Temu Hitam – Khasiat dan Manfaat Serta Ciri-Cirinya

loading...

Temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.) dikenal pula sebagai temu ireng, atau temu lotong, adalah sejenis tumbuhanan yang rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat/jamu, tingginya mencapai 1.5 Sampai 2 meter, tanaman ini tumbuh subur diketinggian 400-750m diatas permukaan laut.

Selengkapnya tentang ciri temu hitam, kandungan gizi,  serta khasiat dan manfaat temu hitam dapat anda simak dibawah ini:
gambar temu hitam curcuma

A. CIRI-CIRI TANAMAN TEMU HITAM

BATANG
Batangnya semu, dan tersusun atas kumpulan pelepah daun basah dan tegak serta berwarna hijau

DAUN
Daunnya berwarna merah lembayung-kecoklatan yang berwarna lebih gelap pada sepanjang tulang daunnya. Daunnya tunggal, panjang, dan terdiri atas 2-9 helai. Helaiannya berbentuk bundar memanjang sampai lanset, ujung dan pangkalnya runcing, berwarna hijau tua pada kiri-kanan tulang daun. Panjang daun 31–84 cm, dengan lebar 10–18 cm.

BUNGA
Bunganya terletak di ujung, mahkota bunga tersusun dua lapis dimana dibagian luarnya berwarna hijau dan bagian dalamnya berwarna putih

BUAH dan BIJI
Tanaman ini tidak bisa berbuah, sehingga untuk perbanyakannya hanya bisa dilakukan dengan rimpangnya

AKAR
Tanaman ini berakar serabut yang tumbuh pada rimpangnya, untuk mendapatkan bibit yang baik, setelah dipanen rimpang disimpan ditempat yang teduh selama sekitar 2 minggu, setelah tunas muda muncul pindahkan ketempat yang sudah tersedia.

gamar temu ireng

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN TEMU HITAM

Tanaman ini mengandung komposisi minyak atsiri 2%, mengandung saponin, flavonoid, kurkuminoid, zat pahit, damar, lemak, mineral, minyak dan saponin. Kandungan minyak atsiri terbesar terdapat pada irisan temu ireng, dan kadar minyak atsiri maksimal terdapat pada waktu rimpang belum bertunas dan mengeluarkan batang atau daun yang tumbuh. (Widyawati M, Darsono FI, Senny YE, 2003).

C. KHASIAT DAN MANFAAT TEMU HITAM

Temu hitam yang diseduh berguna membersihkan darah wanita dalam masa nifas dan obat penyakit kulit ( kudis, borok, gatal –gatal ) . dan tak hanya itu khasiatnya dapat meluruhkan dahak , penambah nafsu makan dan obat cacing.
untuk menggunakan sebagai obat nafsu makan,caranya rimpang ditumbuk atau diparut, tambahkan air masak setengah gelas, kemudian peras dan minumkan pada anak sebelum makan pagi.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN TEMU HITAM

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI TEMU HITAM

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
Sub Kelas : Commelinidae
Ordo (Bangsa): Zingiberales
Familia (Suku): Zingiberaceae (suku jahe-jahean)
Genus (Marga): Curcuma
Species (Jenis): Curcuma aeruginosa Roxb.

NAMA-NAMA LAIN TEMU HITAM
Nama ilmiah :Curcuma aeruginosa Roxb.
Temu ireng (Jawa, Sumatera, Bali)
Tamu hitam (Minangkabau)
Koneng hideung (Sunda)
Temo ireng (Madura)
Temu lotong (Sulawesi)

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat TEMU HITAM yang meliputi Ciri-ciri TEMU HITAM, Klasifikasi TEMU HITAM, kandungan zat atau nutrisi TEMU HITAM serta khasiat dan manfaat TEMU HITAM sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

temu ireng | pohon temu kunci | temu hitam | ciri ciri temu ireng | gambar temu hitam | pohon temu ireng | khasiat temu ireng | tanaman temu ireng | kumpulan khasiat temu ireng | gambar temu ireng |
Temu Hitam – Khasiat dan Manfaat Serta Ciri-Cirinya Ahli Pengobatan 02 Jan 2016. Temu Hitam – Khasiat dan Manfaat Serta Ciri-Cirinya

loading… Temu hitam (Curcuma aeruginosa Roxb.) dikenal pula sebagai temu ireng, atau temu lotong, adalah sejenis tumbuhanan yang rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat/jamu, tingginya mencapai 1.5 Sampai 2 meter, tanaman ini tumbuh subur diketinggian 400-750m diatas permukaan laut. Selengkapnya tentang ciri temu hitam, kandungan gizi,  serta khasiat dan manfaat temu hitam dapat anda simak dibawah […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...