Rumput Mutiara – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI RUMPUT MUTIARA

BATANG
Batang rumput ini bersegi empat, gundul atau dengan sisik sangat pendek, bercabang, dengan tebal 1 mm dan berwarna hijau kecoklatan sampai hijau keabu-abuan.
DAUN
Daunnya relatif kecil dengan panjang daun 2 – 5 cm, ujung runcing, tulang daun satu di tengah. Ujung dan pangkal daunnya runcing, berwarna hijau pucat, dengan sisik sisik kecil sepanjang tepi daunnya dengan tangkai daun sangat pendek dan memiliki rambut pendek pada ujungnya.
AKAR
Akar tanaman herba ini merupakan akar tunggang dengan garis tengah rata-rata 1 mm dengan akar cabang berbentuk benang
BUAH dan BIJI
Rumput mutiara berpenampakan tegak atau condong,sering bercabang mulal dari pangkal batangnya dengan tinggi 0,05 – 0,6 m., Rumput mutiara adalah tanaman rumput liar yang termasuk ke dalam famili Rubiaceae dan dikenal dengan nama daerah rumput siku-siku, daun mutiara, lidah ular, atau katepan.
Rumput ini tumbuh subur di tanah yang lembap, di kebun kosong yang basah, halaman rumah, pinggir jalan, dan selokan. Rumput mutiara terkenal sebagai tanaman obat yang dimanfaatkan di Cina, India dan wilayah Asia Tenggara untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

gambar rumput mutiara

Photo : Rumput Mutiara

gambar rumput mutiara

Photo : Rumput Mutiara

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN RUMPUT MUTIARA

senyawa yang terkandung di dalam rumput mutiara yaitu asam uleanolat, iridoid, asam ursolat, dan flavonoid. Kandungan Asam uleanolat dan asam ursolat dapat mencegah perkembangan pembelahan sel kanker ke tahap yang lebih ganas. Tes uji coba dari rumput mutiara adalah seekor tikus putih. Hasil penelitian pada tikus putih tersebut yang sebelumnya diinduksi secara oral dengan senyawa karsinogen (senyawa yang memacu pertumbuhan kanker) menunjukkan bahwa pertumbuhan sel kanker pada tikus yang dikasih ekstrak rumput mutiara dapat dihambat sebesar 30% dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi ekstrak rumput mutiara.

Sedangkan kandungan Iridoid yang ada pada rumput mutiara bermanfaat sebagai anti tumor, antimikroba, dan antihepatotoksik. Salah satu mekanisme hepatoprotektif dari iridoid yakni dengan menstimulasi regenerasi hati dan pembentukan sel hati baru.

Menurut hasil penelitian iridoid bahwa ternyata rumput mutiara dapat bertindak sebagai antihepatotoksik. Hal ini dilakukan dalam sebuah Penelitian pada kelinci yang sebelumnya diberi acetaminophen selama 1 bulan. Acetaminophen ini menyebabkan kerusakan hati kelinci yang ditandai dengan peningkatan SGPT dan SGOT. Setelah diberi iridoid rumput mutiara selama tiga minggu, kadar SGPT dan SGOT menurun. Dengan demikian menunjukkan bahwa pemberian iridoid rumput mutiara dapat mempercepat pemulihan kerusakan jaringan hati.

SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS:
Rasa manis, sedikit pahit, lembut, netral, agak dingin. Menghilangkan panas, anti-radang, diuretik, menyembuhkan bisul (anti carbuncular), menghilangkan panas dan toxin, mengaktifkan circulasi darah. KANDUNGAN KIMIA: Baihua she-she cao mengandung: Hentriacontane, stigmasterol, ursolic acid, oleanolic acid, Beta-sitosterol, sitisterol-D-glucoside, p-coumaric acid, flavonoid glycosides, dan baihuasheshecaosu (kemungkinan analog coumarin)

C. KHASIAT DAN MANFAAT RUMPUT MUTIARA

Seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Rumput mutiara dapat dipakai untuk menyembuhkan Kanker, Tonsilitis, pharyngitis, bronkitis, pneumonia, gondongan,radang usus buntu ,hepatitis, dan cholecystitis. rumput ini dapat juga digunakan untuk menyembuhkan penyakit luar seperti bisul, uci-uci, dan luka terinfeksi.

