Singkong – Ciri Tanaman, Kandungan Zat, Khasiat dan Klasifikasinya

loading...

Anda tentunya sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini, yaitu Singkong (Ubi atau ketela pohon), selengkapnya tentang tanaman singkong meliputi ciri-ciri tanaman, kandungan zat, khasiat dan manfaat serta klasifikasinya dapat anda simak dibawah ini

gambar tanaman singkong

Photo Pohon tanaman singkong

A. CIRI-CIRI TANAMAN SINGKONG

BATANG
Perdu, bisa mencapai 7 meter tinggi, dengan cabang agak jarang.

DAUN
Kalo sekilas diperhatikan daunnya mirip daun ganja, atau seperti bintang

gambar daun singkong

Photo daun singkong

BUAH
Ukuran umbi (Buah) rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm, tergantung dari klon/kultivar. Bagian dalam umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan.

gambar umbi singkong

Photo umbi singkong

AKAR
Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan.

gambar singkong gajah

Photo singkong gajah

DESKRIPSI TANAMAN SINGKONG
Singkong dikenal juga dengan nama Ketela pohon, ubi kayu adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbi singkong dikenal sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Umbi singkong tidak tahan lama meskipun disimpan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat meracun bagi manusia.
Umbi ketela pohon merupakan sumber energi yang kaya karbohidrat namun sangat miskin protein. Sumber protein yang bagus justru terdapat pada daun singkong karena mengandung asam amino metionina.

Umbi singkong dapat dimakan mentah. Kandungan utamanya adalah pati dengan sedikit glukosa sehingga rasanya sedikit manis. Pada keadaan tertentu, terutama bila teroksidasi, akan terbentuk glukosida racun yang selanjutnya membentuk asam sianida (HCN). Sianida ini akan memberikan rasa pahit. Umbi yang rasanya manis menghasilkan paling sedikit 20 mg HCN per kilogram umbi segar, dan 50 kali lebih banyak pada umbi yang rasanya pahit. Proses pemasakan dapat secara efektif menurunkan kadar racun

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN SINGKONG

Umbi Singkong kaya akan kandungan zat karbohidrat, Daun singkong kaya akan protein mentah yang cukup tinggi. Bahkan, jika dibandingkan dengan daun golongan Amaranthus (bayam). Selain kaya akan protein, daun singkong juga mengandung jumlah serat yang cukup tinggi.

Kandungan gizi singkong per 100 gram mengandung

download lagu dangdut
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalori 121 kal
  • Air 62,50 gram
  • Fosfor 40,00 gram
  • Kalsium 33,00 miligram
  • Vitamin C 30,00 miligram
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 miligram
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 miligram

Sedangkan daun singkong yang banyak dijadikan sayuran pada masakan Sunda dan masakan Padang memiliki nutrisi Protein 6.8 gram, Kalsium 165mg, Fosfor 54mg, Besi mg 2.0, Vitamin A 11000 IU, Vitamin C 275mg

C. KHASIAT DAN MANFAAT SINGKONG

Berdasarkan kandungan protein pada daun singkong diperkirakan dapat membantu tubuh memproduksi hormon dan enzim yang dibutuhkan tubuh. Protein tersebut juga membantu memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein atau menjalani pola makan yang kaya akan protein juga bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Sehingga, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, mungkin daun singkong bisa menjadi salah satu variasi untuk menu makanan Anda.

Berdasarkan kandungan serat, daun singkong bermanfaat bagi anda yang dalam program menurunkan berat badan, pasti akrab dengan manfaat serat. Dan daun singkong bisa menjadi salah satu pilihan menu harian Anda. Pasalnya, daun singkong ternyata juga mengandung serat cukup tinggi yang diperkirakan dapat memberikan beberapa manfaat seperti menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Meski kandungan protein cukup tinggi, sayangnya daun singkong tergolong minim asam amino. Asam amino adalah senyawa organik yang bergabung menjadi protein dengan fungsi untuk memperbaiki jaringan tubuh, menguraikan makan, dan sumber energi tubuh. Meski manfaat daun singkong cukup banyak bagi tubuh, tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara mentah. Baik daun maupun akar singkong memiliki kandungan sianida yang bisa berbahaya bagi tubuh manusia.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN SINGKONG

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI SINGKONG

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Subkingdom:
Super divisi:
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta
Classis (Kelas): Magnoliopsida
Sub Kelas :
Ordo (Bangsa): Malpighiales
Familia (Suku): Euphorbiaceae
Genus (Marga): Manihot
Species (Jenis): Manihot esculenta / Manihot utilissima,

NAMA-NAMA LAIN SINGKONG
Singkong adalah nama lokal di kawasan Jawa Barat untuk tanaman ini. Nama “ubi kayu” dan “ketela pohon” dipakai dalam bahasa Melayu secara luas. Nama “ketela” secara etimologi berasal dari kata “castilla” (dibaca “kastilya”), karena tanaman ini dibawa oleh orang Portugis dan Castilla (Spanyol).

Dalam bahasa lokal, bahasa Jawa menyebutnya pohung, bahasa Sangihe bungkahe, bahasa Tolitoli dan Gorontalo kasubi, dan bahasa Sunda sampeu.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat SINGKONG yang meliputi Ciri-ciri SINGKONG, Klasifikasi SINGKONG, kandungan zat atau nutrisi SINGKONG serta khasiat dan manfaat SINGKONG sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri tanaman singkong | gambar singkong | deskripsi tanaman singkong | ciri ciri singkong | ciri ciri singkong racun | pohon singkong | klasifikasi singkong | ciri ciri tumbuhan singkong | tanaman singkong | ciri singkong |
Singkong – Ciri Tanaman, Kandungan Zat, Khasiat dan Klasifikasinya Ahli Pengobatan 09 Mar 2017. Singkong – Ciri Tanaman, Kandungan Zat, Khasiat dan Klasifikasinya

loading… Anda tentunya sudah tidak asing dengan tanaman yang satu ini, yaitu Singkong (Ubi atau ketela pohon), selengkapnya tentang tanaman singkong meliputi ciri-ciri tanaman, kandungan zat, khasiat dan manfaat serta klasifikasinya dapat anda simak dibawah ini A. CIRI-CIRI TANAMAN SINGKONG BATANG Perdu, bisa mencapai 7 meter tinggi, dengan cabang agak jarang. DAUN Kalo sekilas diperhatikan […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...