Sambang Darah – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Sambang darah (Excoecaria cochinchinensis) memiliki ciri-ciri tegak tanaman hingga 200 centimeter, tanaman sambang darah merupakan tanaman yang perdu yang banyak dijadikan pagar hidup di sekitar rumah. Sambang darah juga banyak dikembangkan sebagai tanaman hias.

gambara tanaman sambang darah

Photo : Tanaman Sambang Darah

A. CIRI-CIRI SAMBANG DARAH

BATANG
Percabangan banyak dan getah berwarna putih, tangkai bercabang kayu

DAUN
Daunnya ada 2 macam. Yang pertama, mirip sarang burung dengan helaian daun yang mandul, bentuknya lebar dan membulat. Yang kedua, berbelah-belah menyerupai tanduk rusa.
Daun bagian atas halus dan berwarna hijau, sedangkan bagian bawahnya tebal dan tertutup rambut halus berwarna putih.
Daun ini membelah 3-5 kali dan panjangnya bisa mencapai 3 m dengan ujung akhir menyerupai pita. Daunnya termasuk daun yang subur (mengandung spora).
Bentuk daun berhelai lancip, Warna daun pada permukaan atas hijau tua, dan permukaan bawah merah gelap.

BUNGA
Bunga keluar dari ujung percabangan, bentuknya kecil-kecil warnanya kuning, tersusun dalam rangkaian berupa tanda, bunga jantan lebih banyak dari pada bunga betina.

BUAH dan BIJI
Buah tiga keeping, bundar, dengan diameter sekitar 1 cm

gambar daun sambang darah

Photo : Daun Sambang Darah

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN SAMBANG DARAH

Tanaman sambang darah mengandung kandungan kimia : tanin, asam behenat, triterpenoid eksokarol dan silosterol, getah mengandung resin dan senyawa yang sangat beracun.

Sambang darah rasanya pedas, sifat hangat, beracun. Tumbuhan ini berkhasiat membunuh parasit (parasitisid), menghilangkan gatal (antipruritik), dan penghenti perdarahan (hemostatis).

C. KHASIAT DAN MANFAAT SAMBANG DARAH

Berikut ini adalah beberapa pemanfaatan khasiat sambang darah sebagai obat :

Obat luka berdarah (Obat Luar)
Cuci beberapa daun sambang darah lalu tumbuk halus, Bubuhkan ada luka dan tutup dengan kain kasa untuk beberapa saat, Setelah agak kaku lalu bersihkan dengan air hangat

Menyembuhkan sakit benguk atau gondok kelenjar ludah (parotitis epidermica)
Ambil 3 lembar daun, cuci bersih, lalu giling sampai lumat. Tambahkan air dan garam secukupnya, lalu lumaskan di sekeliling bagian yang sakit.

Disentri
Cuci daun sambaing darah (15 lembar), lalu rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa dua gelas. Setelah dingin, saring airnya untuk dua kali minum, pagi dan sore hari.

download lagu dangdut

Muntah darah
Cuci daun sambaing darah (10 lembar), lalu giling halus. Tambahkan garam seujung sendok the dan air masak sebanyak setengah cangkir. Aduk merata, lalu saring dan peras dengan sepotong kain. Minum sekaligus.

Menanggulangi haid tidak teratur / Pendarahan Haid
Ambil daun 2 lembar, cuci bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan air matang 1 cangkir dengan sedikit garam. Minum 2x sehari (1 cangkir).

Perdarahan setelah bersalin, keguguran
Cuci akar kering sambang darah sebesar satu setengah jari kelingking, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan dua gelas air minum sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin saring dan minum sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN SAMBANG DARAH

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI SAMBANG DARAH

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Euphorbiales
Familia (Suku): Euphorbiaceae
Genus (Marga): Excoecaria
Species (Jenis): Excoecaria cochinchinensis Lour.

NAMA-NAMA LAIN SAMBANG DARAH
Nama Ilimiah / Latin / Binomial :Excoecaria cochinchinensis Lour
Sinonim : Excoecaria bicolor Hassk
Indonesia: Sambang darah, daun lamban, daun remek daging, ki sambang
Cina: ji wei mu

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat SAMBANG DARAH yang meliputi Ciri-ciri SAMBANG DARAH, Klasifikasi SAMBANG DARAH, kandungan zat atau nutrisi SAMBANG DARAH serta khasiat dan manfaat SAMBANG DARAH sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

tumbuhan Fibre Primvital | sambang darah | fibre primvital | pohon fibre primvital | daun sambang | nama lain Fibre Primvital | tanaman fibre primvital | daun sambang darah | klasifikasi sambang darah | ciri pohon bidara |
Sambang Darah – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 02 Mar 2015. Sambang Darah – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Sambang darah (Excoecaria cochinchinensis) memiliki ciri-ciri tegak tanaman hingga 200 centimeter, tanaman sambang darah merupakan tanaman yang perdu yang banyak dijadikan pagar hidup di sekitar rumah. Sambang darah juga banyak dikembangkan sebagai tanaman hias. A. CIRI-CIRI SAMBANG DARAH BATANG Percabangan banyak dan getah berwarna putih, tangkai bercabang kayu DAUN Daunnya ada 2 macam. Yang […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...