Berikut ini adalah beberapa resep ramuan obat menggunakan rumput mutiara :

download lagu dangdut
  • Khasiat Rumput Mutiara untuk Radang usus buntu
    50 gr rumput mutiara dicuci bersih, lalu direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Hasil rebusan diminum 2 x sehari, masing-masing 1 gelas selama 7 hari.
  • Khasiat Rumput Mutiara Atasi Sumbatan saluran sperma
    Sumbatan saluran sperma terjadi karena adanya pengikatan saluran epididymis sehingga terjadi gumpalan sperma dan mengakibatkan nyeri pada zakar. Untuk mengatasinya, rebus 30 gr rumput mutiara dengan 4 gelas air hingga mendidih dan airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring hasil rebusan dan diminum 2 x sehari, masing-masing 1 gelas. Ulangi minum selama 3-4 pekas.
  • Manfaat Rumput Mutiara untuk Kanker Iymphosarcoma, kanker lambung, serviks, kanker payudara, kanker rektum, kanker nasofaring
    Sekitar 50 gr tanaman dicuci bersih, lalu rebus dengan 14 gelas air hingga mendidih, biakan air hingga 2 gelas, lalu angkat. Saat dingin, saring hasil rebusan dan diminum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.
  • Tersiram air panas
    Ambil tanaman segar secukupnya, lalu cuci bersih. Rebus tanaman dengan air secukupnya. Gunakan air rebusan untuk mencuci bagian tubuh yang tersiram air panas. Setelah itu, olesi bagaian tubuh yang terkena air dengan lidah buaya setiap 1/2 jam sekali agar lukanya cepat sembuh.
  • Hepatitis
    Cuci bersih 50 gr tanaman, rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih, hingga airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin saring ramuan dan minu 2 x sehari, masing-masing 1 gelas.
  • Pemakaian Luar (Memar, pyodermi, gigitan ular, tersiram air panas, tulang patah, terkilir)
    Lumatkan herba segar, untuk dibubuhkan di tempat yang sakit.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN RUMPUT MUTIARA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi RUMPUT MUTIARA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Rubiales
Familia (Suku): Rubiaceae (suku kopi-kopian)
Genus (Marga): Hedyotis
Species (Jenis): Hedyotis corymbosa L. Lamk

NAMA-NAMA LAIN RUMPUT MUTIARA
Nama Latin Rumuput Mutiara : Oldenlandia Corymbosa L.
Indonesia: Rumput mutiara, lidah ular
Melayu: Bunga telor
Cina: shui xian ciao

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat RUMPUT MUTIARA yang meliputi Ciri-ciri RUMPUT MUTIARA, Klasifikasi RUMPUT MUTIARA, kandungan zat atau nutrisi RUMPUT MUTIARA serta khasiat dan manfaat RUMPUT MUTIARA sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

rumput mutiara | gambar rumput mutiara | daun mutiara | ciri-ciri rumput mutiara | manfaat rumput mutiara | khasiat rumput mutiara | bunga mutiara | rumput lidah ular | ciri ciri rumput mutiara | tanaman rumput mutiara |
Rumput Mutiara – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 10 Des 2014. Rumput Mutiara – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI RUMPUT MUTIARA BATANG Batang rumput ini bersegi empat, gundul atau dengan sisik sangat pendek, bercabang, dengan tebal 1 mm dan berwarna hijau kecoklatan sampai hijau keabu-abuan. DAUN Daunnya relatif kecil dengan panjang daun 2 – 5 cm, ujung runcing, tulang daun satu di tengah. Ujung dan pangkal daunnya runcing, berwarna hijau pucat, […]

4.9 Ahli Pengobatan
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...