Alpukat

Alpukat adalah salah satu tanaman yang menghasilkan buah berwarna hijau tua dan ungu kecoklatan dengan biji yang lumayan cukup besar.
Avokad mempunyai nama latin Persea americana, Tanaman alpukat berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, kini buah apokat banyak dibudidayakan di Amerika sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika di dunia.

manfaat buah alpukat

Secara umum manfaat apokat antara lain : untuk menurunkan kolesterol jahat, mengatasi kencing manis, kencing batu, darah tinggi, kulit muka kering, sakit gigi berlubang, dan mengurangi radang pada tulang.
Agar semakin nikmat, anda dapat mencampurkan madu untuk menikmati buah alpukat

A. CIRI-CIRI TANAMAN ALPUKAT

BATANG
Batang bisa mencapai tinggi 20 m

DAUN
Daun sepanjang 12 hingga 25 cm.

BUNGA
Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.

BUAH dan BIJI
Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut, berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya.
Daging buah apokat yang dekat dengan kulit berwarna hijau muda sedangkan yang dekat dengan biji berwarna kuning muda, tekstur daging alpukat sangat lembut seperti mentega

tanaman alpukat persea americana

B. KANDUNGAN ZAT BUAH ALPUKAT

Nutrisi penting yang terdapat dalam tanaman ALPUKAT antara lain : Rendah gula, namun kaya akan lemak (lemak baik/lemak tak jenuh tunggal) dan serat
Alpukat juga mengandung vitamin A, B, C, E, dan K serta karbohidrat, protein, folat dan magnesium.

pohon alukat avocado

loading...

C. KHASIAT DAN MANFAAT BUAH ALPUKAT

  • Menurunkan Kolesterol Jenuh
    Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada alpukat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).
  • Menstabilkan Gula Darah
    Manfaat buah alpukat mempunyai kemampuan untuk menstabilkan kadar gula darah sehingga membantu melawan resistensi insulin.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung
    Sebuah penelitian menyatakan, bahwa lemak tak jenuh yang ada pada alpukat dapat mengurangi risiko penyakit jantung lebih baik daripada hanya sekadar menurunkan asupan lemak.
  • Menyehatkan rambut
    Alpukat juga bisa digunakan memperkuat rambut Anda.
    Caranya : Campurkan alpukat yang sudah dikupas dengan jojoba oil, kemudian, oleskan ke rambut yang baru dicuci secara merata ke seluruh bagian rambut, lalau tutup kepala Anda dengan shower cap selama 15-30 menit agar mendapatkan manfaat yang maksimal, Kemudian bilas hingga bersih.
  • Mencegah kanker
    Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat buah alpukat dipercaya dapat membantu mencegah kanke, dalam hal ini alpukat bekerja dengan mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit. Bahkan, penelitian lain mengatakan, ekstrak alpukat terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.
    Tapi yang perlu diingat adalah bahwa studi ini dilakukan dalam sel terisolasi dan tidak serta merta membuktikan apa yang mungkin terjadi pada manusia.
  • Meringankan gejala arthritis
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gabungan ekstrak alpukat dan minyak kedelai yang disebut “Avocado Soybean Unsaponifiables” dapat mengobati arthritis hingga kekakuan tulang.
  • Menurunkan berat badan (Diet)
    Memasukkan alpukat dalam program diet dapat membantu makan lebih sedikit kalori secara alami, kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat yang rendah pada alpukat, sangat baik untuk penurunan berat badan.
  • Meningkatan fungsi otak
    Menurut sebuah penelitian, manfaat buah alpukat berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif pada orang lanjut usia. Konsumsi alpukat akan meningkatkan kadar lutein pada tubuh, Meningkatnya kadar lutein dapat meningkatkan kemampuan memori.
  • Membantu perkembangan otak janin
    Kandugan asam folat pada alpukat merupakan nutrisi penting selama kehamilan, asam folat berfungsi untuk mengatur dan memproduksi jalinan sel baru. guna mendukung perkembangan otak dan saraf tulang belakangnya, konsumsi alpukat bisa dilakukan sejak 3 bulan pertama kehamilan.
  • Menjaga kesehatan mata
    Alpukat mengandung antioksidan (lutein dan zeaxanthin) yang kuat. Selain itu khasiat buah alpukat juga meningkatkan penyerapan antioksidan dari makanan lain.
    Sebuah studi menunjukkan bahwa manfaat alpukat untuk kesehatan pada akhirnya akan menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula secara drastis, khususnya bagi yang sudah lanjut usia.
  • Menjaga kesehatan pencernaan
    Manfaat buah alpukat lainnya adalah menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus, dengan meningkatkan bakteri sehat maka akan mengurangi bakteri tidak sehat.
    Selain itu, lemak pada alpukat juga dipercaya menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi kemungkinan sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar.
  • Membantu penyerapan nutrisi
    Sebuah studi menunjukkan bahwa menambahkan alpukat ke salad dapat meningkatkan penyerapan antioksidan 2,6 hingga 15 kali lipat. Jadi, alpukat berpengaruh besar meningkatkan nilai gizi makanan nabati lain yang Anda makan.

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN ALPUKAT

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI ALPUKAT

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Magnoliidae
Ordo (Bangsa): Laurales
Familia (Suku): Lauraceae – Laurel family
Genus (Marga): Persea Mill. – bay
Species (Jenis): Persea americana Mill. – avocado

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN ALPUKAT
Avokat, Advokat, apokat, apuker

Tinggalkan komentar