Waluh

Waluh adalah tanaman yang termasuk dalam kelompok tanaman labu-labuan (Cucurbitaceae), ada banyak sekali jenis species labu, antara lain Beligo, Labu air, labu ular, Labu siam, dan lain-lain.
Walo merupakan tanaman jenis labu kuning, atau di luar negeri atau negara barat disebut dengan PUMPKIN, yang dipakai sebagai simbol perayaan HALLOWEEN, sekilas dilihat waloh mirip dengan buah belewa/garbes.
manfaat labu waluh
Tanaman walo diperkirakan ada di Indonesia pada abad ke-19 oleh penjajah belanda, tanaman ini berasal dari Benua Amerika, dan banyak tumbuh di daerah yang memiliki iklim hangat

Terdapat 20-an spesies labu diseluruh dunia, dengan jumlah subspesies dan varietas mencapai seratusan lebih. Namun yang dibudidayakan di Indonesia umumnya hanya 5 spesies yaitu Cucurbita maxima (labu manis), Cucurbita ficifolia, Cucurbita mixta, Cucurbita moschata (labu kuning atau labu merah), dan Cucurbita pepo (labu manis).  Labu kuning diperkirakan berasal dari Maluku.

Menurut Departemen Pertanian RI, 2012, Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi pertama penghasil labu terbanyak di Indonesia, sedangkan Jawa Tengah (Wonosobo) merupakan penghasil waluh terbanyak kedua.

Dikutip dari papua.litbang.pertanian.go.id, Salah satu jenis dari Labu yang memiliki prospek agribisnis tinggi saat ini adalah waluh madu atau butternut pumpkin. Labu jenis ini memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan, mengandung serat, tinggi kadar vitamin A, kalsium, asam folat, dan antioksidan, serta mempunyai bercita rasa manis dengan tekstur daging yang lembut dan pulen.

Di Indonesia Waluh seringkali diolah menjadi kolak, hidangan bubur atau dikukus, Daun muda waluh juga dapat dibuat sebagai sayur. Buah waluh berwarna oranye kecoklatan karena mengandung beta-karotena yaitu salah satu provitamin A yang juga sebagai antioksidan.
Jika Buah Waluh dipotong, terlihat mempunyai penampang yang mirip bintang, berbiji besar berwarna putih atau atau putih. Daging buahnya rasanya sedikit manis dan sedikit asam.

waluh madu waluh kuning

A. CIRI-CIRI TANAMAN WALUH

BATANG
Batang tumbuhan labu berwarna hijau muda dan berbulu halus serta berakar lekat. Panjang batangnya mencapai lebih dari 5 meter.
Labu tumbuh merambat atau menjalar dengan kait pada batangnya dan jarang berkayu. Kait pada batang labu berbentuk melingkar seperti spiral.

DAUN
Daun waluh berukuran lebar dan berwarna hijau keabu-abuan, berbentuk menyirip ujungnya agak meruncing (menyerupai jantung dan bertangkai.), tulang daun tampak jelas, berbulu halus dan agak lembek, sehingga jika terkena sinar matahari agak layu. Daunnya menyebar di sepanjang batang, Merupakan daun tunggal yang memiliki pertulangan daun majemuk menjari.

BUNGA
Berbentuk lonceng, berwarna kuning cerah dan bersifat uniseksual- monoceus, yakni bunga berkelamin tunggal dan berumah satu. Dalam satu rumpun bunga terdapat bunga jantan dan bunga betina pada satu individu atau batang tanaman.

BUAH dan BIJI
Buah labu mempunyai bentuk yang bervariasi mulai dari pipih, lonjong ataupun panjang dengan alur yang berjumlah antara 15 hingga 30 alur.
Buah waluh berbuah sejati tunggal yang berdaging, dan berat rata-rata buahnya antara 3-5 kg bahkan bisa mencapai 15 kg. Dinding buahnya dapat dibedakan dengan jelas dalam 3 lapisan, yaitu kulit luar (exocarpium) yang sangat kuat dan keras berwarna kuning, kulit tengah (mesocarpium) yang tebal berdaging dan berair serta dapat dimakan sehingga dinamakan daging buah (sarcocarpium), dan kulit dalam (endocarpium) yang berbatasan dengan ruang yang berisi biji (semen).
Bijinya berwarna putih dan licin, berbentuk pipih, bundar telur, sampai bundar memanjang.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN WALUH

