Ubi Jalar – Ciri-Ciri Ubi Jalar Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI UBI JALAR

Buah/Umbi Ubi jalar ada di bagian akarnya, jadi bagian yang bisa dikonsumi untuk makanan adalah akarnya yang membentuk umbi.
Daun dari tanaman ubi jalar berwarna hijau, tanaman ini merambat di tanah.

akar-ubi-jalar

Gambar Umbi Ubi Jalar di Akar

Ada beberapa jenis dari ubi jalar antara lain ubi putih, ubi ungu, dan ubi merah.
Ubi Jalar putih mempunyai tekstur agak rapuh,kulitnya berwarna coklat, isinya berwarna putih.
Ubi Jalar ungu kulitnya berwarna ungu gelap dan isinya berwarna ungu rasanya kurang manis.
UbiJalar merah teksturnya agak keras,kulitnya berwana coklat orange dan isinya berwana coklat orange cerah.
Ada satu lagi yaitu ubi jalar jepang yang konon rasanya sangat manis

Ubi Jalar Ungu

Gambar Ubi Jalar Ungu

ubi jalar merah

Gambar Ubi Jalar Kuning/Merah

ubi jalar putih

Gambar Ubi Jalar Putih

Ubi jalar dapat dibudidayakan melalui stolon/batang rambatnya. cara menanamnya cukup mudah, dengan mencangkul lahan yang mau ditanami sehingga stolon/batang rambat ubi jalar mudah dimasukkan dalam tanah. pemeliharaannya cukup mudah. ubi jalar akan tumbuh baik bila lahan terkena matahari langsung

budidaya ubi jalar

Gambar Budidaya Ubi Jalar

B. KANDUNGAN ZAT UBI JALAR

Berdasarkan RDA, nutrisi ubi jalar tertinggi adalah vitamin A yang mencapai 14.187 IU. Ini berarti, hampir sama dengan wortel nutrisi yang mengandung 16.706 IU vitamin A dalam sama berat 100 gr. Ubi jalar juga mengandung jumlah yang tinggi magnesium, seng dan vitamin B, kombinasi nutrisi yang telah terbukti untuk meningkatkan penyembuhan dan mengurangi rasa sakit radang sendi dan pembengkakan. Manfaat ubi jalar bagi penderita rematik sangat efektif, sehingga saat ini, ubi jalar telah terdaftar sebagai pengobatan radang sendi. Untuk mendapatkan semua nilai gizi ubi jalar, Anda dapat membaca di bawah ini berdasarkan database USDA Nutrients.

Nilai gizi per 100 gram.
Energi: 86 Kcal
Karbohidrat: 20.12 g
Protein: 1.57 g
Total Lemak: 0,05 g
Serat diet: 3,0 g
Air: 77,28 g
Gula total: 4,18 g

vitamin
Folat: 11 mg
Niacin: 0,557 mg
Riboflavin: 0,061 mg
Thiamin: 0.078 mg
Vitamin A: 14.187 IU
Pyridoxine: 0.209 mg
Vitamin C: 2,4 mg
Vitamin E: 0.26 mg
Vitamin K: 1,8 mg

mineral
Kalsium: 30 mg
Besi: 0.61 mg
Magnesium: 25 mg
Fosfor: 47 mg
Zinc: 0.30 mg
Sodium: 55 mg
Kalium: 337 mg

lipid
Asam lemak jenuh: 0.018 g
Asam lemak tak jenuh tunggal: 0,001 g
Asam lemak tak jenuh ganda: 0,014 g
Kolesterol: 0

Kalori dalam ubi jalar per 100 gr
Kalori dalam ubi jalar panggang (di kulit), mengandung 90 kkal
Kalori dalam ubi jalar rebus tanpa kulit, mengandung 76 kkal
Kalori dalam ubi jalar mentah, mengandung 86 kkal
Kalori dalam ubi jalar tumbuk (sayur kalengan), mengandung 101 kkal

C. KHASIAT DAN MANFAAT UBI JALAR

Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat khasiat ubi jalar :

