Buah Tin

loading...

Tanaman Tin adalah salah satu dari sekian banyak tanaman yang tersebut dalam alquran, bahkan menjadi salah satu nama surat, yaitu surah At-tin.
Tanaman tin merupakan tanaman yang menghasilkan buah tin yang dapat di makan, tanaman ini berasal dari Asia Barat, mulai dari pantai Balkan sampai Afganistan. kini tanaman ini juga dibudidayakan di Australia, Argentina, dan Amerika Serikat.
Tumbuhan tin juga disebut dengan nama “Ara”, Pohon ara atau buah ara, nama dalam bahasa inggris yaitu fig.
Pohon tin ini ternyata masih kerabat dengan pohon beringin, karena berasal dari genus yang sama yaitu ficus.
buah tin ara ficus carica

Buah Tin rasanya manis dan renyah, semakin hitam warnanya, semakin manis pula rasanya, namun buah tin tidak bisa bertahan lama jika sudah masak, agar bisa tahan lama maka bisa dimasukkan di lemari es atau dikeringkan di panas terik matahari, jika dikeringkan, buah tin bisa bertahan hingga 6 bulan.
Selain dikonsumsi Buah Tin bisa digunakan sebagai Obat Tradisional

Pohon buah Tin ini berbuah sepanjang tahun karena bukan termasuk buah musiman, penyerbukan tanaman ini dilakukan oleh sejenis tawon khusus, sama seperti serangga yang menyerbuki jenis-jenis Ficus lainnya.
Getah yang dikeluarkan pohon tin ini bisa mengiritasi kulit.

Tanaman Tin bisa tumbuh subur di negara yang beriklim tropis sedangkan untuk Tanaman Tin yang hidup di 4 musim harus memerlukan perawatan yang lebih dibanding jika hidup di iklim tropis, kebanyakan tanaman tin yang beriklim tropis buahnya berwarna ungu.
gambar buah tin

A. CIRI-CIRI TANAMAN

BATANG
Batangnya lunak berwarna abu-abu, Habitus berupa pohon, besar dan dapat tumbuh hingga 10 meter
DAUN
Daunnya cukup besar dan berlekuk dalam, Bentuk daun Tin boleh dibilang mirip telapak tangan lengkap dengan jarinya sebanyak 3 sampai 5 ruas, daunnya tumbuh tunggal dan berwarna hijau terang dengan panjang 12 – 25 cm dan lebar 10-18 cm.
BUNGA
Bunga tin tidak nampak karena terlindung oleh dasar bunga yang menutup sehingga dikira buah.
BUAH dan BIJI
Buahnya berukuran panjang 3 sampai 5 cm, buah yang masih muda berwarna hijau dan bila sudah tua akan berwarna kuning, ungu dan coklat, Rasa buah tin sangat enak dikonsumsi biarpun masih muda, bisa dimakan secara langsung atau dibuat makanan lainnya seperti Selai dan Kismis, rasanya cukup manis, sedikit berair, bijinya kecil-kecil dan berserabut.
Yang disebut buah sebenarnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. ini merupakan khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae).
gambar pohon tin

B. KANDUNGAN ZAT

Buah tin mengandung unsur gula dengan kadar yang tinggi, buah ini juga mengandung garam utama, kandungan lainnya yaitu kalsium, kalium, fosfor, besi, Phenol, Laksatif, Coumarin, Flavonoid, Omega 3, Omega 6, Gula, asam-asam dan enzim-enzim lainnya. terdapat pula sejumlah vitamin, seperti Vitamin A, B, vitamin C, dan Vitamin K.

