Zaitun – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading...

A. CIRI-CIRI ZAITUN

BATANG
Tumbuh sebagai perdu
DAUN
Daun tunggal dengan kedudukan berhadapan tanpa daun penumpu
BUNGA
Mempunyai bunga berbentuk lonceng, bunga banci atau berkelamin tunggal.
BUAH dan BIJI
Buah menumpang, Buahnya berupa buah batu dengan biji memiliki endosperma

gambar buah zaitun

Photo : Buah Zaitun di Pohon

DESKRIPSI TUMBUHAN ZAITUN
Zaitun merupakan pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat dimakan mentah ataupun sesudah diawetkan sebagai penyegar. Buahnya yang tua diperas dan minyaknya diekstrak menjadi minyak zaitun yang dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Zaitun adalah anggota suku Oleaceae.

gambar pohon zaitun

Photo: Pohon Zaitun

Apabila diperas buahnya, kita dapat memperoleh minyaknya. Minyak ini dapat digunakan sebagai bumbu salad dan Disamping itu, minyak zaitun juga dipakai sebagai bahan dasar pembuatan kosmetik dan sabun dengan kualitas tinggi, karena sifatnya yang mampu menghaluskan kulit.

gambar buah zaitun

Photo : Buah Zaitun

Minyak zaitun secara keseluruhan mampu mengungguli segala jenis minyak nabati maupun hewani. Karena ia tidak akan mengakibatkan penyakit pada saluran darah atau urat nadi, seperti yang diakibatkan oleh jenis minyak lain.
Minyak Zaitun memiliki ciri khas dengan warnanya kuning pucat dan cenderung kehijauan, memiliki aroma yang khas dan tidak mudah basi.

gambar minyak zaitun

Photo : Minyak Zaitun

Zaitun mulai berbuah saat berumur lima tahun dan usianya dapat mencapai ribuan tahun, sehingga yang tadinya perdu telah menjadi pohon besar. Pohon zaitun yang berumur ribuan tahun di antaranya pernah ditemukan di Palestina yang bertahan hidup hingga 2000 tahun.

Tangkai zaitun berdaun sering dipakai sebagai lambang perdamaian dan telah lama menjadi bagian kebudayaan Barat.

B. KANDUNGAN ZAT ZAITUN

Buah zaitun mengandung 67% air, 23% Minyak, 5% Protein, 1% garam mineral, terutama garam kalsium dan besi. Karena buah ini mengandung minyak sehingga mengandung unsur-unsur vitamin A dan D, Buah Zaitun juga mengandung vitamin B dan C.

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUAH ZAITUN

Banyak manfaat dari pohon zaitun ini. Selain buahnya yang enak, kayu dari pohon zaitun juga sangat bagus, keras dan indah. Selain untuk dimakan buah zaitun juga digunakan sebagai penyedap makanan, dibawah ini ialah beberapa khasiat dan manfaat buah zaitun

