Tanaman Turi – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Tanaman turi adalah tanaman berpohon kecil dan berkayu lunak, tingginya dapat mencapai 5-12 m, berikut ini info selengkapnya mengenai ciri tanaman turi, kandungan zat tanaman turi, serta khasiat dan manfaat turi

A. CIRI-CIRI TANAMAN TURI

BATANG
Batang tanaman turi berlendir dan berair, ranting menggantung, kulit luar tidak rata dengan alur membujur dan melintang tidak beraturan dengan lapisan gabus yang mdah terkelupas.
DAUN
Daun Majemuk dan tersebar, memiliki daun penumpu, anak daun bentuknya jorong memanjang, rata dan menyirip genap.
Memiliki daun penumpu sepanjang 1/2-1 cm. Anak daunnya bentuknya jorong memanjang, rata, dan menyirip genap. Panjang tangkai daun 20-30 cm. Tangkainya pendek, dan setiap tangkai berisi 20-40 pasang anak daun.
gambar daun turi
BUNGA
Warna bunganya ada yang merah dan ada juga yang putih. Ada juga yang berwarna gabungan kedua-duanya.
Letaknya menggantung dengan 2-4 bunga dan bertangkai, kuncupnya berbentuk sabit.
Bunganya apabila mekar, berbentuk seperti kupu-kupu, Bunganya besar dan keluar dari rantingnya.

gambar turi putih

Gambar Turi Putih

gambar turi merah

Gambar Turi Merah

BUAH dan BIJI
Buahnya berbentuk polong, menggantung, bersekat, dengan panjang 20-55 cm, sewaktu muda berwarna hijau, dan sudah tua berwarna kuning keputih-putihan. Sedangkan bijinya berbentuk bulat panjang, dan berwarna coklat muda
AKAR
Akarnya berbintil-bintil dan berguna untuk menyuburkan tanah.

DESKRIPSI TANAMAN KEMBANG TURI
Turi (Sesbania grandiflora) merupakan pohon kecil anggota berkayu lunak serta berumur pendek.
Tumbuhan ini ditanam sebagai tumbuhan hias di halaman-halaman rumah dan di sawah-sawah sebagai tanaman pelindung.
Turi biasanya digunakan sebagai tanaman pelidung pohon rambatan bagi tanaman lada atau vanila.
gambar pohon kembang turi
Budidaya Tanaman Turi : Perbanyakan turi dilakukan dengan biji atau stek batang, biji-biji tersebut disemai terlebih dahulu, biji yang ditabur tanpa naungan dapat berkecambah hingga 80%.
Tanaman turi dianjurkan untuk dikembangkan di dalam areal pertanian karena membantu membasmi hama

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN TURI

Menurut penelitian ilmiah, getah tumbuhan ini merupakan astringen. Ia mengandung zat pewarna utama, yakni agatin dan zantoagatin, kemudian basorin, dan tanin. Biji tumbuhan ini mengandung 70% protein, dan daunnya mengandung saponin yang tidak berbahaya,bahkan dapat dijadikan pengganti sabun untuk mencuci pakaian.

Bunganya mengandung konten gula variabel dan sumber vitamin B. Semua bagian tumbuhan ini dilaporkan dapat menyembuhkan rabun senja; kalau memang demikian, tumbuhan ini mengandung vitamin A.

Penelitian terbaru mendapatkan bahwa akar turi mengandung bahan-bahan aktif yang bersifat anti-tuberkulosis terhadap bakteria Mycobacterium tuberculosis. Bahan-bahan itu di antaranya adalah asam betulinat dan tiga macam isoflavanoid

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN TURI

Berikut dibawah ini adalah khasiat dan manfaat tanaman turi :

