Sambung Nyawa

DESKRIPSI TANAMAN SAMBUNG NYAWA
Tanaman sambung nyawa / sambong nyowo adalah salah satu jenis tanaman asli indonesia yang dari sejak dulu digunakan oleh masyarakat untuk mengobati berbagai penyakit.

Tanaman sambung nyowo mempunyai nama ilmiah/nama latin Gynura procumbens, Belakangan ini penelitian tentang khasiat daun sambung nyawa tidak hanya dilakukan di Indonesia saja, tetapi juga di negara lain seperti Malaysia, Singapura, bahkan di Korea Selatan. Daun Sambung Nyawa mengandung 4 senyawa flavonoid, tanin, saponin dan steroid ( triterpenoid ).
gambar manfaat tanaman daun sambung nyawa
Dulunya daun sambung nyawa biasanya dikonsumsi hanya sebagai lalapan yang dimakan sebagai hidangan pelengkap, namun sekarang sudah bisa dikonsumsi secaara praktis dalam bentuk kapsul.

Sambung Nyawa banyak terdapat di Pulau Jawa dan Sumatra, sebagian tumbuh liar di pulau Bali.

Ciri-ciri tanaman daun sambung nyawa dapat dilihat dari pertumbuhan tanaman berbentuk perdu tegak bila masih muda. Tanaman ini bisa saja merambat setelah mencapai usia cukup tua.

Cara pengembangbiakan tanaman sambung nyawa dapat dilakukan dengan stek batang

A. CIRI-CIRI TANAMAN SAMBUNG NYAWA

DAUN
Daun berwarna hijau muda, panjang tangkai daun sekitar 0,5 cm sampai 1,5 cm, letak daunnya berselingan.
Daun sambung nyawa berbentuk helaian, bulat telur memanjang antara 3,5 hingga 12,5 cm. Lebar daun antara 1 hingga 5,5 cm, ujung daun tumpul dan meruncing pendek, di pangkalnya membulat. Sedangkan tepi daun tampak rata, bergelombang atau agak bergigi.

Permukaan daunnya terasa agak sedikit kasar karena memiliki bulu-bulu halus, daun yang bergelombang, menyirip dan sedikit bergigi.
Daun tanaman ini mempunyai susunan dan fragmen yang sesuai dengan anatomi keluarga bunga matahari atau Asteraccae.
Apabila daunnya diremas akan mengeluarkan bau aroma khas.

BUNGA
Perbungaan dengan susunan bunga majemuk cawan, 2- 7 cawan tersusun dalam susunan malai (panicula) sampai malai rata (corymb), setiap cawan mendukung 20-35 bunga, ukuran panjang 1,5cm – 2 cm, lebar 5-6 mm. Tangkai karangan dan tangkai bunga gundul atau berambut pendek, tangkai karangan 0,5- 0,7 cm.

BUAH
Buah berbentuk garis, panjang 4 – 5 mm, coklat.
pohon daun sambung nyawa Gynura procumbens

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN SAMBUNG NYAWA

Menurut studi, beberapa kandungan yang terdapat pada daun sambung senyawa antara lain flavonoid, saponin, triterpen, polifenol, tanin, saponin, steroid, dan minyak atsiri.

Selain itu, daun sambung senyawa ini memiliki sifat netral, dingin, antitoktik, anti kanker, anti radang, serta bersifat hiportensif yang dapat menurunkan tekanan darah.

Ekstrak tanaman sambung nyawa mengandung senyawa kimia berupa antimicrobial, anticarcirogenic, antiinflammatory dan antihypertensive.

C. KHASIAT DAN MANFAAT SAMBUNG NYAWA

Berikut di bawah ini adalah beberapa khasiat manfaat tanaman sambung nyawa, serta bagaimana caranya meramu obat menggunakan tanaman sambung nyawa