C. KHASIAT DAN MANFAAT

  • Menurunkan tekanan darah.
    Kandungan kalium dalam buah tin bisa membantu mengontrol tekanan darah.
  • Melawan kanker.
    Buah tin mempunyai kemampuan melawan kanker karena kandungan fitokimia “benzaldehida”, yaitu bahan aktif yang ditemukan melalui ekstraksi jus.
  • Melancarkan pencernaan dan Bagus untuk diet
    Kandungan serat yang tinggi dalam buah tin bagus untuk pencernaan dan membantu mengatur berat badan.
    Pada 100 gram buah tin, hanya terkandung 74 kalori.
  • Memperlancar Kencing dan ASI
    ramuan seduhan buah tin kering dipercaya mampu melancarkan air kencing dan ASI
  • Sebagai ramuan obat seksualitas
    Sejak dahulu kala, khususnya masyarakat Arab, telah memanfaatkan buah tin sebagai obat tradisional untuk memperbaiki masalah seksualitas, seperti kemandulan, daya tahan seks yang lemah, atau bahkan disfungsi ereksi. Hal ini juga menjadi bagian dari budaya dan mitologi bangsa Arab sendiri, terlebih pada masanya, manfaat buah tin ini menjadikan buah tin sebagai obat kesuburuan dan kejantanan pria. Caranya yaitu dengan merendam 3-4 buah tersebut dalam susu selama semalaman. Lalu diminum pada waktu petang esok harinya, untuk mendapatkan stamina dan energi di malam harinya.
  • Mengobati susah buang air besar
    Seduh 2-3 butir buah tin kering dalam gelas yang terisi air dingin pada sore hari, kemudian makanlah buah ini pagi harinya dan minum juga airnya
    Cara lainnya yaitu dengan memasak 3-4 buah tin segar yang telah dipotong-potong dalam sebuah wadah yang berisi susu atau yoghurt ditambah dengan 12 butir kismis lalu diminum pagi harinya.
  • Mengobati Penyakit Usus atau Lambung
    Potong 6-7 buah tin kering menjadi beberapa potongan, lalu masukkan dalam minyak zaitun, dicampur dengan beberapa potong jeruk nipis, kemudian biarkan semalaman, lalu makanlah buah ini pada pagi harinya dan juga minum airnya
  • Mengobati Masalah Haid, Sebagai Obat Kumur dan Radang Gusi
    Didihkan 25-30 daun tin dengan 1 liter air, lalu minum.
    Ramuan ini bisa juga untuk mengobati batuk, airnya bisa dikumur sebagai obat kumur serta menyembuhkan radang gusi

gambar daun tin

D. KLASIFIKASI ILMIAH

Klasifikasi ilmiah adalah cara ahli biologi mengelompokkan dan mengkategorikan spesies dari organisme yang punah maupun yang hidup, Klasifikasi (pengelompokan) merupakan suatu cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu.
Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah (yang sekarang digunakan) adalah Domain (Daerah), Kingdom (Kerajaan), Phylum atau Filum (hewan)/Divisio (tumbuhan), Classis (Kelas), Ordo (Bangsa), familia (Suku), Genus (Marga), dan Spesies (Jenis).

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Membandingkan berarti mencari persamaan dan perbedaan sifat atau ciri pada makhluk hidup.
Berikut ini adalah tabel Klasifikasi TIN

Kingdom (Dunia/Kerajaan): Plantae – Plants
Subkingdom: Tracheobionta – Vascular plants
Super divisi: Spermatophyta – Seed plants
Divisio (Pembagian): Magnoliophyta – Flowering plants
Classis (Kelas): Magnoliopsida – Dicotyledons
Sub Kelas : Hamamelididae
Ordo (Bangsa): Urticales
Familia (Suku): Moraceae – Mulberry family
Genus (Marga): Ficus L. – fig
Species (Jenis): Ficus carica L. – edible fig

NAMA LAIN TANAMAN TIN
Ara

Demikianlah pengenalan tentang Tanaman Obat Buah Tin yang telah kami rangkum terkait kandungan zat atau nutrisi, klasifikasi tanaman, serta khasiat dan manfaatnya sebagai tanaman obat.

Tinggalkan komentar