  • Tanaman Turi untuk Lalapan
    Daun, bunga dan polongnya yang masih muda dapat dimakan sebagai sayur atau lalap setelah direbus terlebih dahulu. Daun muda ini baunya tetap tidak enak dan berlendir, sekalipun telah dikukus, bunganya terasa gurih dan manis, sehingga digemari sebagai campuran pecel.
  • Tanaman Turi Sebagai Obat Tradisional
    • Pepagannya dapat dipergunakan sebagai obat. Kulit kayu ini diremas dalam air atau direbus, dan airnya diminum untuk mengobati seriawan, disentri, murus darah, atau menceret pada umumnya. Namun jika terlalu banyak diminum, air rebusan ini akan bekerja sebagai obat muntah (emetik).
    • Kulit kayunya yang berwarna merah dijual dengan nama kayu timor. Kadar tanin yang tinggi inilah yang menyebabkan dapat digunakan untuk penyembuhan luka atau disentri.
    • Bunga pohon turi sering digunakan untuk memontokkan payudara wanita serta melancarkan ASI ibu menyusui.
    • Daunnya baik digunakan untuk mengatasi keputihan.
  • Getah Turi untuk Penyamak dan Pewarna
    Pepagan turi mengeluarkan getah bening yang akan mengeras menjadi gom apabila kena udara. Gom ini dimanfaatkan sebagai pengganti gom arab, dan digunakan dalam makanan dan perekat, di Karimunjawa, lendirnya digunakan untuk pewarna.
    Getah turi itu dimanfaatkan nelayan zaman dahulu untuk mengolesi tali pancing dan jala agar lebih awet. Getah ini juga dapat dicampurkan ke dalam cat hitam yang dipakai untuk mengawetkan tambang atau kayu bangunan; selain itu getah juga bersifat mengikat cat. Gom turi digunakan pula sebagai perekat dalam penjilidan buku.
    Di samping getah, cairan rebusan pepagan turi dipakai untuk merendam alat-alat penangkap ikan sehingga tahan lama.
    Di Kebumen, air rebusan yang dicampur dengan jelaga dipakai untuk memberi warna hitam pada kerajinan anyaman bambu
  • Kayu Tanaman Turi untuk bahan kertas
    Batang/kayu turi dapat diolah menjadi kertas dengan campuran bambu. Bubur kayu turi dapat dipakai untuk membuat kertas kelas menengah ke bawah:kertas koran, majalah, kertas tulis, atau untuk barang cetakan murah.
    Kulit pohon turi yang sudah dijadikan bubuk dapat digunakan untuk kosmetik. Daunnya yang mengandung saponin dapat digunakan untuk menggantikan sabun setelah diremas-remas dalam air untuk mencuci pakaian
  • Tanaman Turi Sebagai Pakan Ternak
    Daun-daun turi juga dapat dipergunakan untuk makanan ternak dan pupuk hijau.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN TURI

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI TANAMAN TURI

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Fabales
Familia (Suku): Fabaceae (suku polong-polongan)
Genus (Marga): Sesbania
Species (Jenis): Sesbania grandiflora Pers

NAMA-NAMA LAIN TURI
Indonesia: Turi (Jw., Sd., Tern., Tid., Hal., Sang., Alor); namun juga toroy (Md.), tuwi (Bl.), turing, suri (Sulut), tuli (Tal.), palawu (Bm.), gala-gala (Timor), ngganggala, kalala (Rote), suri (Mdw.), uliango (Gtl.), tanunu (Smb.), kayu jawa (Baree dan Mks.), ajatulama (Bgs.)
Inggris: Agati, Sesban tree
Thailand: Sano kin dok
Pilipina: Katurai

Sinonim
Robinia grandiflora L.
Aeschynomene grandiflora L.
Sesban grandiflorus Poir.
Agati grandiflora Desv.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat TURI yang meliputi Ciri-ciri tanaman TURI, Klasifikasi tanaman TURI, kandungan zat atau nutrisi tanaman TURI serta khasiat dan manfaat tanaman TURI sebagai obat tradisional.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

pohon turi | tanaman turi | daun turi | gambar pohon turi | klasifikasi turi | turi kuning | klasifikasi tanaman turi | bunga turi | klasifikasi bunga turi | Kembang turi |
Tanaman Turi – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 25 Feb 2016. Tanaman Turi – Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Tanaman turi adalah tanaman berpohon kecil dan berkayu lunak, tingginya dapat mencapai 5-12 m, berikut ini info selengkapnya mengenai ciri tanaman turi, kandungan zat tanaman turi, serta khasiat dan manfaat turi A. CIRI-CIRI TANAMAN TURI BATANG Batang tanaman turi berlendir dan berair, ranting menggantung, kulit luar tidak rata dengan alur membujur dan melintang tidak […]

4.9 Ahli Pengobatan
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...