Salam – Ciri-Ciri Daun Pohon Salam, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI CIRI TANAMAN SALAM

Buah salam enak juga lho rasanya meskipun yang dimanfaatin lebih luas adalah daunnya, Buah buni membulat atau agak tertekan, 12 mm, bermahkota keping kelopak, berwarna merah sampai ungu kehitaman apabila masak.

Pohon salam berukuran sedang, mencapai tinggi 30 m dan gemang 60 cm. Pepagan (kulit batang) berwarna coklat abu-abu, memecah atau bersisik.

buah salam

Gambar Buah Salam

Salam adalah nama pohon penghasil daun rempah yang digunakan dalam masakan Nusantara.

khasiat dan manfaat daun salam

Gambar: Daun Salam

Daun tunggal terletak berhadapan, dengan tangkai hingga 12 mm. Helai daun berbentuk jorong-lonjong, jorong sempit atau lanset, 5-16 x 2,5–7 cm, gundul, dengan 6-11 urat daun sekunder, dan sejalur urat daun intramarginal nampak jelas dekat tepi helaian, berbintik kelenjar minyak yang sangat halus.

Karangan bunga berupa malai dengan banyak kuntum bunga, 2–8 cm, muncul di bawah daun atau kadang-kadang pada ketiak.
Bunga kecil-kecil, duduk, berbau harum, berbilangan-4; kelopak seperti mangkuk, panjangnya sekitar 4 mm; mahkota lepas-lepas, putih, 2,5-3,5 mm; benang sari banyak, lk. 3 mm, terkumpul dalam 4 kelompok, lekas rontok; piringan tengah agak persegi, jingga kekuningan.

B. KANDUNGAN ZAT POHON SALAM

Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida, Vitamin A,Vitamin B6,Vitamin B9,Vitamin C, Kalori, Mineral, Serat, Karbohidrat. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

C. KHASIAT DAN MANFAAT DAUN SALAM

Daun salam selama ini dikenal sebagai bumbu penyedap masakan, baik untuk masakan daging, sayur mayur maupun nasi. Namun, ternyata manfaat daun salam tidak hanya sebatas sebagai penyedap karena khasiat daun salam ternyata juga baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan menjaga kebugaran tubuh. Berdasarkan hasil penelitian, daun salam sangat baik baik untuk melawan beberapa jenis penyakit kanker.
Secara tradisional, daun salam digunakan sebagai obat sakit perut. Daun salam juga dapat digunakan untuk menghentikan buang air besar yang berlebihan. Pohon salam bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain.

Penggunaan daun salam sebagai obat di atas disebabkan oleh kandungannya yakni pada daun salam kering terdapat sekitar 0,17% minyak esensial, dengan komponen penting eugenol dan metil kavikol (methyl chavicol) di dalamnya. Ekstrak etanol dari daun menunjukkan efek antijamur dan antibakteri, sedangkan ekstrak metanolnya merupakan anticacing, khususnya pada nematoda kayu pinus Bursaphelenchus xylophilus.

