Sumpet Kendi

Loading...

Tanaman sumpet kendi adalah tanaman yang biasanya digunakan sebagai pengganti daun cincau untuk membuat jelly, tanaman ini mempunyai nama ilmiah Stephania capitata.
Pertumbuhan tanaman sumpet kendi termasuk cepat, sementara ukurannya jarang membesar, oleh karena itu ditopang dengan penyangga agar tanaman tumbuhan ini tidak merunduk, atau kalau tidak, tumbuhan ini dapat merambat atau memanjat pada tumbuhan lain, Ditempat tertentu pada cabangnya sering muncul akar-akar gantung.
Stephania capitata pics

Penyebarannya hampir di seluruh asia tenggara, di hutan-hutan pinus di daerah pegunungan (400m-1600m diatas permukaan laut), ditempat yang agak lembab, sedikit terlindung pepohonan lain dan tempat yang cukup air.

A. CIRI-CIRI TANAMAN SUMPET KENDI

BATANG
Batang dan cabangnya maupun cabangnya berkayu, kulit batangnya halus tampak mengkilat seperti berminyak.

DAUN
Daun berwarna hijau, berbentuk bulat telur agak memanjang, runcing pada kedua ujungnya, mengkilat dan licin permukaannya.

BUNGA
Bunga werwarna hijau kekuningan tersusun mirip seperti bentuk payung.

gambar daun sumpet kendi

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN SUMPET KENDI

Nutrisi penting yang terdapat dalam tanaman SUMPET KENDI antara lain : Mengandung polisakarida yang dapat dengan mudah mengikat air dalam jumlah yang banyak sehingga membentuk jelly

C. KHASIAT DAN MANFAAT SUMPET KENDI

Daunnya sebagai pendingin perut : ambil beberapa lembar daun dan remas-remas dengan campuran sedikit air, saring dan biarkan mengental hingga menjadi jelly dan siap dimakan
manfaat tanaman sumpet kendi

loading...

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN SUMPET KENDI

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI SUMPET KENDI

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Subkingdom:
Super divisi:
Divisio (Pembagian):
Classis (Kelas):
Sub Kelas :
Ordo (Bangsa): Ranunculales
Familia (Suku): Menispermaceae
Genus (Marga): Stephania
Species (Jenis): Stephania capitata

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN SUMPET KENDI
Nama Lokal : Akar Talur (Sumatera Barat), Areuy Camcauh Minyak/Trawulu Minyak / Areuy Geureung (Sunda), Sibarungut (Sumatera Barat) Sumpet Kendi (Jawa)

Synonyms
Stephania truncata Yamamoto
Stephania obvia Miers
Stephania longifolia Becc.
Stephania acuminatissima Walp.
Stephania acuminata Spreng.
Clypea capitata Blume
Clypea acuminatissima Blume

Sekian pengenalan tentang Tanaman Obat Sumpet Kendi yang dapat kami publikasikan

Tinggalkan komentar