Serai

Serai adalah tumbuhan yang termasuk dalam anggota suku rumput-rumputan yang umumnya digunakan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan atau masakan.

Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut.
gambar tanaman serai lemon grass cymbopogon citratus
Serai merupakan tanaman tropis asli Pulau Asia Tenggara dan diperkenalkan ke banyak daerah tropis.
Serai mempunyai nama ilmiah Cymbopogon citratus, dan juga mempunyai nama inggris lemon grass
Tanaman serai sering dijual dalam bentuk batang. Daun serai telah digunakan dalam pengobatan tradisional dan sering ditemukan dalam suplemen herbal dan teh.

Daun kering serai dapat juga diseduh menjadi teh, baik sendiri atau sebagai penyedap teh lainnya, seduhan daun kering serai memberikan rasa yang mengingatkan pada jus lemon tetapi dengan rasa manis yang ringan tanpa rasa asam atau getir.

gambar manfaat batang daun serai

KANDUNGAN ZAT TANAMAN SERAI

Kandungan serai antara lain yaitu sitronela, yang tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu, serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya.

Minyak serai mengandung 65-85% citral selain myrcene, citronella, citronellol, dan geraniol.

Dalam pengobatan tradisional Brasil, diyakini memiliki sifat ansiolitik, hipnotis, dan antikonvulsan.

Dalam pengobatan tradisional India, daun tanaman serai digunakan sebagai stimulan, sudorific, antiperiodik, dan anticatarrhal, sedangkan minyak atsiri digunakan sebagai karinatif, depresan, analgesik, antipiretik, antibakteri, dan agen antijamur.

Serai sebetulnya memiliki sumber-sumber vitamin dan gizi seperti vitamin A dan C, asam folat, magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium. Tidak hanya vitamin dan energi saja, serai juga memiliki sifat antibakterial yang menguntungkan, antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik, dan insektisida.

KHASIAT DAN MANFAAT SERAI

Daun, batang dan umbi serai semua bagian dari tumbuhannya bisa digunakan menjadi khasiat kesehatan tubuh seperti contoh di bawah ini:

Loading...
  • Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk, baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya.
  • Sebagai antioksidan : Teh daun serai dapat menghilangkan racun dari tubuh dengan menghilangkan retensi cairan.
  • Menjaga Pencernaan tetap sehat : Serai memiliki energi pendingin yang menenangkan perut dan menjaga fungsi pencernaan tetap terkendali. Serai mengandung komponen yang disebut citral yang mencerna makanan.
  • Teh serai juga digunakan sebagai obat kuno untuk semua masalah perut dalam pengobatan Cina seperti kembung, sembelit atau gangguan pencernaan.
  • Mengatur Tekanan Darah Tinggi : Serai kaya kalium yang meningkatkan produksi urin dalam tubuh kita, yang pada gilirannya merangsang sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, juga membantu dalam memurnikan hati. Serai juga bisa meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.
  • Meningkatkan Metabolisme serta Membakar Lemak : Teh serai bagus untuk menurunkan berat badan karena membantu meningkatkan metabolisme yang membuat pencernaan lebih cepat. Serai membakar lebih banyak kalori. Sebuah laporan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition pada 2013 menunjukkan bahwa polifenol yang ditemukan dalam senyawa tumbuhan alami ini kaya kandungan kafein.
  • Perawatan kencatikan : Serai adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang bagus yang merupakan nutrisi penting untuk kulit dan rambut yang indah. Dengan meningkatkan sirkulasi darah, serai bisa membersihkan kulit, mengatasi tekstur berminyak dan juga bekerja untuk mengobati seperti jerawat dan eksim.
  • Menyembuhkan Pilek dan Flu : Serai memiliki sifat antibakteri dan anti-jamur yang membantu mengatasi pilek, batuk, dan flu. Serai juga mengandung Vitamin C yang memperkuat kekebalan tubuh.
  • Meredakan Nyeri Haid : Karena efeknya yang menenangkan Teh serai dapat mengurangi nyeri haid
  • Mencegah naiknya kolesterol : Daun dan akar serai memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan sifat anti-hiperkolesterolemia yang membantu menghasilkan kadar kolesterol yang sehat. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi rutin teh serai, telah menunjukkan hasil yang signifikan dalam mempertahankan tingkat trigliserida dan mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.
  • Detoksifikasi : Manfaat serai lainnya adalah dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Detoksifikasi dengan tanaman serai membantu membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh, termasuk fungsi hati dan ginjal.
  • Mengobati insomnia : Serai didapuk berkhasiat membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yang membantu Anda lebih nyenyak saat tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh serai memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisa membantu dalam meningkatkan waktu dan kualitas tidur.
  • Mengobati infeksi dan penyakit kulit : Serai dapat bekerja sebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati infeksi kulit seperti kurap, luka, kudis, dan infeksi saluran kencing karena mengandung sifat anti-mikrobanya yang mampu membasmi jamur pada tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak serai menimbulkan efek baik pada infeksi kulit.
  • Mengonsumsi teh serai juga dapat berkhasiat melancarkan buang air kecil.

KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN SERAI

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI SERAI

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Liliopsida – Monocotyledons
Sub Kelas : Commelinidae
Ordo (Bangsa): Cyperales
Familia (Suku): Poaceae ⁄ Gramineae – Grass family
Genus (Marga): Cymbopogon Spreng. – lemon grass
Species (Jenis): Cymbopogon citratus (DC. ex Nees) Stapf – lemon grass

NAMA-NAMA LAIN SERAI
Lemon Grass

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat SERAI yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Tinggalkan komentar