Wortel

Loading...

klasifikasi tanaman wortel
Wortel adalah tumbuhan yang mempunyai siklus hidup 12 – 24 bulan, dan berbunga pada tahun kedua, tanaman ini menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar, Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m dengan bunga berwarna putih, dan rasa manis yang langu. bagian umbi atau akarnya merupakan bagian yang dapat dimakan dan umbi inilah yang dinamakan wortel.
bunga daun wortel
Wortel dapat dimakan dengan secara mentah ataupun dikukus terlebih dahulu, bisa juga dengan cara di buat jus wortel dan kandungan vitaminnya hampir sama dengan wortel yang dimakan mentah. Pada wortel mentah hanya 3% β-ririencha yang dilepaskan selama proses pencernaan, proses ini dapat dinaikkan sampai 39% melalui pulping.

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN Wortel

jenis jenis wortel
Nutrisi penting yang terdapat dalam buah Wortel adalah vitamin A, Kandungan vitamin A dalam wortel sebesar 12000 Sl.
selain itu wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, potasium, serat, biotin, mangan, asam pantotenat, folat, dan tembaga

C. KHASIAT DAN MANFAAT Wortel

manfaat dan khasiat wortel

  • Kesehatan Mata
    Sudah tidak asing lagi bahwa Wortel sangat bagus untuk kesehatan mata, betakaroten (vitamin A) merupakan zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, akan tetapi dapat memperbaiki kondisi mata, Sifat wortel yang antioksidan dapat mencegah katarak atau rabun dan degenerasi makula yang kerap menimpa manula.
  • Menurunkan Kolesterol
    Penelitian yang dilakukan oleh Robertson dan kawan-kawan menunjukkan bahwa mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.
    Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%.
  • Mencegah Kanker
    Penelitian di State University New York yang dilakukan oleh Marilyn Menkes, Ph.D menunjukkan bahwa orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Ternyata, selain kanker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan dalam wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara.
    Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 – 5 kali lipat.
  • Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit
    Seubuah Penelitian seperti yang dikutip dari Times of India, menunjukkan bahwa wanita dan pria yang kulitnya memiliki cahaya kuning dianggap lebih menarik dan sehat. Cahaya kuning tersebut timbul dari pigmen kuning yang biasa disebut karotenoid.
    Karotenoid memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit serta memberikan rona pada wajah. Karotenoid bisa ditemukan dalam sayur dan buah-buahan seperti wortel dan plum.
  • Mempertajam Ingatan
    Sayuran wortel kaya akan vitamin B, oleh karena itu jika mengonsumsi wortel secara rutin, daya ingat Anda akan semakin cemerlang .
  • Sembelit
    Serat yang terkandung dalam wortel dapat menaikkan volume feses hingga 25%.
  • Menguatkan janin
    Vitamin A yang ternyata banyak terkandung dalam wortel juga dapat membantu memperkuat janin.
  • Memperbaiki daya tahan tubuh sesudah sakit
    Kandungan vitamin C yang tinggi dalam wortel bisa memperbaiki daya tahan tubuh sesudah sakit, oleh karena itu bila Anda baru saja mengalami penyakit seperti flu atau infeksi, jangan lupa untuk mengonsumsi wortel agar penyembuhan semakin cepat.
  • Menambah kualitas sperma
    Kadar vitamin A yang tinggi dalam wortel ternyata dapat membuat kualitas sperma semakin bagus, sehingga wortel cocok buat anda yang ingin memiliki keturunan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN Wortel

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).
wortel daucus carota l

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI Wortel

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Rosidae
Ordo (Bangsa): Apiales
Familia (Suku): Apiaceae ⁄ Umbelliferae – Carrot family
Genus (Marga): Daucus L. – wild carrot
Species (Jenis): Daucus carota L. – Queen Anne’s lace

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Wortel yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Kata Kunci Pencarian :

obat agar umbi wortel tumbuh besar | pohon wortel |

Tinggalkan komentar