download lagu dangdut
  1. Ubi Jalar untuk kesehatan mata (Vitamin A – 1033 % AKG)
    Warna daging buah dan sayuran yang menarik menunjukkan bahwa ada kandungan penting. Warna daging pada ubi jalar menunjukkan terdapat vitamin A dalam bentuk beta-karoten. Jadi jika Anda ingin mendapat kesehatan penglihatan yang baik, Anda bisa makan ubi jalar.
  2. Menjaga kesehatan gigi dan gusi (Vitamin C – 70 %AKG)
    Vitamin C merupakan kandungan yang terdapat pada ubi jalar. Terdapat 70 %AKG vitamin C untuk mencegah gigi longgar dan gusi berdarah.
  3. Menguatkan tulang (Mangan – 44 %AKG)
    Apakah Anda ingin mencegah osteoporosis? Maka ubi jalar merupakan salah satu makanan yang sempurna untuk mencegah osteoporosis. Kenapa? Karena ubi jalar mengandung mangan, yaitu mineral yang memainkan peran penting dalam metabolisme tulang.
  4. Mengatur kadar kolesterol (Fiber – 33 % AKG)
    Ubi jalar juga kaya akan kandungan serat, sebuah karbohidrat yang terbukti untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan merupakan sumber serat yang penting.
  5. Menjaga kesehatan jantung (Vitamin B6 – 27 % AKG)
    Vitamin B6 adalah kandungan ubi jalar yang membantu mencegah penumpukan homosistein dalam darah. Tingkat homosistein yang tinggi dalam darah berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.
  6. Mengontrol tekanan darah (Potasium – 22 % AKG)
    Buah-buah atau sayuran yang mengandung potasium adalah makanan yang baik untuk mencegah hipertensi. Jika Anda ingin menjaga tekanan darah dalam keadaan normal, maka kita bisa mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan potasium atau Anda bisa makan ubi jalar.
  7. Berguna untuk melawan stress (Asam pantotenat – 19 %AKG)
    Ubi jalar kaya akan kandungan asam pantotenat, yaitu vitamin B yang memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk memproduksi hormon-hormon stres. Hal ini diyakini bahwa ketika seseorang menjadi stres, asam pantotenat dalam tubuh digunakan, oleh karena itu kita harus menjaga kadar asam pantotenat kita tetap cukup.
  8. Mencegah keriput / Anti Aging (Vitamin E – 15 %AKG)
    Nah ini adalah kabar baik bagi kaum wanita, karena ubi jalar juga kaya akan kandungn vitamin E, Vitamin E telah dikenal baik karena manfaatnya dalam mencegah penuaan kulit. Alpukat dan kiwi juga kaya akan kandungan vitamin E.Ubi jalar memiliki kandungan karotenoid tinggi, yang meningkatkan kekebalan tubuh. Juga mampu melawan radikal bebas serta membuat kulit lebih sehat dan tak mudah mengalami penuaan dini.
  9. Membantu tubuh menghasilkan energy (Zat besi – 13 %AKG)
    Jika Anda telah merasa lelah dan lemah, mungkin tubuh Anda akan meminta lebih banyak zat besi. Makanlah ubi jalar kaya akan kandungan zat besi yang berguna untuk meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh tubuh Anda.
  10. Mencegah kanker
    Warna terang seperti ungu, oranye, dan merah pada ubi jalar adalah sumber karotenoid yang berupa beta karoten dan vitamin A. Zat ini memberi perlindungan pada paru dan mencegah terjadinya kanker paru serta kanker mulut.

Berikut beberapa resep manfaat khasiat daun ubi jalar untuk dijadikan herbal atau obat tradisional serta cara meramunya:

Bisul : Ambil 10 gr daun ubi jalar yang masih segar ditumbuk sampai lumat lalu ditempelkan pada bisul.
Demam berdarah: Satu ikat daun ubi jalar direbus dengan satu liter air, setelah dingin, saring dan minum air rebusan sebagai pengganti air minum kira-kira satu liter setiap hari.
Mabuk perjalanan : Ambil ubi jalar mentah secukupnya, cuci hingga bersih, dan makanlah sedikit demi sedikit selama dalam perjalanan.
Cacingan dan susah buang air besar : Daun ubi jalar dijus lalu diminum, dapat juga dilakukan dengan merebus daun ubi jalar dan meminum air rebusannya.

D. KLASIFIKASI ILMIAH UBI JALAR

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi Ubi Jalar

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Solanales
Familia (Suku): Convolvulaceae (suku kangkung-kangkungan)
Genus (Marga): Ipomoea
Species (Jenis): Ipomoea batatas Poir

NAMA-NAMA LAIN UBI JALAR
Nama Latin Ubi Jalar : Ipomoea batatas Poir
Indonesia: Ubi jalar, ketela, ketela rambat, Telo(Jawa), patatas (Papua), mantang (Sunda)
Inggris: Sweet potato
Melayu: Ubi keledek
Thailand: Phak man thet
Pilipina: Kamote
Jepang: Satsumaimo

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Ubi Jalar yang meliputi Ciri-ciri Ubi Jalar, Klasifikasi Ubi Jalar, kandungan zat atau nutrisi Ubi Jalar serta khasiat dan manfaat Ubi Jalar sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

ciri ciri ubi jalar | gambar ubi jalar | ciri ciri tanaman ubi jalar | jenis ubi jalar | ciri ubi jalar | gambar ubi | Ciri-ciri ubi jalar | macam macam ubi jalar | bentuk ubi jalar | jenis ubi jalar dan gambarnya |
Ubi Jalar – Ciri-Ciri Ubi Jalar Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 07 Des 2014. Ubi Jalar – Ciri-Ciri Ubi Jalar Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI UBI JALAR Buah/Umbi Ubi jalar ada di bagian akarnya, jadi bagian yang bisa dikonsumi untuk makanan adalah akarnya yang membentuk umbi. Daun dari tanaman ubi jalar berwarna hijau, tanaman ini merambat di tanah. Ada beberapa jenis dari ubi jalar antara lain ubi putih, ubi ungu, dan ubi merah. Ubi Jalar putih mempunyai […]

4.9 Ahli Pengobatan
5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...