Sirsak – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Tanaman sirsak atau buah sirsak akan kami bahas lengkap disini :

A. CIRI-CIRI SIRSAK

BATANG
Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter.
DAUN
Tumbuh menyirip, Berwarna hijau, dengan ukuran diameter kurang lebih 3cm dan panjang 7cm, daun sirsak mempunyai bau yang khas.
gambar daun sirsak
BUNGA
Bunga sirsak berwarna kuning berbau harum
gambar bunga sirsak
BUAH dan BIJI
Buah sirsak bukan buah sejati, yang ukurannya cukup besar hingga 20–30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg. Yang dinamakan “buah” sebenarnya adalah kumpulan buah-buah (buah agregat) dengan biji tunggal yang saling berhimpitan dan kehilangan batas antar buah. Daging buah sirsak berwarna putih dan memiliki biji berwarna hitam.
gambar buah sirsak
DESKRIPSI TANAMAN SIRSAK
Sirsak berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Sirsak di Indonesia didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Tanaman sirsak dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair, sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Nama sirsak berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam.
Biji buah sirsak beracun, dan dapat digunakan sebagai insektisida alami

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN SIRSAK

Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1 dan vitamin B2 yang cukup banyak.

Buah Sirsak mengandung Mineral yaitu fosfor dan kalsium, mempunyai kadar sodium (natrium) yang rendah, tetapi tinggi potasium (kalium), Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen nongizi. Salah satu di antaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g per 100 g daging buah.

Daun sirsak mengandung acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, muricapentocin.

C. KHASIAT DAN MANFAAT SIRSAK

Daun sirsak memiliki manfaat yang sangat luar biasa yakni mampu menghambat pertumbuhan bakteri, membantu menghambat mutasi gen, membantu menghambat perkembangan virus, membantu menghambat perkembangan parasit, membantu menghambat pertumbuhan tumor, membantu merileksasi otot, sebagai anti kejang, membantu meredakan nyeri, mampu menekan peradangan, menurunkan kadar gula darah, menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan saraf, membantu menyehatkan jantung, membantu meningkatkan produksi asi pada itu hamil, membantu melebarkan pembuluh darah, membunuh cacing parasait, mengurangi stres, menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

Manfaat daun sirsak ternyata 10.000 kali lebih kuat kandungan dan kemampuannya dari kemoterapi dalam mengobati kanker. Ini berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan, pada masyarakat kuno daun sirsak sudah diketahui manfaatnya dan banyak digunakan untuk mengobati penyakit.
Sekitar tahun 1965, berbagai studi para ilmuwan membuktikan ekstrak daun sirsak memiliki khasiat yang lebih baik dari kemoterapi, bahkan ekstrak tersebut bisa memperlambat pertumbuhan kanker.
Pada tahun 1976, National Cancer Institute telah melakukan penelitian ilmiah dan hasilnya menyatakan batang dan daun sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Ini karena kandungannya yang sangat tinggi senyawa proaktif bagi tubuh, ini jarang ditemukan pada buah lainnya.

Negeri Ginseng Korea juga tak kalah dalam masalah penelitian, setelah melakukan penelitian mereka menemukan bahwa ada satu senyawa kimia yang berperan selektif membunuh sel kanker usus besar serta 10.000 kali lebih berpotensi sebagai obat kemoterapi yang ditemukan dalam sirsak. Namun dibalik khasiatnya itu ternyata senyawa ini selektif memilih sel target kanker sehingga tidak merusak sel-sel yang sehat.

Manfaat daun sirsak telah diteliti juga baru-baru ini dalam sebuah studi, bahwa daun pohon sirsak sangat efektif untuk kanker prostat, pankreas dan paru-paru. Hasil penelitian ini ternyata sudah disimpan selama bertahun-tahun sejak zaman dulu, tapi banyak orang yang tidak mengetahuinya, entah karena faktor apa. Bahkan berdasarkan 20 tes laboratorium tentang manfaat daun sirsak yang dilakukan sejak tahun 1970 menunjukkan hasil yang luar biasa, daun sirsak memiliki khasiat yang sangat baik, sperti: – Menyerang sel-sel kanker secara efektif karena tidak membahayakan sel yang sehat, serta tidak menyebabkan rasa mual ekstrim, kehilangan berat badan dan rambut rontok.