Loading...
  • Untuk menbogati gigitan serangga, ular : Tumbuk daun sambung nyawa sebanyak 10 lembar, kemudian tempelkan pada kulit yang terdapat luka, biarkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Mengatasi pendarahan rahim, muntah darah : Gunakan pohon Sambung nyawa dan umbinya 1 batang, kunyit 1 jari, kayu secang (tua) yang telah diserut 1/4 genggam. Kunyit dikupas, diiris tipis, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan air 2 gelas hingga tinggal 1 1/2 gelas. Angkat dan saring, diminum 2 kali sehari ½ gelas.
  • Mengobati bisul :  Daun Sambung nyawa segar 8 gram dicuci, ditumbuk sampai lumat. Kemudian ditempelkan pada bisul.
  • Mengobati diabetes : Siapkan beberapa helai daun sabung nyawa atau 7 lembar yang masih segar, cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan debu, kotoran, atau bakteri. Setelah itu, anda bisa langsung mengkonsumsinya secara langsung sebagai lalap dengan nasi. Lakukanlah cara ini setiap makan 2 kali dalam satu hari.
  • Mengobati darah tinggi : siapkan 7 helai daun sambung nyawa, cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dari daun tersebut. Setelah itu, anda bisa langsung mengkonsumsinya sebagai lalapan, bisa juga di kukus, di tumis, atau bisa juga dibuat seperti jus.
  • Mengobati sinusitis dan pita tenggorokan : Siapkan 4 – 7 helai daun sambung nyawa yang masih segar, kemudian cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan kotorannya. Setelah itu, anda bisa langsung mengkonsumsinya sebagai lalap atau di buat seperti jus.
  • Mengobati penyakit tumor : Siapkan 3 helai daun sambung nyawa segar, lalu bersihkan dengan air mengalir agar bersih dari kotoran atau debu. Setelah itu, makan sebagai lalap nasi secara rutin dan teratur.
  • Mengobati liver : Siapkan 3 lembar daun sambung nyawa segar, lalu cuci dengan air mengalir untuk menghilangkan debu dan kotorannya. Setelah itu konsumsi sebagai lalapan nasi atau jus dan sebagainya. Perlu di perhatikan bagi penderita penyakit ini untuk menghindari makanan atau mengkonsumsi yang berlemak.
  • Mengobati ambeien : Siapkan 3 – 5 lebar daun sambung nyawa yang masih segar, lalu cuci dengan air mengalir agar bersih. Setelah itu, konsumsilah sebagai lalapan nasi atau dikonsumsi secara langsung.
  • Mengobati kolestrol tinggi : Siapkan 3 helai daun sambung nyawa segar, cuci dengan air mengalir agar lebih segara dan untuk menghilangkan kotoranya. Setelah itu, konsumsilah sebagai lalap nasi dengan rutin dan teratur.
  • Mengobati maag : lakukanlah dengan mengkonsumsinya secara langsung daun sambung nyawa yang segar dan sudah di bersihkan.
  • Mengobati eksim : Siapkan 7 helai daun sambung nyawa segar, asam sebanyak 10 gr, rimpang temulawak sebanyak 5 jari, gula jawa 20 gr. Rebus semua bahan-bahan alami ini dengan air sebanyak dua gelas, biarkan sampai tersisa satu gelas. Lalu saring dan pisahkan dari ampasnya, kemudian minum sekaligus sampa habis. Lakukanlah cara ini secara teratur dan rutin sampai eksim hilang.
  • Mengobati titanus : Siapkan 5 helai daun sambung nyawa segar dan bersih, asam tengguli sebanyak 3 jari, rimpang kencur 2 jari, rimpang bangle ½ jari, dan gula enau sebanyak 3 jari. Kemudian rebus semua bahan ini dengan air sebanyak empat gelas sampai mendidih sampai tersisa 3 gelas. Saring, dan minum secara rutin dan teratur setiap hari.
  • Menjaga kesehatan ginjal : Konsumsilah rebusan daun sambung nyawa atau dengan cara seperti di buat jus. Konsumsilah 2 kali dalam satu hari secara rutin dan teratur.
  • Mengobati Kista, Kanker dan Tumor : Sediakan 4 gram daun segar 4, ditambah 7 gram akar daruju, dan 3 gram benalu. Masukkan kedalam 120 ml air mendidih, kemudian seluruh herba ditumbuk hingga halus. Tunggu hingga dingin, kemudian ramuan disaring dan diminum seluruhnya sehari sekali, selama 30 hari.
  • Mengobati Asam Urat, Kencing Manis/Diabetes : Ambil 5 lembar daun sambung nyawa, kemudian diseduh kedalam 110 ml air panas, minum ramuan ini sekali sehari.
  • Sebagai Pembersih Luka : Ambil daun secukupnya, kemudian ditumbuk halus dan dimasukkan ke dalam air. Rendam luka ke dalam air selama 30 menit.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN SAMBUNG NYAWA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI SAMBUNG NYAWA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Subkingdom:
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Asterales
Familia (Suku): Asteraceae
Genus (Marga): Gynura
Species (Jenis): Gynura procumbens.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat SAMBUNG NYAWA yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Kata Kunci Pencarian :

ciri daun dan pohon sambung nyawa | daun sambung nyowo |

Tinggalkan komentar