  1. Mencegah berbagai jenis kanker
    Buah zaitun mengandung zat anti oksidan dan karotenoid yang disebut dengan lutein. Lutein membantu menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker. Buah zaitun ampuh untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker payudara, dan kanker lambung.
  2. Minyak Zaitun dan Kanker Rahim
    Majalah Kanker Britania mempublikasikan di bulan Mei 1996 M sebuah studi yang dilakukan terhadap 145 wanita Yunani yang terkena kanker rahim. Para peneliti mengkorelasikan antara wanita-wanita yang terkena kanker rahim tersebut dengan wanita-wanita yang banyak mengkonsumsi minyak zaitun. Ternyata, para wanita yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih sedikit yang terkena kanker rahim. Di mana kemungkinan terjadinya kanker pada mereka turun sampai 26%.
  3. Minyak Zaitun dan Kanker Lambung
    Sejumlah studi ilmiah modern menunjukkan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur bisa mengurangi terjadinya kanker lambung. Tapi masih diperlukan berbagai studi ilmiah lanjutan mengenai hal ini.
  4. Minyak Zaitun dan Kanker Colon
    Ada juga beberapa studi yang menunjukkan bahwa peng-konsumsian buah-buahan, sayur-sayuran, dan minyak zaitun, memainkan peran penting dalam melindungi tubuh dari serangan kanker colon.
  5. Minyak Zaitun dan Kanker Kulit (Melanoma)
    Majalah Dertmatdogg Times edisi bulan Agustus 2000 M menyebutkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa meng-gunakan minyak zaitun setelah renang sebagai krim kulit dan berjemur, akan melindungi terjadinya kanker kulit (melanoma).
  6. Mencegah penuaan dini
    Sifat anti oksidan yang ada di dalam buah zaitun selain untuk mencegah kanker juga dapat digunakan untuk mencegah penuaan dini yang terjadi di kulit Anda.
  7. Menyehatkan pencernaan
    Buah zaitun memiliki beberapa manfaat untuk menyehatkan pencernaan sebab buah zaitun mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan racun dan gas penyebab masalah pencernaan.
  8. Menurunkan risiko penyakit jantung
    Mengandung lemak sehat, zaitun diketahui dapat menetralkan radikal bebas dan membersihkan tumpukan lemak yang ada pada pembuluh darah arteri. Zaitun juga membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.
  9. Mengurangi resiko diabetes
    Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah zaitun akan mengurangi resiko Anda terkena penyakit diabetes.
  10. Memperbaiki penglihatan
    Karena sifat anti oksidan yang ada di dalam buah zaitun, maka buah zaitun penting untuk meningkatkan penglihatan Anda.
  11. Mencegah asma
    Vitamin C yang terkandung di dalam buah zaitun mampu membantu Anda untuk terhindar dari asma
  12. Membantu dalam mengobati anemia
    Tingginya jumlah zat besi yang ada di dalam buah zaitun akan meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh Anda. Selain itu buah zaitun akan mengikat oksigen di dalam darah Anda sehingga membuat Anda lebih sehat.
  13. Mengurangi Kolesterol Berbahaya
    Berbagai riset membuktikan adanya fakta yang tidak menyisakan keraguan lagi, bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya, tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.
  14. Mengurangi Resiko Terjadinya Penyumbatan (Trombosis) dan Penebalan (Arteriosklerosis) Pembuluh Darah
    Dalam sebuah kajian yang dipublikasikan pada bulan Desember tahun 1999 M di Majalah AMJ CLIN NUTRL para peneliti menyatakan bahwa nutrisi yang kaya kandungan minyak zaitun bisa mengurangi pengaruh negatif lemak dalam makanan terhadap terjadinya pembekuan darah, dan selanjutnya mengu-rangi terjadinya penebalan pembuluh nadi jantung.
  15. Minyak Zaitun Berkhasiat Seperti ASI
    Dalam sebuah studi modern yang dipublikasikan di bulan Februari 1996 M di Universitas Barcelona, Spanyol, yang dilakukan terhadap empat puluh wanita yang menyusui, diambil sampel ASI dari mereka. Para peneliti menemukan bahwa kebanyakan lemak yang terkandung di dalam ASI termasuk jenis lemak yang berantai tunggal. Jenis lemak ini dikategorikan sebagai lemak terbaik yang seharusnya dikonsumsi oleh manusia, dan itulah jenis lemak yang terkenal terdapat dalam minyak zaitun.
  16. Mengurangi Peradangan Sendi
    Majalah AMJ CLIN NUTR edisi November 1999 M, mempu-blikasikan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 145 pasien pengidap sakit persendian semacam arthritis di Yunani Utara. Mereka dikorelasikan dengan 108 orang yang sehat. Dalam penelitian ini terlihat bahwa pengkonsumsian minyak zaitun bisa memberikan andil dalam melindungi tubuh dari terjadinya penya-kit ini.
  17. Membunuh Kutu Kepala
    Beberapa studi yang dilakukan di beberapa Universitas dan Akademi di Amerika, tentang kutu kepala, menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun sebagai minyak rambut yang terkena kutu, dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala
  18. Minyak Zaitun Mengurangi Timbulnya Tukak Lambung
    Dr. Samût, dari Universitas Harvard Amerika, menyampaikan sebuah studi di Kongres Terakhir Organisasi Penyakit Sistem Pencernaan Amerika yang diadakan pada bulan Oktober 2000 M.Dr. Samût menegaskan bahwa gizi yang terkandung dalam minyak zaitun bisa memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker lambung dan mengurangi timbulnya penyakit tukak lambung.
  19. Mencegah obesitas
    Zaitun merupakan buah yang bisa dimanfaatkan untuk mengontrol serta membantu menurunkan berat badan. Zaitun adalah sumber lemak tak jenuh yang dapat mengusir lemak serta menurunkan sensititivas insulin. Selain itu, buah zaitun mengandung serotonin yang cukup tinggi. Serotonin diketahui dapat membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang untuk waktu yang lama serta menurunkan tingkat kalori yang dikonsumsi hingga 200 kalori dalam sehari.
  20. Meningkatkan zat besi
    Zat besi juga banyak terkandung dalam zaitun hitam. Zat ini berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efisien. Dengan memenuhi kebutuhan asupan zat besi, aliran oksigen di dalam darah akan menjadi lebih efektif. Sebaliknya, kekurangan zat besi dapat merusak jaringan.
  21. Meredakan nyeri
    Buah zaitun diketahui memiliki kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang bekerja seperti ibuprofen alami. Dengan kata lain, zaitun dapat memberikan efek anti peradangan yang cukup ampuh untuk meredakan rasa nyeri.
  22. Menjaga kesehatan mata
    Walaupun tidak sebanyak buah atau makanan lainnya, zaitun ternyata mengandung vitamin A yang cukup banyak sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A dalam zaitun dapat membantu meningkatkan kemampuan mata untuk membedakan terang dan gelap. Selain itu, vitamin A diketahui dapat membantu menurunkan risiko katarak, glaukoma, degenerasi makula, dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan kemampuan penglihatan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN ZAITUN

