Bayam Duri

Bayam duri adalah tanaman bayam yang mempunyai duri, tepatnya di pangkal tangkai daun terdapat duri. tanaman bayam duri mempunyai nama ilmiah ‘Amaranthus spinosus L.’ dengan tinggi bisa mencapai 1 meter.

Secara biologi, Tanaman ini masih kerabat dengan daun bayam yang biasa diolah orang indonesia sebagai sayur bening.
Daunnya cenderung lebih tebal dari bayam biasa dengan tekstur kasar berbulu halus di permukaanya, karena bentuknya yang kasar inilah, kebanyakan orang enggan mengonsumsinya sebagai makanan. Malah kerap dianggap sebagai sekedar gulma dan dibuang begitu saja. Karena memang pertumbuhannya kerap kali liar pada area perladangan.
deskripsi klasifikasi bayam duri

Dalam salah satu buku bertajuk Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Jilid 1, karya dr Setiawan Dalimartha, terbitan tahun 1999 disebutkan bahwa di balik bentuk kasarnya bayam duri, sebenarnya Daun bayam duri dapat dimanfaatkan mulai dari akarnya, batang hingga daunnya.

Tumbuhan bayam duri banyak tumbuh liar di tepi jalan, kebun-kebun, dan tanah kosong, tumbuh dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut, Bayam duri dapat tumbuh dengan baik di tempat-tempat yang cukup sinar matahari dengan suhu udara antara 25 sampai 35 derajat Celcius.

Perkembangbiakan tumbuhan bayam duri adalah melalui bijinya yang bulat, kecil dan hitam. Dalam sejumlah sumber dikatakan bahwa dalam bayam duri tersimpan khasiat anti inflamasi, anti anemia, anti piretik, meredakan peradangan dan pembengkakan, anti perdarahan dan memberi manfaat sebagai terapi hormonal.

A. CIRI-CIRI TANAMAN BAYAM DURI

BATANG
Batangnya berduri, berwarna merah kecoklatan, Batangnya kecil berbentuk bulat, lunak dan berair.
Batang tumbuh tegak bisa mencapai satu meter dan percabangannya monopodial.
DAUN
Berdaun tunggal, Berwarna hijau, bentuknya bulat telur memanjang .
Panjang daun sekitar 1,5 cm sampai 6,0 cm. Lebar daun 0,5 sampai 3,2 cm.
Buahnya berbentuk lonjong berwarna hijau dengan panjang 1,5 mm. Bijinya berwarna hitam mengkilat dengan panjang antara 0,8 – 1 mm.
BUNGA
Merupakan bunga berkelamin tunggal dan berwarna hijau.
Setiap bunga memiliki 5 mahkota. panjangnya sekitar 1,5-2,5 mm.
Kumpulan bunga jantannya berbentuk bulir untuk, sedangkan bunga betina berbentuk bulat yang terdapat pada ketiak batang. Bungamya termasuk bunga inflorencia.
AKAR
Memiliki sistem perakaran tunggang.
gambar bayam duri merah

B. KANDUNGAN ZAT TANAMAN BAYAM DURI

Nutrisi penting yang terdapat dalam tanaman bayam duri antara lain : Vitamin B6,B9, K, C dan A, fosfor, zat besi, magnesium, kalsium, kalium, dan beberapa senyawa penting seperti amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan dan tannin.

Efek farmakologis : Bayam duri memiliki rasa manis, pahit, dan bersifat sejuk. berkhasiat sebagai penurun panas, peluruh kemih, menghilangkan racun, menghilangkan bengkak, menghentikan diare, serta membersihkan darah.

C. KHASIAT DAN MANFAAT TANAMAN BAYAM DURI

Menurut sumber natureconservation.in/medicinal-uses-of-spiny-amaranth-amaranthus-spinosus/ diungkap bahwa daun bayam duri memiliki manfaat sebagai diuretik, astringent, diaporetik, sumber serat tinggi dan masih banyak lagi.

