SUPLIR

gambar tanaman suplir paku adiantumcapillus-veneris

A. CIRI-CIRI TANAMAN SUPLIR

BATANG
Rizhoma merayap, mempunyai ruas-ruas yang panjang, jarang menunjukkan batang yang nyata (Rukmana.1997).

DAUN
Daunnya cenderung membulat seperti segitiga terbalik. Daun-daunya sering kali bersisik atau berambut. Kebanyakan daun fertile sama dengan daun steril, tetapi juga dijumpai adanya dimorfisme.
daun tumbuh dari rimpang dalam bentuk melingkar ke dalam (bahasa Jawa: mlungker) seperti tangkai biola(disebut circinate vernation) dan perlahan-lahan membuka. Akarnya serabut dan tumbuh dari rimpang.

AKAR
Akarnya serabut dan merupakan rimpang tegak, yang akar sejatinya semakin menaik atau memanjat.
Akar berupa rhizome beruas pendek yang muncul akar-akar berupa serabut.
Pada ujung akar dilindungi oleh kaliptra atau tudung akar. Di belakang kaliptra terdapat titik tumbuh berupa sebuah sel yang berbentuk bidang empat, yang kearah luar membentuk sel-sel kaliptra, sedangkan jika menuju kearah dalam membentuk sel-sel akar (Tjitrosoepomo.2009).

DESKRIPSI TANAMAN SUPLIR
Suplir adalah salah satu jenis tumbuhan paku (paku-pakuan)yang cukup populer, tumbuhan ini biasanya untuk penghias ruang atau taman.

Tumbuhan Suplir berkembang biak dengan cara memperbanyak diri secara generatif dengan spora yang terletak pada bagian tepi sisi bawah daun yang sudah dewasa.

Tumbuhan Suplir kebanyakan hidup di tempat-tempat yang terlindung seperti pada lereng pegunungan.
Penyiraman harus diperhatikan bila memelihara suplir sebagai tanaman hias, karena kalau daun sudah kering tidak dapat segar hanya dengan penyiraman, Penanganannya yaitu dengan membuang seluruh ental yang kering hingga dekat rizoma dan memberi sedikit media tumbuh tambahan. Tunas baru akan muncul Dalam waktu beberapa hari

Tumbuhan Suplir menyukai tanah yang gembur, lembab dan kaya bahan organik (humus). Pemupukan dengan kadar nitrogen lebih tinggi disukainya. Pembentukan spora memerlukan tambahan fosfor dan kalium.

B. MANFAAT TANAMAN SUPLIR

Selain tanaman hias, suplir banyak dipilih karena manfaatnya sebagai penyerap racun di udara agar terasa lebih bersih dan segar.
Suplir juga digunakan sebagai bahan makanan.

Loading...

Dalam pengobatan tradisional Iran, infus daun Adiantum capillus-veneris digunakan untuk terapi penyakit kuning.

Tanaman ini digunakan secara medis oleh penduduk asli Amerika. Orang-orang Mahuna menggunakan tanaman secara internal untuk rematik, dan orang-orang Navajo dari Kayenta, AZ menggunakan infus tanaman sebagai lotion untuk sengatan lebah dan kelabang. Orang-orang Navajo juga merokok atau menggunakannya secara internal untuk mengobati penyakit mental.

C. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN SUPLIR

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI SUPLIR

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi:
Divisio (Pembagian): Pteridophyta – Ferns
Classis (Kelas): Filicopsida
Sub Kelas :
Ordo (Bangsa): Polypodiales
Familia (Suku): Pteridaceae – Maidenhair Fern family
Genus (Marga): Adiantum L. – maidenhair fern
Species (Jenis): Adiantum capillus-veneris L. – common maidenhair

Tinggalkan komentar