Siantan – Manfaat Tanaman Dan Ciri-Cirinya

loading...

Namanya bunga siantan, seperti nama daerah di indonesia memang, bunga ini bermanfaat untuk mengobati, TBC, Tipes dan demam berdarah, selengkapnya berikut ini :
gambar bunga siantan

A. CIRI-CIRI TANAMAN SIANTAN

BATANG
Berbatang coklat kehitaman, bercabang banyak, cabang muda berwarna coklat kemerah-merahan.
DAUN
Daun berwarna hijau tua, memiliki panjang 6 hingga 13 cm dan lebar 3 sampai 4 cm. Daunnya tunggal, terletak berhadapan-bersilang, tangkai daunnya sangat pendek, berbentuk bulat telur sungsang sampai lonjong dengan tepian rata, daun muda di ujung tangkai berwarna merah kecoklatan, permukaannya mengkilat, bagian ujung dan pengkalnya runcing.
BUNGA
Bunga siantan merupakan bunga majemuk berwarna oranye atau jingga dan tumbuh di ujung tangkai.
BUAH dan BIJI
Buah siantan membulat, berukuran kecil antara 7 hingga 8 milimeter dan berwarna merah keunguan.
gambar tanaman siantan
DESKRIPSI TANAMAN SIANTAN
Siantan biasanya ditanam sebagai tanaman hias dan dipakai untuk bunga sembahyang agama Budha. Tanaman perdu tegak ini tingginya sekitar 1-2,5 m, Tanaman Siantan memang termasuk tanaman perdu yang memiliki manfaat sangat lengkap, baik batang, daun, bunga maupun akar yang bisa dimanfaatkan lebih dari sekedar tanaman hias.

Menurut penelitian, tanaman siantan memiliki sifat kimiawi dan efek farmakologis berupa rasa manis, sejuk, hypotensive, mengecilkan bekuan darah (reduce hematoma), dan menghilangkan sakit (alagesic)

Dengan sifat kimiawi yang lengkap seperti itu, tanaman Siantan memang termasuk salah satu obat alami yang semestinya banyak dipergunakan. Misalnya saja dengan sifat farmakologisnya yang bisa menghilangkan rasa sakit, tanaman Siantan cocok dikonsumsi sebagai obat pereda sakit yang selama ini dalam obat kimia berasal dari aspirin dan paracetamol.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN SIANTAN

Akar tanaman siantan memiliki kandungan minyak aromatik, ditambah dengan komposisi tannin dan asam lemak. Daun siantan mempunyai beberapa kandungan zat kimia, di antaranya kaemferol, quercetin, proanthocyanidins, asam fenolik and asam ferulik. Untuk bunganya, tanaman ini mengandung cyanidin dan flaconboids.

C. KHASIAT DAN MANFAAT SIANTAN

Menurut beberapa sumber rujukan disebutkan beberapa hal yang bisa disembuhkan dengan Siantan di antaranya adalah siklus haid tidak teratur hingga tidak datang haid, TBC, batuk sampai batuk darah, badan ngilu, luka memar, koreng, borok kulit dan hipertensi.

download lagu dangdut
  1. Haid tidak teratur, haid tidak datang (amenorrhea), dan hipertensi
    Rebus 10-15 gr bunga siantan lalu minum airnya (bisa dicampur madu jika berselera)
  2. TBC paru, batuk, dan batuk darah
    Rebus 30-60 gr akar siantan,Saring, ambil airnya dan minum secara teratur. Untuk TBC paru yang disertai batuk dan batuk darah, lebih manjur ditambahkan 10 gram grancao dan direbus dalam waktu 3 jam untuk sekali minum. Bila tidak ada grancao, bisa diganti dengan 60 gram daging sapi tanpa lemak dan dibuat sup untuk diminum dengan airnya.
  3. Luka terpukul, badan ngilu, terkilir, dan koreng
    Rebus tangkai dan daun siantan segar lalu gunakan airnya untuk mencuci bagian yang sakit atau lumatkan lalu tempelkan pada tempat yang sakit.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN SIANTAN

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI SIANTAN

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Rubiales
Familia (Suku): Rubiaceae (suku kopi-kopian)
Genus (Marga): Ixora
Species (Jenis): Ixora stricta Roxb.

NAMA-NAMA LAIN SIANTAN
Nama Umum : Bunga Siantanandiflora (Siantan)
Nama Ilmiah : Ixora stricta atau Ixora chinensis
Cina: Long chuan hua

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat SIANTAN yang meliputi Ciri-ciri SIANTAN, Klasifikasi SIANTAN, kandungan zat atau nutrisi SIANTAN serta khasiat dan manfaat SIANTAN sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

bunga siantan | siantan | manfaat bungA siantan | khasiat bunga siantan | ciri ciri bunga siantan | obat siantan | tanaman hias dan ciri cirinya | bunga sikatan | bunga srikatan | siantan obat typus |
Siantan – Manfaat Tanaman Dan Ciri-Cirinya Ahli Pengobatan 09 Agu 2015. Siantan – Manfaat Tanaman Dan Ciri-Cirinya

loading… Namanya bunga siantan, seperti nama daerah di indonesia memang, bunga ini bermanfaat untuk mengobati, TBC, Tipes dan demam berdarah, selengkapnya berikut ini : A. CIRI-CIRI TANAMAN SIANTAN BATANG Berbatang coklat kehitaman, bercabang banyak, cabang muda berwarna coklat kemerah-merahan. DAUN Daun berwarna hijau tua, memiliki panjang 6 hingga 13 cm dan lebar 3 sampai 4 […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...