Harendong – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Tanaman harendong atau senduduk atau kluruk, dan masih banyak lagi nama-nama lainnya, apa saja manfaat dari tanaman ini, berikut ini adalah info selengkapnya!
Melastoma pics

A. CIRI-CIRI TANAMAN HARENDONG

BATANG
perdu tegak setinggi 0,5m – 4m yang bercabang banyak dan dapat tumbuh pada tempat-tempat yang mendapat cukup sinar matahari seperti di lereng gunung, semak, lapangan yang tidak terlalu gersang.
DAUN
Daunnya tunggal, bertangkai, letaknya berhadapan bersilang dan berbentuk bulat telur dengan ujung lancip, pangkal membulat, tepi rata, permukaan berambut pendek yang jarang dan kaku sehingga teraba kasar dengan 3 tulang daun yang melengkung, panjang 2 – 20 cm, lebar 0,75 – 8,5 cm, warnanya hijau.
BUNGA
Bunganya keluar di ujung cabang, berupa malai rata dengan jumlah bunga tiap malai 4-18 yang berwarna ungu kemerahan, kuntumnya berdiri sendiri dengan bentuk yang indah.
BUAH dan BIJI
Buahnya berwarna merah, berbentuk oval, dan kecil-kecil ± 6 mm.
Biji kecil-kecil, warnanya cokelat. Buahnya dapat dimakan, sedangkan daun muda bisa dimakan sebagai lalap atau disayur.

harendong pics

DESKRIPSI TANAMAN HARENDONG
Tanaman senduduk tumbuh liar di ladang atau di tepi rawa-rawa, atau ditanam di daerah obyek wisata sebagai tanaman hias pada ketinggian sampai 1.650 di atas permukaan laut.
Ekstrak senggani dapat digunakan untuk zat analgetik sebagai penghilang rasa sakit, peluruh kemih, menghilangkan pembengkakan serta menghentikan pendarahan.

Penyakit yang dapat diobati : Gangguan pencernaan (dispepsi), disentri basiler, diare, hepatitis, ; Keputihan (leukorea), sariawan, haid berlebihan, wasir darah, ; Pendarahan rahim, berak darah (melena), keracunan singkong, ; Radang dinding pembuluh darah; pembekuan (tromboangitis);

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN HARENDONG

Komposisi : Sifat Kimia dan Efek Farmakologis : Daun Senggani rasanya pahit.
Kandungan Kimia : Daun senggani mengandung saponin, flavonoida, dan tanin.
Daun dan akar mengandung zat penyamak.

C. KHASIAT DAN MANFAAT HARENDONG

Senggani berkhasiat untuk mengatasi : gangguan pencernaan makanan (dispepsi), disentri basiler, diare, hepatitis, keputihan (leukorea), sariawan, darah haid berlebihan, perdarahan rahim diluar waktu haid, mimisan, berak darah (melena), wasir berdarah, radang dinding,pembuluh darah disertai pembekuan darah didalam salurannya (tromboangitis), air susu ibu (ASI) tidak lancar, keracunan singkong, mabuk minuman keras, busung air, dan bisul.

PENERAPAN TANAMAN SENGGANI SEBAGIA RAMUAN OBAT

Obat ayan (epilepsi) : 8 potong akarnya, dicuci, dan digepuk. Kemudian direbus dengan 600 ml air hingga tersisa setengahnya. Saring dan minum 2x sehari (150 ml).

Obat Keputihan : Daun senggani segar sebanyak 2 genggam, jahe, dan bengle masing-masing seukuran ibu jari dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Masukkan 3 gelas air dan 1 sendok makan cuka, lalu direbus sampai airnya tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari, masing – masing 1 gelas.
Jahe dan bengle dapat diganti dengan 3 kuncup bunga cempaka dan 3 buah biji pinang yang tua.

download lagu dangdut

Disentri basiler : daun senggani dan aseman (Polygonum chinense), masing -masing bahan segar sebanyak 60 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum sekaligus

Obat Sariawan : Daun senggani muda sebanyak 2 lembar dicuci bersih lalu dibilas dengan air matang. Daun tersebut kemudian dikunyah dengan sedikit garam, lalu airnya ditelan

Obat Bisul : Daun senggani segar sebanyak 50 g direbus. Air rebusannya diminum, arnpasnya dilumatkan dan dibubuhkan pada bisul, lalu dibalut.

Menetralkan racun : Singkong Akar atau daun senggani sebanyak 60 g direbus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu minum sekaligus.

Pendarahan rahim : Biji senggani sebanyak 15 g digongseng (goreng tanpa minyak)sampai hitam lalu direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring dan diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas. Lakukan setiap hari sampai sembuh.

Obat mencret : 5 lembar daun, dicuci bersih dengan air matang, dikunyah dengan sedikit garam, dan telan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN HARENDONG

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI HARENDONG

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Myrtales
Familia (Suku): Melastomataceae
Genus (Marga): Melastoma
Species (Jenis): Melastoma affine D. Don

NAMA-NAMA LAIN SENDUDUK
Sinonim : Melastoma malabathricum, Melastoma polyanthum Bl, Melastoma Candidum
Indonesia: Harendong (Sunda). kluruk, senggani (Jawa).; Senduduk (Sumatera). kemanden (Madura).; Yeh mu tan (China). singapore rhododendron (Inggris).; Sinonim : M.septemnervium, Lour, M.affine D., Don, M.malabathricum Auct. non., Linn., M. polyanthum, Bl. Familia : Melastomataccae; Spesies : Malastoma candidom.
Inggris: blue tongue, native lassiandra

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat HARENDONG yang meliputi Ciri-ciri HARENDONG, Klasifikasi HARENDONG, kandungan zat atau nutrisi HARENDONG serta khasiat dan manfaat HARENDONG sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

harendong | buah harendong | Daun harendong | pohon harendong | kembang harendong | bunga harendong | daun senduduk | manfaat daun harendong | tanaman harendong | klasifikasi melastoma malabathricum |
Harendong – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 20 Jun 2015. Harendong – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Tanaman harendong atau senduduk atau kluruk, dan masih banyak lagi nama-nama lainnya, apa saja manfaat dari tanaman ini, berikut ini adalah info selengkapnya! A. CIRI-CIRI TANAMAN HARENDONG BATANG perdu tegak setinggi 0,5m – 4m yang bercabang banyak dan dapat tumbuh pada tempat-tempat yang mendapat cukup sinar matahari seperti di lereng gunung, semak, lapangan yang […]

4.9 Ahli Pengobatan
4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...