Dalam ilmu kuliner, daun bayam duri juga bekerja memecah karakter protein daging sehingga menyimpan daging mentah bersama daun bayam duri akan membantu melunakan daging.
Memasak daun bayam duri bersama daging-dagingan akan membantu memudahkan protein terserap tubuh dan menurunkan intensitas kerja hati dalam melakukan mekanisme metabolisme terhadap protein.

Daun bayam duri juga kadang dimanfaatkan sebagai nutrisi masa kehamilan, meredam nyeri haid, mengatasi efek lemas pada masa haid dan juga baik untuk membantu memulihkan kondisi ibu pada masa nifas, termasuk untuk menstimulasi produksi asi.

Daun bayam duri juga mengandung folat yang penting untuk membantu menjaga pertumbuhan janin dalam kandungan berjalan normal, mencegah proses pembentukan sel abnormal akibat intervensi senyawa atau benda asing selama masa kehamilan.

Daun bayam duri juga bermanfaat sebagai anti perdarahan. Karenanya kerap digunakan secara tradisional sebagai terapi mimisan dan luka terbuka. Juga baik untuk membantu mengatasi perdarahan dalam termasuk haid berlebihan.

Manfaat kesehatan bayam duri lain sebagai anti inflamasi dan anti peradangan juga menjadikannya baik untuk mengatasi masalah kencing bernanah, infeksi saluran kencing, keputihan dan masih banyak lagi. Fungsinya pada sejumlah keluhan infeksi seksual juga berkaitan dengan fungsinya menjaga kenormalan hormonal tubuh.

Dan dalam organicfact juga kembali kami temukan adanya manfaat kesehatan bayam duri untuk kesehatan tulang, kesehatan mata, kesehatan kulit dan rambut, serta kesehatan jantung. Diungkap pula adanya kemampuan daun bayam duri untuk memberi terapi mengurangi intensitas varises. Terapi dengan mengonsumsi daun bayam duri akan mengurangi penampakan varises hingga lebih dari 30%. Ini karena kandungan rutin dalam bayam duri mengembalikan elastisitas dan kekuatan dinding kapiler.

Dalam laman yang sama juga diungkap bagaimana daun bayam duri ternyata juga akan memberi manfaat terhadap sistem imunitas. Karena imunitas akan terstimulasi oleh peran vitamin A, B dan C dalam daun bayam duri.
manfaat bayam duri

