkan tekanan darah yang hampir sama dengan pemberian captopril 50 mg/hari. Rosela terstandar tersebut dibuat dari 10 gram kelopak kering dan 0,52 liter air (Herrera-Arellano, 2004).

Bunga Rosella untuk Asam Urat dan Kesehatan Ginjal
Tingginya kadar asam urat, kalsium dan natrium dalam darah secara mekanisme normal tubuh akan dikurangi dengan membuang kelebihan unsur tersebut melalui ginjal. Jika kondisi demikian dibiarkan berlangsung lama akan memberatkan kerja ginjal sebagai penyaring darah dalam tubuh. Kondisi ini dapat memicu kesakitan pada ginjal. Dengan mengonsumsi rosela, ditemukan penurunan kreatinin, asam urat, sitrat, tartrat, kalsium, natrium, dan fosfat dalam urin pada 36 pria yang mengonsumsi jus rosela sebanyak 16-24 g/dl/hari (Kirdpon, 1994).

Bunga Rosela Sebagai Antioksidan
Penelitian yang dilakukan oleh Ir Didah Nur Faridah MSi, periset Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor, menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang dimiliki oleh kelopak rosela terdiri atas senyawa gossipetin, antosianin, dan glukosida hibiscin yang mampu memberikan perlindungan terhadap berbagai penyakit degeneratif (akibat proses penuaan) seperti jantung koroner, kanker, diabetes melitus, dan katarak.

download lagu dangdut

Bunga Rosella untuk Kanker Darah (leukeimia)
Peneliti Faculty of Agriculture, Kagoshima University, De-Xing Hou menemukan adanya kandungan delphinidin 3-sambubioside dan cyanidin 3-sambubioside, antosianin pada rosela yang ampuh mengatasi kanker darah alias leukeimia.

Bunga Rosella untuk Diet
Bunga rosella bisa menurunkan berat badan, karena memiliki potensi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang disebut LDL dan lemak dalam tubuh.
Menurut Sayago dari Department of Nutrition, Universidad Complutense de Madrid, Spanyol, rosela mengandung 33,9% serat larut yang membantu meluruhkan lemak.

OLAHAN DARI BUNGA ROSELA
Di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli. Itu diperoleh dari serat yang terkandung dalam kelopak rosela, sementara di Jamaika, dibuat salad buah yang dimakan mentah. Ada kalanya juga dimakan dengan kacang tumbuk atau direbus sebagai pengisi kue sesudah dimasak dengan gula.
Di Mesir, rosela diminum dingin pada musim panas dan diminum panas saat musim dingin.
Di Sudan, menjadi minuman keseharian dengan campuran garam, merica, dan tetes tebu. Minuman itu juga menghilangkan efek mabuk dan mencegah batuk.
gambar manisan bunga rosela

TEH BUNGA ROSELLA
Cara Membuat Teh Bunga Rosella yaitu

  • jemurlah bunga yang sudah dipetik di bawah terik matahari selama 1-2 hari agar memudahkan pemisahan lidah kelopak dengan bijinya.
  • Kemudian cuci air bersih dan jemur kembali selama 3-5 hari.
  • Remas kelopaknya, jika mudah menjadi bubuk artinya kadar air telah mencapai 4-5%.
  • Seduh 2-3 g teh rosela dengan air mendidih hingga larut dan air berubah menjadi kemerahan.

gambar teh bunga rosela

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN ROSELLA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI ROSELLA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Dilleniidae
Ordo (Bangsa): Malvales
Familia (Suku): Malvaceae (suku kapas-kapasan)
Genus (Marga): Hibiscus
Species (Jenis): Hibiscus sabdariffa L.

NAMA-NAMA LAIN ROSELLA
Indonesia: Rosela, perambos, gamet walanda (Sunda), kasturi roriha (Ternate)
Inggris: Roselle, red sorrel
Cina: luo shen kui, luo shen hua

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Bunga ROSELLA yang meliputi Ciri-ciri ROSELLA, Klasifikasi ROSELLA, kandungan zat atau nutrisi ROSELLA serta khasiat dan manfaat ROSELLA sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri tanaman | ciri ciri rosela | tanaman rosela | ciri ciri bunga rosella | manfaat bagian tanaman rosela | ciri-ciri bunga rosella | manfaat serat rosela | Serat rosela | manfaat serat batang rosella | nama lain bunga rosella |
Rosella – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 09 Mar 2016. Rosella – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Tanaman Bunga Rosella (Hisbiscus sabdariffa) adalah spesies bunga atau tanaman hias yang berasal dari benua Afrika, yang mempunyai banyak sekali manfaat, di sini akan kita bahas seputar ciri tanaman rosella, kandungan gizi rosela, manfaat rosella, dan klasifikasi tanaman rosella, selengkapnya berikut ini! A. CIRI-CIRI TANAMAN ROSELLA BATANG Batang berkayu DAUN Daun berwarna hijau dengan […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...