Nutrisi penting yang terdapat dalam Buah WALUH antara lain : karotenoid (betakaroten), vitamin A, vitamin C, Vitamin E, serat, mineral, lemak, karbohidrat, asam linoleat, protein, Zn, dan anti- oksidan (karotenoid, tokoferol)

Dikutip dari kalteng.litbang.pertanian.go.id, Labu kuning kaya vitamin A dan C, mineral, serta karbohidrat, daging buahnya pun mengandung antioksidan yang bermanfaat sebagai antikanker. Waluh dikenal kaya akan karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan.

Sedangkan tim peneliti dari Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia, meneliti pemanfaatan minyak biji waluh yang memiliki beberapa senyawa yang sangat berpotensi sebagai antiaging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak biji labu mengandung senyawa seperti, asam linoleat, protein, Zn, dan anti- oksidan (karotenoid, tokoferol).  Senyawa-senyawa itu berperan dalam memproteksi kulit dari proses penuaan  dengan mekanisme yang berbeda.

loading...

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN WALUH

cucurbita maxima pumpkin

  • Waluh bisa diolah menjadi tepung, merupakan alternatif produk setengah jadi yang direkomendasikan karena lebih tahan disimpan, mudah dicampur atau dibuat komposit, dan diperkaya zat gizi. Dari segi proses, pembuatan tepung hanya membutuhkan air relatif sedikit, dan ramah lingkungan dibandingkan dengan pembuatan pati.
  • Dikutip dari kalteng.litbang.pertanian.go.id, Waluh kaya betakaroten, dan dapat menjadi bahan biofortifikasi pada produk pangan olahan. Fortifikasi dapat dilakukan dengan menggunakan waluh segar yang ditambahkan pada pembuatan roti, es krim, dan produk pangan lain yang disukai terutama makanan anak-anak, karena dapat meningkatkan nilai gizi.
  • Daunnya berfungsi sebagai sayur, dan bijinya bermanfaat untuk dijadikan kuaci.
  • Air buah waluh berkhasiat sebagai penawar racun binatang berbisa, sementara bijinya menjadi obat cacing pita. Daging buahnya pun mengandung antiokisidan sebagai penangkal kanker. Labu kuning juga dapat digunakan untuk penyembuhan radang, pengobatan ginjal, demam, dan diare.
  • Tim peneliti dari Program Pendidikan Sarjana Kedokteran bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung, meneliti waluh sebagai salah satu buah labu yang mempunyai efek antidiabetes .
  • Sedangkan tim peneliti dari Jurusan Farmasi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Indonesia, meneliti pemanfaatan minyak biji waluh yang memiliki beberapa senyawa yang sangat berpotensi sebagai antiaging. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak biji labu mengandung senyawa seperti, asam linoleat, protein, Zn, dan anti- oksidan (karotenoid, tokoferol). Senyawa-senyawa dapat memperlambat proses penuaan dan dapat melindungi sel dari oksidasi radikal bebas.

Cara Meramu Jamu Menggunakan Labu :
Kukus hingga matang 250 Gram waluh yang telah dikupas kulitnya,  kemudian blender bersama susu kacang kedelai secukupnya, Minum ramuan ini 3x sehari, masing-masing segelas

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN WALUH

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI WALUH

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Dilleniidae
Ordo (Bangsa): Violales
Familia (Suku): Cucurbitaceae – Cucumber family
Genus (Marga): Cucurbita L. – gourd
Species (Jenis): Cucurbita Maxima, C. argyrosperma,C. moschata, C. pepo, Cucurbita ficifolia, Cucurbita mixta

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN WALUH
Nama di Indonesia : Walo, Labu parang, labu kuning, labu merah, labu parang, lanu manis, waluh.
Dalam bahasa Inggris secara umum disebut sebagai pumpkin atau Butternut squash (labu kuning) dan Winter squash (labu manis).

Tinggalkan komentar