Semangka

loading...

Semangka adalah tanaman yang dapat menghasilkan buah segar yang banyak mengandung air, tanaman semangka mempunyai nama ilmiah ‘Citrullus lanatus (Thunb.) Matsum. & Nakai‘, tanaman semangka masih sekerabat dengan ketimun, labu-labuan, dan melon.
Tanaman semangka cukup tahan kekeringan terutama bila telah memasuki masa pembentukan buah.

gambar kandungan manfaat buah semangka

A. CIRI-CIRI TANAMAN SEMANGKA

BATANG
Tanaman ini merambat tapi tidak dapat tidak dapat memanjat dan membentuk akar adventif,. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.

DAUN
Daunnya berwarna hijau dan berlekuk-lekuk di tepinya.

BUNGA
Bunganya sempurna, berwarna kuning, kecil (diameter 3cm).
Memiliki 2 jenis bunga pada satu tumbuhan (andromonoecious monoklin): bunga jantan, yang hanya memiliki benang sari (stamen), dan bunga banci/hermafrodit, yang memiliki benang sari dan putik (pistillum).
Bunga banci dapat diketahui dari adanya bakal buah (ovarium) di bagian pangkal bunga berupa pembesaran berbentuk oval.

BUAH dan BIJI
Semangka memiliki kulit buah yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau. Buahnya berbentuk, bulat, bulat telur dan bulat panjang, Tergantung kultivarnya, daging buahnya ada berwarna merah dan ada juga yang kuning, bijinya ketika masih muda berwarna putih dan ketika tua berwarna hitam kecoklatan
Berat buah semangka bisa mencapai kurang lebih 5kg

B. KANDUNGAN ZAT BUAH SEMANGKA

Buah semangka tinggi antioksidan penting seperti beta-karoten dan likopen, serta citrulline dan asam amino yang bagus untuk kesehatan tubuh.
gambar pohon tanaman buah semangka
Nutrisi penting yang terdapat dalam buah semangka per 100 g (3,5 oz) adalah :
Energi : 127 kJ (30 kcal)
Karbohidrat :7.55 g
– Gula 6.2 g
– Serat pangan 0.4 g
Lemak : 0.15 g
Protein : 0.61 g
Air :91.45 g
Vitamin A equiv. : 28 μg (3%)
Tiamina (Vit. B1) : 0.033 mg (3%)
Riboflavin (Vit. B2) : 0.021 mg (1%)
Niasin (Vit. B3) : 0.178 mg (1%)
Asam Pantotenat (B5) : 0.221 mg (4%)
Vitamin B6 : 0.045 mg (3%)
Folat (Vit. B9) : 3 μg (1%)
Vitamin C : 8.1 mg (14%)
Kalsium : 7 mg (1%)
Besi : 0.24 mg (2%)
Magnesium : 10 mg (3%)
Fosfor : 11 mg (2%)
Kalium : 112 mg (2%)
Zink :0.10 mg (1%)
Persentase diatas merujuk pada rekomendasi Amerika Serikat untuk dewasa ( Data Nutrisi USDA)

Secangkir biji semangka kering mengandung 30,6 gram protein, itu sama halnya dengan memenuhi jumlah kebutuhan protein harian sebanyak 61% dari jumlah yang dibutuhkan perharinya. Protein biji semangka ini terdiri dari beberapa asam amino, salah satunya adalah arginin.
Biji buah semangka juga mengandung mineral magnesium yang berlimpah. Magnesium yang terdapat dalam biji seamngka sebanyak 556 mg, atau sekitar 139% lebih banyak kebutuhan magnesium tubuh perharinya.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUAH SEMANGKA

  • Semangka Untuk Kesehatan jantung
    Likopen, citruline dan arginine yang terkandung dalam buah semangka sangat bagus untuk kesehatan jantung.
    lycopene efektif melindungi sel jantung dari kerusakan dan menurukan risiko penyakit jantung, Arginine pun dapat membantu mengurangi lemak berlebih yang bisa menimbulkan kolesterol hingga serangan jantung mendadak.
  • Alternativ pengganti cairan tubuh
    Buah semangka mengandung 92% air dan elektrolit yang sangat bagus untuk mencegah dehidrasi.
  • Kesehatan rambut dan kulit
    Vitamin A yang terkandung pada buah semangka bisa membantu menjaga kulit dan rambut tetap lembap. tak hanya itu, semangka juga membantu mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang baik untuk kulit wajah.
  • Mengatasi nyeri otot
    Studi dari Journal of Agricultural and Food Chemistry di Spanyol menemukan, bahwa minum jus semangka membantu menenangkan otot setelah berolahraga. Atlet yang mengonsumsi lebih dari 16 ons jus buah ini dalam 1 jam sebelum berolahraga cenderung terhindar dari risiko nyeri otot.
  • Meningkatkan nafsu seks (Mencegah Impoten)
    Kandungan citrulline dalam kulit semangka mengandung asam amino yang sangat khas. Asam amino lebih banyak terdapat pada bagian kulit ketimbang buahnya. Kandungan citrulline ini dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan libido, seperti cara kerja obat kuat atau viagra.
  • Menurunkan tekanan darah
    Kandungan citrulline pada kulit semangka dapat meningkatkan aliran darah dalam tubuh sehingga tekanan darah pun jadi tetap tabil.
  • Mengatasi Lemak yang Menumpuk (Diet)
    Kandungan asam amino citruline yang dikandung buah semangka dapat secara efektif mengatasi lemak yang menumpuk dalam tubuh. Semangka mampu melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh dan melarutkannya dalam saluran pencernaan, oleh karena itu semangka dapat digunakan jika sedang melakukan diet.
  • Membantu Mencukupi Kebutuhan Gizi Harian
    Buah Semangka termasuk buah yang rendah kalori dan banyak mengandung gizi yang dibutuhkan tubuh.
  • Mengatasi Sembelit
    Buah semangka yang tinggi kandungan air dan serat dapat membantu mengatasi susah buang air besar disebabkan oleh berbagai hal salah satunya kurangnya serat di dalam tubuh.
  • Menjaga Kesehatan Ginjal
    Kandungan potassium Buah semangka dapat membantu membersihkan endapan beracun pada ginjal. Semangka juga bermanfaat mengurangi konsentrasi asam urat sehingga dapat membantu mengurangi kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal. Kandungan air yang tinggi pada buah semangka juga mampu mendorong untuk buang air kecil sekaligus membantu membersihkan ginjal.
  • Mencegah Kanker (prostat)
    Kandungan vitamin C dan likopen yang tinggi buah semangka berperan penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit kanker, Likopen sendiri mampu mengurangi risiko munculnya kanker prostat. semangka juga mengandung antioksidan yang berperan untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN SEMANGKA

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI SEMANGKA

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Dilleniidae
Ordo (Bangsa): Violales
Familia (Suku): Cucurbitaceae – Cucumber family
Genus (Marga): Citrullus Schrad. – watermelon
Species (Jenis): Citrullus lanatus (Thunb.) Matsum. & Nakai – watermelon

NAMA-NAMA LAIN BUAH SEMANGKA
Tembikai, water melon

Catatan : Bila Anda mengalami kondisi hiperkalemia serius, yaitu terlalu banyak kalium dalam darah, tidak diizinkan untuk mengonsumsi lebih dari satu cangkir semangka perhari. Secangkir buah semangka memiliki kandungan 140 mg kalium. Menurut National Institutes of Health, hiperkalemia dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur dan masalah kardiovaskular lainnya.

Tinggalkan komentar