Tanaman Vanili – Ciri Tanaman, Kandungan Zat, Khasiat dan Manfaatnya

loading...

DESKRIPSI TANAMAN VANILI
Tanaman vanili merupakan tanaman tahunan yang tergolong dalam jenis tanaman anggrek dari suku (famili) Orchidaceae yang memiliki banyak macam spesies (lebih dari 1500 spesies). Tanaman vanili memiliki manfaat yang sangat banyak.

Vanili (Vanilla planifolia) adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk polong.

Tanaman vanili dikenal pertama kali oleh orang-orang Indian di Meksiko, negara asal tanaman tersebut. Nama daerah dari vanili adalah Panili atau Perneli.

Bunga vanili yang telah mekar hanya dapat bertahan satu hari. Jika bunga yang telah mekar itu tidak segera dikawinkan, akan layu dan kemudian rontok. Oleh sebab itu harus sering keliling kebun untuk mengontrol perkembangan vanili.

gambar bunga vanili

Tanaman vanili (Vanilla planifolia Andrews atau Vanilla fragrans) bukanlah tanaman asli Indonesia. Secara historis, tanaman tahunan ini baru masuk ke Indonesia pada tahun 1819. Namun demikian, tanaman vanili tumbuh lebih subur dan lebih produktif di Indonesia yang beriklim tropis, dibandingkan dengan negara asalnya (Mexico) dan negara produsen vanili aslinnya. Bahkan, menurut Rosman (2005), kualitas vanili Indonesia yang dikenal dengan “Java Vanili” masih yang terbaik di Dunia.
gambar tanaman vanili

A. CIRI-CIRI TANAMAN VANILI

BATANG
Batang tanaman vanili kira-kira sebesar jari, berwarna hijau, agak lunak, beruas dan berbuku. Panjang rata-rata 15 cm. Tumbuhan melekat pada pohon atau tonggak yang telah disediakan.

DAUN
Daun vanili merupakan daun tunggal. Letaknya berselang-seling pada masing-masing buku. Warnanya hijau terang, dengan kepanjangan 10-25 cm serta lebar 5-7 cm. Bentuk daun pipih, berdaging, bulat telur, jorong atau lanset dengan ujung lancip. Tulang daun sejajar, tampak setelah daun tersebut tua atau mengering, sedangkan pada waktu daun masih muda tidak jelas kelihatan.

BUNGA
Rangkaian bunga vanili adalah bunga tandan yang terdiri dari 15-20 bunga. Bunga keluar dari ketiak daun bagian pucuk batang. Bentuk bunganya duduk, berwarna hijau-biru agak pucat, panjang 4-8 cm dan berbau agak harum.
Pada waktu bunga mekar, panjang bakal buah 2-4 cm dengan garis tengah 5 mm.
Bunga vanili terdiri dari 6 daun bunga (3 sepal, 3 petal) yang terletak dalam dua lingkaran. Daun bunga bagian luar (sepal) sedikit lebih besar daripada bagian dalam petal. Satu dari petalnya berubah bentuk, menggulung seperti corong yang disebut bibir (rostelum).

AKAR
Akar tanaman vanili mempunyai keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Tanaman ini mempunyai 2 macam akar yang akan keluar dari setiap ruas batang, pertama yang biasa disebut dengan akar gantung dan kedua adalah akar yang tersusun didalam tanah.
Pertama, Akar Gantung, karena jenis akar ini selalu melekat kuat pada tempat rambatannya dan bergantungan diudara. Akar ini selama tidak menyentuh sesuatu, akan tumbuh kesamping. Baru jika menyentuh sesuatu akan membelitkan diri untuk berpegangan.
Kedua, akar yang tersusun didalam tanah. Ciri – cirinya adalah merupakan perakaran pendek dengan panjangnya kurang lebih 1 meter dan tebalnya kurang lebih 3 mm, berwarna keputih – putihan, Akar – akar tersebut tumbuh menjalar dilapisan permukaan, jadi tidak menghujam kedalaman tanah, oleh karena itu disebut semi – terrestial.

BUAH dan BIJI
Buah berbentung polong, lunak, Warna buah mula-mula hijau muda, kemudian hijau tua disertai dengan garis-garis kuning menjelang masak. Buah yang telah masak berwarna coklat tua. Jika dibiarkan masak di pohon, buah akan pecah menjadi dua bagian, dan menyebarkan aroma vanili.

Buah ini terdapat garis, bersiku tiga dan lurus memanjang, selain itu dalam setiap buah akan menghasilkan biji didalamnya sekitar 5-10 biji bahkan lebih dengan warna hitam mengkilap, keras, dan berbentuk bulat pipih atau oval berukuran kira-kira 0,2 mm.
vanilla planifolia pics

download lagu dangdut

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN VANILI

Komponen cita rasa yang khas dari biji vanilli adalah vanillin (4-hydroxy-3-methoxybenzaldehyde) yang merupakan Kristal fenolik aldehid, dengan persentase sebesar 85 % dari senyawa volatile yang terdapat pada buah vanilli. Besarnya kadar vanillin merupakan parameter terpenting untuk menilai kualitas vanilli. Komponen lainnya adalah p-hidroksi benzaldehid (sampai 9 %) dan p-hidroksi benzyl metal eter (1 %). Disamping itu, khusus untuk vanilli Tahiti memiliki flavor berbeda akibat adanya komponen tambahan yakni piperonal (heliotropin, 3,4-dioksimetilen benzaldehid) dan diasetil (butandion) (http://www.portal.remarkable food.com 2005).
Selain prekusor dan enzim pembentuk flavor, buah vanilli mengandung komponen zat gizi lengkap yang meliputi protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Menurut de Guzman dan Siemonsma (1999), per 100 g berat buah vanilli kering vanilla planifolia Andrews, mengandung 20 g air, 3 – 5 g protein, 11 g lemak, 7 – 9 g gula, 15 – 10 g abu, 1,5 – 3 g vanillin, 2 g soft resin dan asam vanilat yang tidak berflavor.

C. KHASIAT DAN MANFAAT VANILI

Vanili lebih sering dimanfaatkan untuk membuat aroma dan rasa pada kue, puding, atau makanan manis lainnya. Berikut ini adalah kegunaan atau Manfaat tanaman vanili :

  • Mengurangi nafsu makan
    Aroma vanili akan membuat Anda makan lebih sedikit. Hal ini disebabkan wangi vanili yang ‘menipu’ otak. Aromanya membuat otak berpikir kalau Anda sudah makan lebih banyak dari sebenarnya. Jadi, tak ada salahnya untuk menghirup vanili sebelum makan, untuk membantu mengontrol nafsu makan.
  • Pengusir serangga
    Vanili juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir serangga. Nyamuk sangat tidak tahan dengan bau vanili, jadi Anda bisa menjadikan vanili sebagai bahan penyemprot serangga yang aman dalam rumah. Untuk membuatnya campur saja dua ons ekstrak vanili dengan dua ons air dalam botol semprot kecil. Anda pun memiliki penangkal serangga yang harum dan aman.
  • Pengharum rumah
    Untuk membuat rumah terkesan hangat, aroma juga harus diperhatikan. Tak perlu menggunakan pengharum ruangan buatan yang terbuat dari bahan kimia. Manfaatkan saja minyak aroma terapi vanili. Bakar minyak tersebut selama beberapa menit. Atau, Anda bisa mencampur minyak dengan air dalam botol penyemprot. Lalu, semprotkan di seluruh sudut ruangan rumah.
  • Melembutkan kulit
    Vanili mengandung antioksidan tinggi. Beberapa ahli kulit memanfaatkan vanili untuk melindungi kulit dari racun. Anda bisa membuat pembersih wajah sendiri yang terbuat dari bubuk vanila.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN VANILI

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI VANILI

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Subkingdom: Tacheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )
Super divisi: Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
Divisio (Pembagian): Magnoliopsida ( Tumbuhan berbunga )
Classis (Kelas): Liliopsida ( berkeping dua/ dikotil )
Sub Kelas : Liliidae
Ordo (Bangsa): Orchidales
Familia (Suku): Orchidaceae ( suku anggrek – anggrekan )
Genus (Marga): Vanilla
Species (Jenis): Vanilla planifolia

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat VANILI yang meliputi Ciri-ciri VANILI, Klasifikasi VANILI, kandungan zat atau nutrisi VANILI serta khasiat dan manfaat VANILI sebagai tanaman obat.

loading...
Tanaman Vanili – Ciri Tanaman, Kandungan Zat, Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 13 Jul 2017. Tanaman Vanili – Ciri Tanaman, Kandungan Zat, Khasiat dan Manfaatnya

loading… DESKRIPSI TANAMAN VANILI Tanaman vanili merupakan tanaman tahunan yang tergolong dalam jenis tanaman anggrek dari suku (famili) Orchidaceae yang memiliki banyak macam spesies (lebih dari 1500 spesies). Tanaman vanili memiliki manfaat yang sangat banyak. Vanili (Vanilla planifolia) adalah tanaman penghasil bubuk vanili yang biasa dijadikan pengharum makanan. Bubuk ini dihasilkan dari buahnya yang berbentuk […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...