download lagu dangdut

Daun sirsak memiliki target yang efektif dan bisa membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, termasuk kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas. – Mampu meningkatkan energi di dalam tubuh. – Menambah stamina dan fitness. – Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan. – Mampu mencegah radikal bebas, dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Perlu di ingat bahwa klaim ini dinyatakan berhasil dalam uji coba laboratorium, dan untuk uji coba pada Manusia belum ada bukti secara medis

Cara teradisional mengonsumsi daun sirsak adalah dengan merebusnya menggunakan 3 gelas air sampai tinggal 1 gelas, kemudian diminum 2 sampai 3 kali sehari. Daun yang digunakan adalah daun sirsak yang sudah tua dan berwarna hijau tua. Cara kerja ramuan daun sirsak di dalam tubuh mirip kemoterapi, yaitu menimbulkan efek panas, namun ini terjadi pada beberapa orang saja. Tidak semuanya merasakan efek yang sama. Khasiat daun sirsak ini biasanya mulai terasa setelah mengonsumsi selama 2 minggu.

Contoh Ramuan obat Menggunakan Daun Sirsak :

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Kandungan yang terdapat pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh.
    Caranya, siapkan 4/5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari.
  • Mengobati Sakit Pinggang
    Rebusan daun sirsak ternyata juga bermanfaat untuk mengobati sakit pinggang.
    Caranya, ambil 20 Lembar daun sirsak kemudian direbus dengan menggunakan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas serta minum 1 kali sehar 3/4 gelas.
  • Dapat Mengobati Asam Urat
    Daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat asam urat. Banyak pengobatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat.
    Caranya sangat mudah yaitu dengan daun sirsak yang sudah cukup tua tapi masih hijau, kira-kira 6 sampai 10 lembar kemudian cuci bersih. Selanjutnya daun sirsak dipotong-potong dengan tujuan memastikan kandungan pada daun benar benar keluar. Rebus daun tersebut dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisah satu gelas. Minum ramuan tersebut sehari dua kali yaitu pagi dan malam hari.
  • Menghilangkan Bisul
    Bisul adalah salah satu gangguan kulit yang menjadi momok selain nyeri, ternyata bisul muncul tidak kenal tempat. Bisa di tubuh bisa juga diwajah, nah yang paling merepotkan bila munculnya di wajah karena bisa mengganggu kecantikan.
    Caranya, ambil lima sampai 10 lembar daun sirsak yang masih muda lalu tempelkan ditempat yang terkena bisul hingga bisul mengering.
  • Mengobati Eksim dan Rematik
    Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian tubuh yang dirasa ngilu atau sakit karena rematik atau eksim secara teratur 1 hari dua kali.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN SIRSAK

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI SIRSAK

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Magnoliidae
Ordo (Bangsa): Magnoliales
Familia (Suku): Annonaceae
Genus (Marga): Annona
Species (Jenis): Annona muricata L.

NAMA-NAMA LAIN SIRSAK
Nama Latin sirsak : Annona muricata
Indonesia: Sirsak, nangka sabrang, nangka walanda
Inggris: Soursop
Melayu: Durian Belanda, Durian Benggaka,
Vietnam: Mang Cau Xiem
Thailand: Thurian Thet, Thurian Khaek
Pilipina: Guyabano, Atti, Illabanos

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat SIRSAK yang meliputi Ciri-ciri SIRSAK, Klasifikasi SIRSAK, kandungan zat atau nutrisi Buah SIRSAK serta khasiat dan manfaat Daun SIRSAK sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

nama latin sirsak | ciri ciri daun sirsak | nama latin daun sirsak | ciri ciri sirsak | ciri ciri tanaman sirsak | ciri ciri tumbuhan sirsak | apa itu biji fibre primvital | ciri daun sirsak | ciri ciri buah sirsak | bentuk daun sirsak |
Sirsak – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 03 Mei 2015. Sirsak – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Tanaman sirsak atau buah sirsak akan kami bahas lengkap disini : A. CIRI-CIRI SIRSAK BATANG Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. DAUN Tumbuh menyirip, Berwarna hijau, dengan ukuran diameter kurang lebih 3cm dan panjang 7cm, daun sirsak mempunyai bau yang khas. BUNGA Bunga sirsak berwarna kuning berbau harum BUAH dan BIJI Buah sirsak […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...