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel klasifikasi ZAITUN

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Classis (Kelas): Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas : Asteridae
Ordo (Bangsa): Scrophulariales
Familia (Suku): Oleaceae
Genus (Marga): Olea
Species (Jenis): Olea europaea L.

NAMA-NAMA LAIN ZAITUN
Nama Latin Zaitun : Olea europaea L.
Indonesia: Zaitun
Inggris: Olive
Cina: Gan lan shu
Jepang: Oriibu

Demikianlah pengenalan tentang Tumbuhan Obat ZAITUN yang meliputi Ciri-ciri ZAITUN, Klasifikasi ZAITUN, kandungan zat atau nutrisi ZAITUN serta khasiat dan manfaat ZAITUN sebagai tanaman obat.

loading...

Kata Kunci Pencarian :

buah zaitun | pohon zaitun | gambar buah zaitun | gambar pohon zaitun | Manfaat pohon zaitun | nama lain buah zaitun | pohon halba | tanaman zaitun | nama lain minyak zaitun | pohon buah zaitun |
Zaitun – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya Ahli Pengobatan 07 Des 2014. Zaitun – Ciri-Ciri Tanaman Serta Khasiat dan Manfaatnya

loading… A. CIRI-CIRI ZAITUN BATANG Tumbuh sebagai perdu DAUN Daun tunggal dengan kedudukan berhadapan tanpa daun penumpu BUNGA Mempunyai bunga berbentuk lonceng, bunga banci atau berkelamin tunggal. BUAH dan BIJI Buah menumpang, Buahnya berupa buah batu dengan biji memiliki endosperma DESKRIPSI TUMBUHAN ZAITUN Zaitun merupakan pohon kecil tahunan dan hijau abadi, yang buah mudanya dapat […]

4.9 Ahli Pengobatan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

loading...