BERIKUT DIBAWAH INI ADALAH BEBERAPA RAMUAN RESEP OBAT MENGGUNAKAN DAUN SALAM

  1. Mengobati Asam Urat
    Daun salam juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Daun salam mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C yang dapat membantu kebutuhan pengobatan asam urat. Caranya, ambil 10 lembar daun salam dan rebus bersama sekitar 700 cc air atau 3,5 gelas belimbing. Biarkan rebusan tersebut hingga tersisa satu gelas. Saring air rebusan dan minum selagi hangat.
  2. Mengobati Diare
    Untuk mengobati diare, ambil 15 g daun dicuci bersih lalu direbus dengan 1 gelas air bersih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin disaring lalu diminum.
  3. Menurunkan Kolesterol Tinggi
    Bagi penderita kolesterol tinggi, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian arinya diminum secara teratur.
  4. Kencing manis
    Ambil 7 lembar daun salam dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampal tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum.
  5. Obat Sakit maag
    Ambil 15-20 lembar daun dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.
  6. Mabuk akibat alkohol
    Untuk mengobati orang yang mabuk alkohol, ambil 1 genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbukbsampai halus. Peras dan saring airnya, lalu diminum.
  7. Penyakit Kulit, Kudis, gatal
    Ambillah daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.
  8. Mencegah Penyakit Kanker
    Daun salam kaya akan vitamin C, vitamin A, mangan, zat besi, kalsium, dan magnesium. Kandungan lain yang terdapat di dalam daun salam di antaranya adalah kandungan asam caffeic, eugenol, quercetin, dan catechin. Parthenolide merupakan zat fitonutrien yang terkandung di dalam daun salam. Zat ini dipercaya dapat menghambat proliferasi sel-sel kanker serviks dengan cara menginduksi apoptosis, meminimalkan aktivitas pemicu tumor, dan menghambat tumor yang berhubungan dengan angiogenesis. Untuk mencegah penyakit kanker dengan daun salam, Anda bisa memasukkan dua lembar daun salam dalam setiap masakan atau membuatnya menjadi teh.
  9. Mencegah Penyakit Jantung
    Daun salam mengandung beberapa senyawa penting untuk kesehatan tubuh seperti asam caffeic, fitonutrien, dan salisilat yang berperan penting untuk menjaga kesehatan jantung sehingga seseorang yang mengkonsumsi daun salam atau mencampurkan daun salam ke dalam masakannya memiliki resiko yang rendah untuk terserang penyakit jantung.
  10. Mengatasi Radang
    Kandungan parthenolide di dalam daun salam berkhasiat sebagai agen anti inflamasi alami. Daun salam cukup efektif untuk mengobati penyakit arthritis dan beberapa jenis peradangan lainnya. Selain itu, daun salam juga dapat membantu mengatasi gangguan saat haid pada wanita, mengatasi reumatik, mengobati luka, dan mengatasi gangguan kencing. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda dapat merebus 10 lembar daun salam dengan tiga gelas air. Rebus hingga tersisa setengahnya dan minum ramuan tersebut setiap hari secara teratur.
  11. Mengobati Gangguan Pencernaan
    Daun salam dapat menyeimbangkan produksi asam lambung yang berlebihan yang sering menjadi alasan utama dari maag. Cara penyajiannya sama dengan penyajian untuk obat asam urat dan diabetes. Hanya banyaknya daun salam yang digunakan lebih banyak. Bila untuk asam urat dan diabetes membutuhkan sekitar sepuluh lembar, maka untuk kesehatan pencernaan anda membutuhkan sekitar 15 sampai 20 lembar.Enzim yang terdapat di dalam daun salam dapat membantu mengatasi kerusakan protein dan memperbaiki sistem pencernaan. Jika Anda mengalami gangguan pencernaan, Anda dapat meminum air rebusan daun salam secara teratur.
  12. Mengatasi Penyakit Diabetes
    Daun salam berkhasiat sebagai antioksidan, anti inflamasi, anti jamur, dan anti bakteri. Sifat antioksidan yang dimiliki daun salam dapat membantu mengatasi penyakit diabetes. Dengan antioksidan yang cukup, maka tubuh penderita diabetes pun dapat memproses hormon insulin lebih baik. Cucilah kurang lebih sepuluh lembar daun salam segar dan rebus dengan kurang lebih empat gelas air yang hanya akan bersisa menjadi sekitar dua gelas saja lalu dinginkan. Setelah rebusan salam hangat rata-rata saringlah rebusan salam tersebut dan minum selagi hangat.
  13. Menyembuhkan Darah Tinggi
    Daun salam memiliki kandungan flavonoida dan zat tanin yang cukup banyak sehingga daun salam sangat efektif untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Untuk menyebuhkan darah tinggi dengan daun salam, siapkan 10 lembar daun salam. Cuci ersih daun alam dan rebusdengan tiga gelas air. Didihkan dan biarkan hingga airnya hanya tersisa satu gelas saja. Minum ramuan ini satu kali sehari secara teratur
  14. Sebagai Obat Batuk
    Siapkan 7 lembar daun salam kering, 1 buah lemon atau jeruk nipis, dan 3 sendok makan madu.Rebus daun salam dalam dua gelas air.Tunggu hingga mendidik sampai air rebusannya hanya tersisa setengahnya saja.Tunggu hingga dingin dan campurkan madu serta air perasan lemon.Minum ramuan ini secara teratur selama masih batuk
  15. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Daun salam juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena daun salam mengandung vitamin C dan memiliki sifat antioksidan alami sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk mendapatkan khasiat daun salam, Anda dapat mencampurkan daun salam dalam masakan.
  16. Membantu Program Diet Sehat
    Mengkonsumsi air rebusan daur salam ternyata juga dapat menjadi salah satu solusi diet alami karena daun salam mengandung enzim dan serat. Jika Anda ingin menjalankan diet sehat dengan daun salam, siapkan 30 lembar daun salam. Cuci bersih daun salam dan rebus di dalam empat gelas air Didihkan dan biarkan sampai airnya hanya tersisa separuh. Tunggu sampai dingin dan minum ramuan ini dua gelas per hari secara rutin sebelum tidur.
  17. Untuk Kesehatan Rambut
    Daun salam koja juga diketahui dapat mencegah tumbuhnya uban di usia dini. Untuk menjaga kesehatan rambut, daun salam koja juga bisa digunakan. Caranya, campurkan daun salam koja dengan minyak rambut dan rebus selama beberapa menit. Gunakan campuran tersebut sebagai hair tonic pada rambut setiap hari.
  18. Menjaga Kesehatan Mata.
    Daun salam koja juga dipercaya mampu meningkatkan kesehatan mata. Jika tak suka memakannya dalam keadaan mentah, maka makanlah bersama masakan kari.
  19. Memutihkan dan membersihkan gigi
    Daun salam juga bisa digunakan sebagai pasta gigi secara alami. Caranya: siapkan daun salam dan kulit jeruk yang sudah dikeringkan. Ke-2 bahan tersebut ditumbuk halus dan tambahkan air hingga berbentuk pasta. Pakailah sebagai pasta gigi.
  20. Membantu Melangsingkan Tubuh
    Mengunyah beberapa lembar daun salam koja setiap hari juga bisa menurunkan berat badan, lho! Tambahkan juga daun salam koja pada menu diet untuk membantu Anda mengurangi berat badan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH SALAM