Ramuan obat menggunakan bayam duri

loading...
  • Mengobati kencing nanah
    Cara meramu : Siapakan akar tanaman bayam duri sekaligus bonggolnya, tambahkan adas pulawaras secukupnya, kemudian rebus dengan seliter air sampai mendidih, lalu disaring, minum ramuan tersebut pagi dan sore
  • Mengobati kencing tidak lancar
    Kemampuan diuretik yang terkandung dalam bayam membantu melancarkan air kencing.
    Cara meramu : Siapakan akar tanaman bayam duri sekaligus bonggolnya,rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, minum setelah dingin.
  • Mengobati gangguan pernapasan dan bronkhitis
    Cara meramu : Sediakan Batang bayam duri lengkap dengan daun, bunga dan akarnya. lalu tumbuk sampai halus, kemudian rebus dengan 1 liter air dan disaring. minum pagi dan sore
  • Obat Bisul
    Cuci bersih daun bayam duri segar secukupnya lalu giling sampai halus. Campurkan madu secukupnya. Oleskan ke sekeliling bisul sampai rata lalu balut dengan perban atau kain. Ganti ramuan dan balut kembali 2 kali sehari.
  • Obat Disentri
    Cuci bersih 30 g akar bayam duri segar, tambahkan 15 g gula enau, dan 1 gelas air, lalu rebus sampai tersisa ½ gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum rebusan 1 kali sehari sebelum makan. Lakukan selama 3 hari.
  • Obat Keputihan
    Cuci bersih 30—60 g akar bayam duri segar, tambahkan 1 sendok makan gula batu, lalu rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring, lalu minum 2 kali sehari saat pagi dan sore, masing-masing ½ gelas.
  • Obat Menambah produksi ASI
    Manfaat bayam duri juga bekerja dengan fungsi galactogogue, sejenis kinerja yang menstimulasi kelenjar ASI untuk memproduksi lebih banyak ASI. Juga bekerja mengatasi anemia yang juga biasa terjadi pada ibu pasca persalinan.
    Cara meramu : Cuci bersih 1 pohon bayam duri utuh sampai bersih, giling sampai halus. Tapalkan di sekitar payudara secara merata. Ulangi 3—4 kali sehari sampai air susu lancar.
  • Obat Radang saluran pernapasan
    Cuci bersih ¼ genggam daun bayam duri, giling sampai halus, lalu tambahkan sedikit garam dan air matang sebanyak 3 sendok makan. Peras campuran bahan tersebut lalu saring. Minum air yang tersaring sekaligus. Ulangi secara rutin 2 kali sehari sampai sembuh.
  • Obat TBC kelenjar
    Cuci bersih 30—60 g seluruh bagian tumbuhan bayam duri yang dipotong kecil-kecil, lalu rebus dengan air dan arak putih, masing-masing 1,5 gelas; sampai tersisa 1 gelas. Dinginkan, saring, lalu minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.
  • Obat Wasir
    Cuci bersih segenggam daun bayam duri segar lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, gunakan untuk menguapi dan mencuci bagian yang terkena wasir.
  • Menambah Darah (anemia)
    Cara meramu :

    • Siapkan 2 genggam daun batang bayam duri dan 1 butir telur ayam kampung.
    • Daun bayam ditumbuk halus, kemudian ditambah 1 gelas air dan diperas/disaring, telur ayam kampung dimasukan dan diaduk sampai merata.
    • Diminum (untuk orang dewasa 1 minggu sekali)
  • Mengobati demam
    Cara Meramu :

    • Siapkan 2 genggam daun batang bayam duri dan 1 butir telur ayam kampung.
    • Tumbuk halus, kemudian ditambah 1 gelas air secukupnya.
    • Tempelkan di dahi sebagai kompres.

gambar bayam duri untuk pestisida

D. KLASIFIKASI ILMIAH TANAMAN BAYAM DURI

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel KLASIFIKASI BAYAM DURI

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Caryophyllidae
Ordo (Bangsa): Caryophyllales
Familia (Suku): Amaranthaceae – Amaranth family
Genus (Marga): Amaranthus L. – pigweed
Species (Jenis): Amaranthus spinosus L. – spiny amaranth

NAMA-NAMA LAIN TANAMAN BAYAM DURI
Nama Daerah : bayam kerui (Lampung); senggang cucuk (Sunda); bayam eri, bayam raja, bayam roda, bayam cikron (Jawa); tarnyak duri, tarnyak lakek (Madura); sinau katinting (Makassar); podo maduri (Bugis); maijanga, ma hohoru (Halmahera Utara); baya (Ternate); loda (Tidore); bayam kikihan, bayam siap, kerug pasih (Bali); kedawa mawau, karawa rap-rap, karawa in asu, karowa kawayo (Minahasa).
Nama asing : Spiny amaranth, prickly amaranth (Inggris) dan le xian cai (Cina).

Efek samping Bayam Duri
Disamping bermanfaat, namun tetaplah waspada mengingat sayuran ini sangat kaya purin dan kaya oksalat yang bila Anda konsumsi dengan tidak bijak justru bisa memicu sejumlah keluhan pada kinerja hati dan ginjal.

Kata Kunci Pencarian :

bayam berduri | klasifikasi bayam duri | tanaman(amaranthus spinosus l |

Tinggalkan komentar