Selasih – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI SELASIH

BATANG
Bercabang banyak di bagian atas, dengan tinggi sekitar 50 -80 cm.

DAUN
Ciri-ciri daun selasih tunggal, letaknya berhadapan, bertangkai panjangnya 0.5 – 2 cm, berbentuk bulat telur sampai memanjang dengan permukaan daun berambut halus, ujung daun runcing dan tepinya bergerigi.

BUNGA
Bunganya tersusun dalam tandan, keluar dari ujung percabangan, berwarna ungu dan putih. Selasih berbiji keras dengan warna coklat tua

BUAH dan BIJI
Biji ini jika kering berwarna hitam berukuran mungil sebesar biji wijen hitam. Jika direndam air akan terlihat selaput bening di pinggirannya. Biasanya, biji yang disebut basil seed atau biji selasih ini digunakan sebagai pelengkap dalam es buah, puding, atau makanan ringan lainnya

DESKRIPSI TANAMAN SELASIH
Selasih termasuk tanaman semak tahunan atau setahun, berbau wangi/harum, Tumbuhan ini menyukai tempat-tempat lembab dan teduh. Sering kita jumpai mereka tumbuh liar di tepi jalan. Ada juga yang ditanam di pekarangan dan di kebun.

Gambar Tanaman Selasih

Photo: Tanaman Selasih

Pernahkah anda mengkonsumsi campuran minuman yang berbentuk bulat-bulat kecil dengan selaput bening seperti telur-telur kodok? Mungkin bagi sebagian orang tidak mengetahui namanya. Tetapi bagi mereka yang pernah atau suka memakannya akan menamainya dengan telur kodok atau malah menyangka bahwa benda itu benar-benar telur kodok. Sebenarnya benda itu adalah biji tanaman selasih yang mempunyai nama lain solasih, ruku-ruku atau kuruku dan dalam bahasa Inggrisnya termasuk kelompok Sweet Basil atau dalam bahasa latinnya termasuk kelompok Ocimum spp.

gambar jus biji selasih

Minuman Biji Selasih

Berbagai bagian tumbuhan ini berbau dan berasa khas, kadang-kadang langu, harum, atau manis, tergantung kultivarnya. Beberapa di antaranya bahkan dapat membuat mabuk. Beberapa jenis selasih, misalnya kemangi, berasal dari Asia Tenggara, namun sebagian besar dianggap berasal dari anak benua India.

gambar biji selasih

Photo: Biji Selasih

Terdapat 35 jenis species selasih, di antaranya : Ocimum americanum, Ocimum basilicum, Ocimum campechianum, Ocimum gratissimum, Ocimum kilimandscharicum, Ocimum tenuiflorum

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN SELASIH

Berdasar penelitian, selasih mempunyai 3 jenis bahan aktif yang sudah di kenal yaitu eugenol yang dapat berfungsi sebagai fungisida, tymol yang dapat befungsi sebagai repellent ( penghalau serangga ) dan metal eugenol yang berfungsi sebagai atraktan ( pemikat ) hama lalat buah.

Kandungan utama tanaman selasih lainnya adalah minyak atsiri yang terdiri dari linalool, methylchavicol, citral, geraniol, ocimenen, 1.8 cincole, encalyptole, himonene, eugenol methyl ether, furfural, methyl cinnamate, farnesol

C. KHASIAT DAN MANFAAT SELASIH

Selasih, tlasih, basil, atau basilikum (Ocimum) adalah segolongan terna yang dimanfaatkan daun, bunga, dan bijinya sebagai rempah-rempah serta penyegar (tonikum).

Berbagai tradisi boga dunia, seperti Italia, Cina, India, dan Thai banyak menggunakan selasih sebagai bagian dari penyedap utama. Di Italia, daun selasih yang dikeringkan merupakan salah satu komponen saus pesto yang khas Genoa.

Ibadah di gereja-gereja Kristen Ortodoks melibatkan selasih (basil) sebagai bagian dari kebaktian. Tanaman basil biasa diletakkan pada sejumlah tempat di gereja.