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut adalah tabel klasifikasi salam:

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Myrtales
Familia (Suku): Myrtaceae (suku jambu-jambuan)
Genus (Marga): Syzygium
Species (Jenis): Syzygium polyanthum Wigh Walp

NAMA-NAMA LAIN TUMBUHAN SALAM :
Nama Latin (Binomial):Syzygium polyanthum
Sinonim : Eugenia polyantha Wight
Melayu: ubar serai
Sunda, Jawa dan Madura: Salam
Kangean: kastolam
Jawa: manting
Sumatera: meselengan

emikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Daun Salam yang meliputi ciri-ciri Daun Salam, klasifikasi Daun Salam, kandungan zat atau nutrisi Daun Salam serta khasiat dan manfaat Daun Salam sebagai tanaman obat

Kata Kunci Pencarian :

pohon salam | pohon daun salam | ciri ciri daun salam | bentuk daun salam | ciri daun salam | ################## | gambar pohon daun salam | gambar daun salam | Ciri2 daun salam | ciri-ciri daun salam |
Salam – Ciri-Ciri Daun Pohon Salam, Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 30 Nov 2014. Salam – Ciri-Ciri Daun Pohon Salam, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI CIRI TANAMAN SALAM Buah salam enak juga lho rasanya meskipun yang dimanfaatin lebih luas adalah daunnya, Buah buni membulat atau agak tertekan, 12 mm, bermahkota keping kelopak, berwarna merah sampai ungu kehitaman apabila masak. Pohon salam berukuran sedang, mencapai tinggi 30 m dan gemang 60 cm. Pepagan (kulit batang) berwarna coklat abu-abu, […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *