Tanaman A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Tempuyung

A. CIRI-CIRI TANAMAN TEMPUYUNG

BATANG
Batangnya berbulu dan lunak.Tanaman tempuyung mempunyai tinggi sekitar 65-150 cm. Batang tanaman tempuyung ini mempunyai getah hijau dan berlubang.

DAUN
Tanaman tempuyung berdaun tunggal dan berbentuk lonjong, mempunyai ujung runcing dan berwarna hijau keunguan, permukaannya licin dan tepinya berombak juga bergigi tak beraturan.
Panjang daunnya sekitar 6-48 cm dan mempunyai lebar berkisar 3-12 cm.
Daun yang bergigi terpusat membentuk roset terletak di dekat pangkal batang, sedangkan yang terletak di bagian atas berselang-seling memeluk batang, daun inilah yang berkhasiat sebagai penghancur batu ginjal.

BUNGA
Bunga tempuyung mempunyai bunga berbentuk malai, kelopaknya seperti lonceng, dan mahkotanya berbentuk seperti dari kumpulan jarum berwarna putih atau kuning.

gambar bunga tempuyung

Bunga Tempuyung

BUAH dan BIJI
Buah tempuyung berbentuk kotak dan berusuk lima, mempunyai rambut berwarna hitam yang kemudian berubah menjadi biji berukuran kecil dan ringan hampir mirip serbuk tepung kasar.

DESKRIPSI TANAMAN TEMPUYUNG
Tempuyung merupakan tanaman liar yang dapat kita jumpai di sekitar kita karena dapat tumbuh di antara puing-puing bangunan, tembok, ataupun pinggir jalan. namun begitu tempuyung dapat juga dibudidayakan di dalam pekarangan.

Gambar tanaman tempuyung

Tanaman tempuyung Sonchus Arvensis

Tempuyung mempunyai nama Latin’Sonchus Arvensis’, Tempuyung termasuk dalam suku Asteraceae yang tumbuh di ketinggian 50-1.600m dpl dan sangat cocok berada di lingkungan yang memiliki curah hujan merata sepanjang tahun atau daerah dengan musim kemarau pendek.

Tanaman tempuyung tergolong dalam tumbuhan terna (tak berkayu)dan menyukai tempat yang langsung terkena sinar matahari serta mudah berkembang biak dengan biji yang terbawa oleh angin.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN TEMPUYUNG

Nutrisi penting yang terdapat dalam buah TEMPUYUNG antara lain : kalium, flafonoid, taraksasterol, inositol, dan yang lain.

C. KHASIAT DAN MANFAAT TEMPUYUNG

Tempuyung adalah tanaman yang dapat digunakan sebagai obat untuk macam-macam penyakit, terutama adalah untuk mengobati batu ginjal atau batu empedu . Seluruh bagian yang dimilikinya dapat digunakan sebagai obat, baik dalam bentuk segar maupun kering

Loading...
gambar daun tempuyung

Lembaran daun tempuyung

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN TEMPUYUNG

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.

gambar tumbuhan tempuyung

Tumbuhan tempuyung Sonchus Arvensis

Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI TANAMAN TEMPUYUNG

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Asterales
Familia (Suku): Asteraceae ⁄ Compositae – Aster family
Genus (Marga): Sonchus L. – sowthistle
Species (Jenis): Sonchus arvensis L. – field sowthistle

NAMA-NAMA LAIN TEMPUYUNG
Tempuyung juga memilki nama daerah seperti rayana, lempung jombang, galibug, lampenas, dan lobak air

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat TEMPUYUNG yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

loading...
Tempuyung Ahli Pengobatan 11 Agu 2019. Tempuyung

A. CIRI-CIRI TANAMAN TEMPUYUNG BATANG Batangnya berbulu dan lunak.Tanaman tempuyung mempunyai tinggi sekitar 65-150 cm. Batang tanaman tempuyung ini mempunyai getah hijau dan berlubang. DAUN Tanaman tempuyung berdaun tunggal dan berbentuk lonjong, mempunyai ujung runcing dan berwarna hijau keunguan, permukaannya licin dan tepinya berombak juga bergigi tak beraturan. Panjang daunnya sekitar 6-48 cm dan mempunyai […]

4.9

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *



Semua informasi yang ada dalam situs tanobat.com ditujukan hanya untuk pengetahuan semata. Informasi yang ada dalam situs ini berasal dari berbagai sumber dan kami tidak menjamin kebenaran dan atau kevalidan data dari setiap informasi yang ada. Tanobat.com tidak bertanggung jawab atas segala risiko baik langsung maupun tidak langsung yang timbul sebagai akibat dari penggunaan Informasi dalam situs ini.