Tribulus Terrestris – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

Tribulus terrestris, hmm… namanya sangat asing ! memang benar nama indonesianya yaitu rujak polo, kurang begitu terkenal nama indonesianya, Apa ciri dan manfaat dari tanaman ini :

gambar tanaman tribulus

Photo : Tanaman Tribulus

A. CIRI-CIRI TRIBULUS TERRESTRIS

BATANG
Batangnya menjalar dan beruas, rata-rata mencapai panjang 1,5 m, terdiri dari banyak cabang dengan daun kecil-kecil yang berpasangan.

DAUN
Berdaun majemuk genap, anak daun antara 6-12 lembar, daun bertolak belakang berisi 5-8 pasangan dedaunan bulat panjang sepanjang 1 cm dengan lebar 6 mm

BUNGA
Bunga soliter di ketiak daun (auxiliary) bergaris-tengah ± 1 inchi. Mahkota bunganya berwarna kuning berbilangan 5, mekar pagi hari sampai jam 10 secara serentak, tumbuh dari putik pendek dan kapsul melingkar keras dengan 3 sekam berisi benih.

BUAH dan BIJI
Buahnya persegi 5 dengan 5 kampuh yang pecah bila sudah tua. Dan setiap pecahannya menyerupai kepala banteng dengan duri seperti tanduk.
Buah dari tumbuhan ini sangat keras dan berduri tajam.Bila sudah tua buahnya berwarna coklat muda, bulat, gepeng dan berdiameter 1 cm.

gambar buah tribulus

Photo : Buah Tribulus

DESKRIPSI TANAMAN TRIBULUS TERRESTRIS
Tribulus merupakan tumbuhan tropis, tumbuh dan berkembang di dataran rendah sepanjang tahun (sepanjang musim) sebagai tanaman gulma atau tumbuhan liar yang tumbuh setinggi 10-50 cm, dengan , Tanaman ini mempunyai kemampuan untuk tumbuh pada tanah tandus, kering, berpasir, hingga berbatu, Tanaman yang berkembang biak melalui biji ini tumbuh menjalar.

Tanaman ini banyak tumbuh di Cina dan Jepang. Di Indonesia terdapat 2 jenis tribulus, yakni Tribulus terrestris dan Tribulus citoides (keduanya telah dibudidayakan). Tribulus terrestris merupakan tumbuhan luar negeri yang dibawa ke Indonesia.

Sedangkan Tribulus citoides merupakan tanaman asli Indonesia yang dapat ditemui pada dataran rendah kepulauan Bali hingga Nusa tenggara.

Tanaman ini dapat berkembang bahkan di iklim gurun dan tanah yang memiliki kondisi kesuburan yang buruk. Tribulus terrestris merupakan tanaman herbal yang tumbuh sekali dalam setahun yaitu pada musim panas di daerah beriklim dingin.

Lily M. Perry, melalui bukunya yang berjudul ‘Medicinal Plants of East and Southeast Asia‘, mengatakan tibulus dapat digunakan sebagai astringen, aprodisiaka, diuretika, tonika, serta hemostatika.

Di Eropa, Tanaman ini telah digunakan sebagai herbal stimulan untuk meningkatkan libido (kemampuan seksual) pria dan wanita sejak berabad-abad lampau. Selain itu, tanaman ini juga digunakan dalam pengobatan hati, ginjal, serta penyakit saluran pencernaan.

download lagu dangdut

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN TRIBULUS TERRESTRIS

Mengandung betacarboline alkaloids hamman, harmol, dan harmine.
Zat berkhasiat yang terkandung dalam biji Tribulus terrestris mengandung golongan saponin ( Protodioscin , Furostanol) Glikosida, Flavoid,Resin, Tannin,sterol dan minyak essensial. Sebagai bahan aktif “PROTODIOSCIN“ serupa DHEA (Dihidroepiandrosteron) sebagai bahan dasar hormon sexual (Testosteron & Estrogen)

C. KHASIAT DAN MANFAAT TRIBULUS TERRESTRIS

Tanaman tribulus sangat terkenal sebagai obat pria dewasa yaitu :
Sebagai obat impotensi.
Ambil 1 tanaman yang telah berbunga ± 50 gram, tumbuk halus dan tuangi air panas. Biarkan 1 jam lalu ambil supernatannya 1 gelas, tambahkan juga madu 1 sendok makan lalu diminum.
Sebagai obat perkasa.
Ambil 11 butir buahnya, tumbuk sampai halus. Tambahkan susu hangat 1 gelas, saring, lalu minum.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN TRIBULUS TERRESTRIS

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI TRIBULUS TERRESTRIS

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae
Subkingdom:
Super divisi:
Divisio (Pembagian):
Classis (Kelas):
Sub Kelas :
Ordo (Bangsa): Zygophyllales
Familia (Suku): Zygophyllaceae
Genus (Marga): Tribulus
Species (Jenis): Tribulus terrestris L.

NAMA-NAMA LAIN TRIBULUS TERRESTRIS
Tanaman ini memiliki banyak sebutan termasuk puncturevine, caltrop, rujak polo, kepala kucing, pohon anggur kuning, goathead, duri setan, gulma setan, bulu mata setan, Burra gokharu dan bindii.

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat TRIBULUS TERRESTRIS yang meliputi Ciri-ciri TRIBULUS TERRESTRIS, Klasifikasi TRIBULUS TERRESTRIS, kandungan zat atau nutrisi TRIBULUS TERRESTRIS serta khasiat dan manfaat TRIBULUS TERRESTRIS sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

tribulus terrestris efek samping | Tribulus terrestris | tribulus | bunga krokot | Tanaman tribulus | nama lain tribulus terrestris | manfaat tribulus | efek samping tribulus terrestris | khasiat tribulus | efek samping tribulus stack |
Tribulus Terrestris – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 13 Mei 2015. Tribulus Terrestris – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… Tribulus terrestris, hmm… namanya sangat asing ! memang benar nama indonesianya yaitu rujak polo, kurang begitu terkenal nama indonesianya, Apa ciri dan manfaat dari tanaman ini : A. CIRI-CIRI TRIBULUS TERRESTRIS BATANG Batangnya menjalar dan beruas, rata-rata mencapai panjang 1,5 m, terdiri dari banyak cabang dengan daun kecil-kecil yang berpasangan. DAUN Berdaun majemuk genap, […]

4.9 Ahli Pengobatan
14 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...