Menurut Prof. Hembing, seorang ahli tanaman menyebutkan bahwa biji selasih memiliki beberapa khasiat, Khasiat biji selasih bagi kesehatan, diantaranya:

  • Biji Selasih untuk Mengurangi Kegelisahaan ataupun Susah Tidur
    Bagi Anda yang mengalami kegelisahan berat, baik itu karena keadaan keluarga ataupun persoalan kerja. Cobalah konsumsi beberapa biji selasih ataupun makanan yang telah dilengkapi dengan biji selasih. Karena menurut penelitian biji selasih memiliki khasiat menenangkan.
  • Khasiat Biji Selasih untuk Mengatasi Gangguan Pencernaan
    Biji selasih sangat baik untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit, gunakanlah biji selasih secukupnya bila perlu penggunaan biji selasih disajikan dengan makanan.
  • Biji selasih Sebagai obat herbal
    Biji selasih banyak digunakan untuk campuran beberapa macam hidangan seperti jus, es buah/es campur, pudding maupun jelly.Biji selasih dalam hal ini banyak mengandung nutrisi terkonsentrasi seperti karbohidrat, vitamin, mineral, lemak dan serat sehingga sangat bagus digunakan sebagai herbal pereda gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, sembelit dan diare.
  • Mengontrol kadar gula darah
    Berfungsi mengontrol kadar gula darah tinggi pada mereka yang terkena sakit diabetes tipe 2. Menurut beberapa penelitian kesehatan, biji selasih dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.
  • Membantu menahan lapar
    Biji selasih sangat bagus diberikan kepada mereka yang sedang melakukan program diet karena berfungsi membantu menahan rasa lapar.
  • Membantu insomnia
    Khasiat biji selasih bagus untuk mengurangi kegelisahan atau pun susah tidur. Bagi Anda yang menderita penyakit gelisah berlebihan atau susah tidur, sangat baik secara rutin mengkonsumsi beberapa biji selasih ataupun makanan/minuman berbahan dasar bisi selasih. Karena biji selasih mempunyai khasiat menenangkan.
  • Khasiat Biji Selasih lainya
    Khasiat biji selasih lainya menurut Prof. Hembing yaitu untuk merangsang penyerapan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan penderita kejang, sebagai penurun demam, sebagai pembersih racun dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara Meramu biji selasih sebagai pengobatan herbal :

  • Untuk mengatasi penyakit radang lambung
    sediakan 5 gram biji selasih lalu rebuslah dengan suhu air 200 cc, campurlah dengan 1 sendok makan madu murni. Minum ramuan ini selagi hangat-hangat kuku, lakukan rutin 2 kali dalam sehari, pagi dan malam hari.
  • Sebagai ramuan kecantikan
    tumbuklah biji selasih hingga halus, seduh dengan air panas secukupnya. Aduk rata hingga terbentuk pasta, dinginkan. Gunakan sebagai lulur pada wajah dan leher Anda, lakukanlah 1 hari sekali yaitu menjelang mandi sore.
  • Untuk obat sakit gigi
    ambilah 10 gr biji selasih, rebuslah bersama 4 butir cengkeh dengan air mendidih secukupnya. Lalu minumlah air tersebut selagi hangat-hangat kuku selama masa sakit hingga sembuh betul.
  • Sebagai penenang
    Anda yang sering mengalami kegugupan, rasa khawatir berlebihan dan mudah marah, biji selasi dapat dijadikan obat penenang, caranya seduhlah 5 gr biji selasih dengan air 200 cc. Lalu minumlah selagi hangat, bisa ditambah dengan campuran madu dan perasan air jeruk nipis.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN SELASIH

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Selasih

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Lamiales
Familia (Suku): Lamiaceae
Genus (Marga): Ocimum
Species (Jenis): Ocimum basilicum L.

NAMA-NAMA LAIN SELASIH
Indonesia: Selasih
Inggris: Sweet basil
Pilipina: Balanoy

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat SELASIH yang meliputi Ciri-ciri SELASIH, Klasifikasi SELASIH, kandungan zat atau nutrisi SELASIH serta khasiat dan manfaat SELASIH sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

biji fibre primvital | buah selasih | pohon selasih | biji selasih | daun selasih | pohon biji selasih | bentuk buah selasih | tanaman selasih | biji selasih berasal dari | asal biji selasih |
Selasih – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 30 Des 2014. Selasih – Ciri-Ciri Tanaman, Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI SELASIH BATANG Bercabang banyak di bagian atas, dengan tinggi sekitar 50 -80 cm. DAUN Ciri-ciri daun selasih tunggal, letaknya berhadapan, bertangkai panjangnya 0.5 – 2 cm, berbentuk bulat telur sampai memanjang dengan permukaan daun berambut halus, ujung daun runcing dan tepinya bergerigi. BUNGA Bunganya tersusun dalam tandan, keluar dari ujung percabangan, berwarna […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...